10 Spot Camping Terbaik di Pantai Pacitan (2022)

Kalau berwisata ke Pantai Pacitan, kebanyakan orang suka bermain air atau berenang. Namun, ada aktivitas lainnya yang sebenarnya lebih seru lagi, yaitu camping. Maka dari itu, kamu perlu tahu pantai mana saja di Pacitan yang menawarkan tempat camping terbaik.

Ada beberapa pantai di Pacitan yang paling cocok untuk dijadikan tempat untuk camping. Penasaran, spot camping yang asyik di pantai Pacitan? Berikut 10 rekomendasi tempat camping terbaik di Pacitan:

Mulai penasaran? Yuk, kita cari tahu.

1. Pantai Klayar

Tempat Camping Di Pantai Pacitan Pantai Klayar
Area camping di Pantai Klayar (sumber: Verry Aditya)
LokasiDusun Kalak, Desa Sendang, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Jumat, 24 jam
Harga paket wisataRp15.000/orang dewasa, Rp10.000/anak-anak untuk tiket masuk
Telepon
Rute menuju tempat wisata dari kota Pacitan1 jam 1 menit (29,6 km) lewat Jl. Nasional III
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingBukit karang, fenomena seruling samudra, persewaan ATV (all terrain vehicle)

Pantai Klayar memiliki akses yang tidak sulit untuk dijangkau. Bisa dilalui motor, mobil, minibus, bus besar. Sudah ada tempat parkir yang tersedia. Dari parkiran, kamu perlu berjalan sedikit ke area camping.

Untuk biaya camping , menurut pihak pengelola setempat, cukup bayar kontribusi seikhlasnya. Kalau parkir motor Rp2.000, mobil Rp5.000, dan bus Rp10.000.

Di mana tempat camping terbaik di Pantai Klayar?

Area camping paling ideal adalah Klayar Hill, salah satu bukit karang di pantai ini. Kamu perlu bayar Rp3.000 untuk masuk ke Klayar Hill. Nanti kamu bisa mendirikan tenda di atas bukit yang ditumbuhi rerumputan hijau tersebut.

Jika ingin lebih dekat ke air lautnya, kamu bisa camping di pinggir pantai. Kamu bisa mendirikan tenda di atas pasir atau paving yang sedikit jauh dari bibir pantai. Pasalnya, kondisi ombak tidak menentu, sehingga kamu bisa tetap aman meskipun ombaknya sedang besar.

Setiap area camping luas, bisa muat banyak tenda. Sementara, untuk perlengkapan camping, pengunjung biasanya membawa sendiri. Untuk pemandangan di tempat camping tentunya indah. Kalau tenda kamu di atas bukit, kamu bisa melihat hamparan rumput hijau dan pohon-pohon di sekitar.

Sementara, jika camping di pinggir pantai, kamu bisa langsung menghadap laut. Omong-omong, di bawah bukit Klayar Hill, ada fenomena seruling samudra yang mirip air mancur. Saat camping, pengunjung biasanya suka menikmati pemandangan tersebut dan keunikan pantai lainnya.

Di Pantai Klayar, ada fasilitas lahan parkir, kamar mandi, toilet, musala, dan warung. Camping di sini cocok untuk keluarga, teman-teman, pasangan. Suasana pantainya asri dan nyaman.

2. Pantai Watu Karung

Tempat Camping Di Pantai Pacitan Pantai Watu Karung
Camping ground di Pantai Watu Karung (sumber: Backpacker Lite)
LokasiPringkuku, Ketro, Watukarung, Kec. Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga paket wisataRp15.000/orang dewasa, Rp10.000/anak-anak untuk tiket masuk
Telepon
Rute menuju tempat wisata dari kota Pacitan52 menit (27,4 km) lewat Jl. Raya Tompak Rinjing dan Jl. Dadapan Watukarung
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingSpot surfing, spot memancing, banyak spot foto

Pantai Watu Karung memiliki akses yang mudah ke lokasi. Kamu bisa naik motor dan mobil. Mendekati pantai, jalannya sedikit sempit. Ada tempat parkir. Kamu juga bisa parkir kendaraan masuk di area camping. Jadi, tenda kamu dekat dari kendaraan.

Kalau berkemah di sini, kamu bisa bawa perlengkapan sendiri atau sewa tenda. Untuk area camping luas serta muat banyak tenda. Kamu bisa camping di bawah dekat tepi pantai. Bisa juga camping di atas tebing karang. Pemandangan di tempat camping terlihat eksotis. Pantainya berpasir putih dengan air laut biru kehijauan benar-benar jernih.

Pantai tempat camping ini bersih. Kemudian, ada kawasan pinggir pantai yang berbatu. Selain itu, ada banyak batu karang besar. Pantai ini sederhana tapi bersih serta indah, banyak pohon juga, sehingga terasa hijau dan segar. Pengunjung yang camping biasanya suka membuat api unggun saat malam. Lalu, melihat sunset dan sunrise. Aktivitas camping lainnya adalah bermain air dan pasir di tepi pantai.

Apakah fasilitas wisata di area camping Pantai Watu Karung memadai?

Untuk fasilitas di pantai ini cukup lengkap. Ada kamar mandi, toilet, dan warung-warung. Suasana terasa tenteram di pantai tempat camping ini. Ditambah lagi, pantainya belum terlalu ramai. Tempat camping ini cocok untuk keluarga, atau kamu bersama teman-teman dan orang terdekat.

3. Pantai Pangasan

Tempat Camping Di Pantai Pacitan Pantai Pangasan
Camping ground di Pantai Pangasan (sumber: Didik Dwi S)
LokasiDusun Batulapak, Desa, Kalipelus, Kebonagung, Pacitan Regency, East Java (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga paket wisataRp5.000/orang untuk tiket masuk
Telepon
Rute menuju tempat wisata dari kota Pacitan41 menit (19,1 km) lewat Jl. Kh. Maghribi dan Jl. Pacitan – Lorok
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingTepi pantai tidak berpasir melainkan berbatu, banyak spot foto, ada lintasan mirip jalur trekking

Untuk ke lokasi Pantai Pangasan, kamu bisa naik motor dan mobil. Jalannya menantang karena sempit satu arah, cukup satu mobil saja. Mobil dari arah berlawanan perlu memberi jalan dan bergantian saat berpapasan. Disarankan kamu naik motor, atau jika naik mobil, driver-nya harus berpengalaman. Sebab, kondisi jalan menanjak dan ada tikungan curam saat mendekati pantai.

Dari tempat parkir ke area camping, kamu harus berjalan kaki tapi tidak terlalu jauh. Sementara, tiket masuk dewasa Rp5.000, anak-anak Rp2.000-Rp5.000. Parkir motor Rp2.000 dan mobil Rp4.000. Kalau perlengkapan camping bisa bawa sendiri atau sewa. Kamu bisa cari di Instagram untuk sewa perlengkapan camping-nya. Kemudian, untuk area camping luas, bisa muat sampai banyak tenda.

Area camping berupa lahan landai yang ditumbuhi rerumputan hijau. Ada juga sawah di sekitar area camping. Area camping tersebut berada dekat dari pantai yang sangat indah. Air lautnya biru. Ada berbatuan di tepi pantai dan juga tebing karang di sekelilingnya. Kemudian, juga ada banyak pohon kelapa di sekitar tempat camping.

Fasilitas sudah diperbarui di akhir tahun 2021. Sudah ada musala, beberapa toilet, serta warung yang buka saat weekend saja. Oh iya, di area sawah terdapat mata air, airnya bersih dan juga bening.

Pengunjung yang camping biasanya suka aktivitas membuat api unggun dan barbeque. Kemudian, melihat sunset dan sunrise yang menawan. Namun, pengunjung dilarang berenang di pantai. Tempat camping ini cocok untuk kamu dan teman-teman atau keluarga.

4. Pantai Kasap

Tempat Camping Di Pantai Pacitan Pantai Kasap
Pantai Kasap (sumber: instagram.com/bangjad_/)
LokasiGumuharjo, Watukarung, Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga paket wisataRp15.000/paket camping
Telepon
Rute menuju tempat wisata dari kota Pacitan54 menit (27,8 km) lewat Jl. Raya Tompak Rinjing dan Jl. Dadapan Watukarung
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingGugusan pulau batu karang, sunrise dan sunset, wisata Kali Cokel, banyak spot foto

Pantai Kasap juga biasa disebut Raja Ampat-nya Pacitan. Akses ke Pantai Kasap berupa jalan yang sudah halus, tapi berliku karena di daerah pegunungan. Kebanyakan pengunjung naik motor ke sini. Tempat camping di pantai ini masih alami. Akan tetapi, fasilitas cukup banyak. Untuk tiket masuk per orang Rp10.000. Kemudian, tiket parkir motor Rp3.000 dan mobil Rp5.000.

Dari parkiran, kamu perlu berjalan 150 meter ke pantainya. Biasanya, kalau untuk perlengkapan camping, pengunjung membawanya sendiri. Sementara, area camping sangat luas, bisa muat banyak tenda. Lokasi camping di pinggir pantai, ada yang di atas tebing karang.

Kalau mau bisa melihat pemandangan ala Raja Ampat, naik dahulu ke atas bukit. Pengunjung juga biasa mendirikan tenda di sini. Di samping itu, banyak orang camping di pantai ini. Jadi, suasana terasa hangat. Untuk pemandangan tidak perlu dipertanyakan.

Terlihat gugusan pulau karang tersebar di sekitar perairan pantai. Warnanya hijau dengan ditumbuhi pepohonan dan tanaman. Sementara, air lautnya biru jernih. Benar-benar pemandangannya mirip dengan Raja Ampat di Papua. Selain itu, di sini juga ada sejumlah objek wisata dan aktivitas menarik. Terutama, ada banyak spot foto di pantai tempat camping ini.

Kamu juga bisa menyewa perahu berkeliling Kali Cokel, sebuah sungai dengan pemandangan cantik. Untuk naik perahu keliling Kali Cokel-Pantai Kasap-muara, ada biaya tiketnya. Rp20.000 per orang dewasa dan Rp10.000 per anak-anak.

Selain itu, pengunjung yang camping suka membuat barbeque, serta melihat sunrise dan sunset. Tempat camping ini cocok untuk kamu dan teman-teman, keluarga, pasangan.

5. Pantai Teleng Ria

Tempat Camping Di Pantai Pacitan Pantai Teleng Ria
Pantai Teleng Ria, Pacitan (sumber: instagram.com/pacitansky/)
LokasiTeleng ria, Balong, Sidoharjo, Kec. Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga paket wisataRp10.000/orang untuk tiket masuk
Telepon
Rute menuju tempat wisata dari kota Pacitan15 menit (6,5 km) lewat Jl. WR. Supratman
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingSpot memancing, banyak spot foto, wahana permainan

Jalan akses ke Pantai Teleng Ria mudah untuk diakses. Dapat dilalui mobil dan motor. Di lokasi camping, lahan parkirnya luas. Dari tempat parkir ke area camping juga dekat, cukup berjalan sedikit saja. Area camping-nya berada di pinggir pantai. Lahannya landau. Banyak pohon cemara yang membuatnya sangat teduh, juga segar.

Tempat camping sudah disiapkan dengan dibatasi pagar. Namun, tenang saja, area camping di sini luas serta muat banyak tenda. Lalu, untuk perlengkapan camping, kamu boleh bawa sendiri. Umumnya, cukup banyak yang camping di sini. Namun, tidak sampai padat memenuhi seluruh area.

Keunikan tempat camping ini adalah pantainya sangat luas. Terasa lengang serta bisa menghilangkan penat seketika. Pasirnya putih dengan air laut biru. Terdapat sejumlah pulau karang tidak jauh dari bibir pantai. Saat camping, kamu bisa menikmati pemandangan. Pengunjung yang camping juga suka mencoba wahana, salah satunya naik pedati dengan kuda.

Aktivitas favorit lainnya saat camping, tentu adalah membuat barbeque saat malam. Sementara, untuk fasilitas di tempat camping pantai ini sangat lengkap. Ada kamar mandi, toilet, musala, warung. Saat camping di sini, kamu boleh sekalian coba kuliner yang terkenal, yaitu ikan bakar dan kelapa muda. Camping di pantai ini cocok untuk keluarga, kamu dan pasangan atau teman-teman.

Karena itu, masukkan Pantai Teleng Ria ke daftar tempat camping di pantai pacitan yang akan kamu kunjungi ya!

6. Pantai Siwil

Tempat Camping Di Pantai Pacitan Pantai Siwil
Pantai Siwil, Pacitan (sumber: Konco NgaDeM)
LokasiArea Hutan, Sidomulyo, Ngadirojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga paket wisataRp5.000/orang untuk tiket masuk
Telepon
Rute menuju tempat wisata dari kota Pacitan45 menit (30,8 km) lewat Jl. Ki Ageng Buwono Keling
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingPemandangan batu karang, panorama dari atas bukit

Pantai Siwil baru dibuka, tapi sekarang akses jalan ke lokasi sudah baik. Jalannya sedikit sempit dan berpasir, tapi sudah bisa dilalui motor dan mobil. Idealnya, naik motor ke tempat camping ini akan terasa lebih mudah. Jalannya naik turun sampai di lokasi pantai. Di sepanjang jalan sampai di pantainya, ada banyak tambak udang.

Kamu bisa parkir kendaraan motor sampai di area camping yang ada di pinggir pantai. Jadi, tempat camping ini berupa pantai yang tersembunyi. Kondisinya masih sangat alami. Maka, kamu bisa bawa perlengkapan camping sendiri. Selain itu, belum ada fasilitas umum di sini. Disarankan membawa makanan dan minuman dari rumah.

Namun, pemandangan pantai tempat camping ini sangat worth it. Pasirnya putih dengan air laut yang benar-benar biru jernih. Selain itu, belum ramai pengunjung, apalagi yang camping di sini. Bisa jadi serasa pantai pribadi. Ombaknya juga tenang, jadi kamu bisa bermain air.

Saat camping, aktivitas yang disukai pengunjung biasanya adalah membuat api unggun dan barbeque. Kemudian, banyak yang suka bermain pasir dan basah-basahan. Selain itu, kamu juga bisa berfoto-foto, setiap sudutnya instagrammable di sini. Omong-omong, meskipun masih alam bebas dan belum dikelola maksimal, tidak perlu khawatir. Pantai ini dekat dari permukiman.

Oh iya, di pantai ini juga ada tebing karang. Jadi, kamu bisa memilih area camping di atas tebing yang berumput hijau, atau di pinggir pantai langsung. Pantai alami tempat camping ini cocok untuk kamu dan teman-teman atau keluarga.

7. Pantai Buyutan

Tempat Camping Di Pantai Pacitan Pantai Buyutan
Pantai Buyutan, Pacitan (sumber: instagram.com/doa_bumi/)
LokasiBolo, Kalak, Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga paket wisataRp10.000/orang dewasa, Rp5.000/anak-anak untuk tiket masuk
Telepon
Rute menuju tempat wisata dari kota Pacitan1 jam 1 menit (33,6 km) lewat Jl. Nasional III
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingBatu karang mahkota Dewa Narada, habitat monyet, spot diving dan surfing

Untuk menuju Pantai Buyutan, akses jalan beraspal. Namun, sekitar 3 km sampai ke pantai, jalan tidak beraspal mulus. Kendaraan roda dua dan roda empat tetap bisa lewat. Sementara, bus belum bisa masuk. Jika membawa mobil tipe sedan, hati-hati karena jalan turun ke bibir pantai sedikit curam dengan belokan patah.

Sesampainya di pantai tempat camping, lahan parkirnya luas dan nyaman. Selain tiket masuk, ada biaya parkir mobil Rp5.000. Parkiran berjarak sekitar 10 meter dari area camping pinggir pantai. Kamu bisa bawa perlengkapan camping sendiri ke sini. Tidak ada listrik, ya, jangan lupa bawa penerangan juga.

Meskipun demikian, fasilitas umum lengkap. Ada kamar mandi, toilet, dan banyak warung. Kelebihan pantai tempat camping ini adalah pemandangannya yang begitu indah. Pasir pantai putih bersih, air lautnya biru jernih. Ombak sedikit kencang tapi aman untuk bermain air.

Pengunjung camping biasanya suka menikmati sunset menjelang malam. Lalu, membuat api unggun dan bakar-bakar makanan. Kemudian, saat pagi waktunya melihat sunrise yang cantik. Di perairan sekitar pantai juga ada sejumlah pulau karang. Pemandangannya benar-benar bagus di sini.

Kalau mau camping di sini, kamu bisa mengajak siapa saja. Bisa bersama keluarga, teman-teman, pasangan, komunitas, rekan-rekan kantor atau instansi. Oh iya, suasana pantai ini juga masih cenderung sepi. Cocok untuk menikmati ketenangan.

8. Pantai Srau

Tempat Camping Di Pantai Pacitan Pantai Srau
Camping ground di Pantai Srau, Pacitan (sumber: Khoirul Anam)
LokasiCandi Pringkuku, Area Peswahan, Candi, Kec. Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga paket wisataRp5.000/orang untuk tiket masuk
Telepon
Rute menuju tempat wisata dari kota Pacitan45 menit (24,0 km) lewat Jl. Raya Tompak Rinjing
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingPemandangan dari atas bukit karang, sunset dan sunrise, Pantai Wayang, Pantai Ngampar, taman tempat pementasan

Pantai Srau dapat diakses dengan motor dan mobil. Pengunjung yang camping kadang juga menggunakan campervan. Untuk waktu ideal camping adalah di musim kemarau, sehingga kamu tidak kehujanan sewaktu-waktu.

Di sini, tempat parkirnya bisa muat sampai 50 kendaraan. Mobil juga bisa masuk sampai area camping, tapi ini biasanya untuk campervan. Kalau area camping untuk full tenda, lokasinya berada di atas bukit karang. Bukit ini penuh rerumputan hijau, seperti sabana. Di sisi lain, fasilitas di sini sudah lengkap. Ada kamar mandi, toilet, musala, serta pedagang makanan dan minuman.

Selain itu, semua area camping berukuran luas dan muat banyak tenda. Untuk perlengkapan camping, pengunjung biasanya bawa sendiri. Namun, jika malas bawa tenda, ada pilihan untuk tidur di pendopo yang bebas digunakan. Kamu tinggal sewa tikar seharga Rp8.000-Rp10.000, lalu sudah bisa lesehan.

Masih ada pilihan lainnya, yaitu kamu bisa membeli jajan di lapak di pinggir pantai. Kemudian, sekalian menumpang tidur di lapak tersebut, ada yang buka 24 jam. Sementara, tempat camping di pantai ini memiliki panorama yang memukau. Ada bukit karang dengan rerumputan, serta banyak pohon yang hijau dan teduh.

Kemudian, masih ada lagi batu-batu karang besar di sini. Sementara, air lautnya berwarna biru. Kamu bisa menikmati keunikan tiga pantai di satu kompleks ini. Pengunjung yang camping suka aktivitas menikmati sunset dan sunrise. Kemudian, membuat barbeque saat malam. Namun, ada baiknya tidak berenang karena ombaknya besar. Tempat camping ini cocok untuk keluarga, pasangan, teman-teman.

9. Taman Pancer Door

Tempat Camping Di Pantai Pacitan Taman Pancer Door
Taman Pancer Door, Pacitan (sumber: Diary Jafiri)
LokasiTemon, Ploso, Kec. Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga paket wisataRp3.500/orang dewasa & Rp2.500/anak-anak untuk tiket masuk weekday. Rp5.000/orang dewasa & Rp4.000/anak-anak untuk tiket masuk weekend
Telepon
Rute menuju tempat wisata dari kota Pacitan14 menit (6,0 km) lewat Jl. Letjen R. Suprapto
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingTaman yang indah, banyak pohon rindang

Taman Pancer Door memiliki berbagai daya tarik. Pantai ini sangat nyaman dengan akses yang mudah dijangkau. Jalannya baik dan mendekati pantai, jalan berupa tanah sedikit berbatu, tapi datar dan mudah dilewati. Area untuk parkir sangat luas. Bahkan mobil biasanya masuk sampai area camping. Kamu bisa mendirikan tenda tepat di sebelah kendaraan.

Di pantai ini terdapat muara sungai. Pengunjung juga sering memilih lokasi muara tersebut untuk tempat camping. Keseluruhan area camping sangat luas, bisa muat banyak tenda. Sementara, untuk perlengkapan camping, kamu bisa bawa sendiri. Pantai tempat camping ini lokasinya dekat dari pusat kota. Kemudian, kondisinya juga bersih.

Pemandangan di tempat camping terlihat indah. Area camping berupa hamparan pasir dan rerumputan hijau. Lalu, banyak pohon cemara yang membuat suasana asri dan teduh. Lautnya indah dengan pemandangan bukit di sekitarnya. Kadang terlihat nelayan dan warga lokal sedang memancing atau menjala, berkebun, serta menggembala kerbau.

Banyak orang suka camping di pantai ini. Pengunjung yang camping tersebut menyukai aktivitas melihat-lihat pemandangan pantai. Apalagi, ada bukit kapur di sekitar pantai yang terlihat menarik. Kegiatan favorit lainnya yaitu membuat api unggun, barbeque, melihat sunset serta sunrise.

Tidak jarang komunitas-komunitas camping bersama di pantai ini. Sementara, fasilitas juga tersedia. Ada kamar mandi, toilet, musala, photo boot, banyak warung. Ada jogging track juga. Tempat camping yang nyaman ini cocok untuk keluarga, teman-teman, pasangan, komunitas, dan rombongan siapa saja.

10. Pantai Tawang

Tempat Camping Di Pantai Pacitan Pantai Tawang
Pantai Tawang, Pacitan (sumber: instagram.com/pacitan_paradise/)
LokasiSumurtimo, Sidomulyo, Ngadirojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam.
Harga paket wisataGratis
Telepon0852-3199-6085
Rute menuju tempat wisata dari kota Pacitan55 menit (40,4 km) lewat Jl. Nasional III
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingPemandangan sunset dan sunrise serta perahu-perahu nelayan

Pantai Tawang adalah pantainya para nelayan. Namun, karena memiliki panorama memukau, orang-orang juga suka camping di tempat ini.  Akses ke lokasi camping sedikit menantang, tapi kamu bisa naik motor dan mobil. Hati-hati jika menggunakan mobil, jalannya berada di lereng tebing yang curam. Selain itu, cukup untuk satu mobil saja.

Tidak ada tiket masuk. Namun, untuk biaya parkir sepeda motor Rp2.000 dan mobil Rp5.000. Sebenarnya tempat ini tidak dikelola untuk camping. Jadi, belum ada fasilitas lengkap di area camping. Kamu bisa langsung parkir saja di atas tebing yang merupakan area camping-nya. Lalu, mendirikan tenda di dekat kendaraan. Kamu akan camping menghadap langsung ke laut dari ketinggian.

Biasanya, pengunjung membawa sendiri perlengkapan camping. Area camping cukup luas, bisa untuk beberapa tenda. Adapun keunikan tempat camping ini adalah tempatnya sangat hidden gem. Kamu bisa melihat pantai yang sebenarnya merupakan teluk kecil di antara dinding-dinding tebing. Pantai Tawang ini memang berada di Teluk Segoro Anakan Ngadirojo.

Panorama yang terlihat begitu eksotis. Dari atas di tempatmu camping, terlihat pantai yang tenang tanpa ombak. Pasirnya putih kecokelatan dan airnya biru kehijauan cukup jernih. Di dekat bibir pantai, ada banyak perahu nelayan berjajar rapi. Pengunjung yang tidak camping biasanya suka memancing dan membeli ikan segar.

Sementara, pengunjung yang camping suka bersantai sambil menikmati pemandangan dari ketinggian. Terlihat juga gugusan perbukitan di sekitar pantai. Lalu, ada sebuah rumah apung yang menjadi daya tarik tersendiri. Tempat ini cocok untuk camping solo, atau bersama teman, pasangan, maupun keluarga yang memang hobi berkemah.

Demikian rekomendasi tempat camping terbaik di Pacitan. Dengan memilih tempat yang paling tepat buat camping, kamu akan merasa nyaman. Kamu dan rekan-rekan yang camping pasti betah bermalam di sana. Kemudian, tinggal membawa pulang pengalaman serta kenangan yang menyenangkan. Kira-kira, aktivitas apa yang paling kamu suka dari camping di pantai? Share di kolom komentar, ya!

Tinggalkan komentar