7 Tempat Camping Terbaik di Sekitar Singkawang yang Lagi Hits (2022)

Ada yang unik dari kota Singkawang. Jadi, sebenarnya kota ini punya nama lain yaitu San Khew Jong dan Sakawokng. Nah, Singkawang berada di provinsi Kalimantan Barat. Mungkin belum banyak yang tahu kalau di Singkawang ada tempat-tempat asyik buat camping.

Banyak surga tersembunyi dengan alamnya yang indah sekaligus cocok untuk berkemah. Jadi, kamu bisa mengajak keluarga atau teman-teman biar liburanmu nggak gitu-gitu aja. Tertarik? Berikut 7 rekomendasi tempat camping terbaik di Singkawang:

Mulai penasaran? Yuk, kita cari tahu.

1. Pantai Kura Kura

Tempat Camping Di Sekitar Singkawang Pantai Kura Kura
Pantai Kura Kura (sumber: instagram.com/syarif_hairul_akbar_alqadrie/)
LokasiKarimunting, Sungai Raya Kepulauan, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga paket campingHTM: Rp25.000/orang
Camping: Rp0 (gratis)
Telepon
Daya tarik wisataBatu-batu besar di bibir pantai, pohon-pohon cemara, garis pantai panjang, sewa gazebo, aktivitas memancing
Rute dari kota Singkawang34 menit (19,9 km) lewat Jl. Ahmad Yani (Cek rute di Google Maps)
Rating tempat camping4,5/5 dari 694 ulasan Google

Apakah kamu mau camping santai di tepi pantai? Berangkat saja ke Pantai Kura-Kura. Pantai ini biasa dijadikan tempat wisata untuk bersantai dan juga camping. Biasanya, pengunjung membawa tenda serta alat-alat masak sendiri. Tidak lupa, kalau mau camping, bawa juga bekal untuk konsumsi.

Di pantai ini, area camping berada di hamparan pasir di sepanjang garis pantainya. Kamu tinggal memilih spot yang dirasa nyaman di tepi pantai tersebut. Jadi, kamu akan berkemah langsung menghadap ke laut.

Area camping tersebut sangat luas sehingga bisa muat banyak tenda hingga puluhan lebih. Ditambah lagi, hamparan pasirnya lembut dan cukup bersih, meskipun bukan merupakan pasir berwarna putih, melainkan sedikit kuning kecokelatan.

Di samping itu, fasilitas yang disediakan di sini juga lengkap. Ada toilet, musala, warung-warung, serta gazebo. Jadi, selain untuk keluarga, camping di sini juga cocok buat rombongan kantor atau acara reuni.

Nah, saat camping, kamu bisa menikmati suasana pantai yang syahdu. Selain itu, ada banyak spot foto kalau kamu mau berfoto selfie. Oh iya, di tempat camping pantai ini, kamu juga bisa memancing.

Omong-omong ada sedikit tambahan informasi, kalau mau menggunakan gazebo maka kamu harus beli makanan atau minuman. Selain itu, tidak ada colokan listrik di gazebo tersebut.

Selebihnya, pantai ini mengasyikkan, jadi tidak heran kalau masyarakat juga suka kemari. Camping di sini pun cocok untuk refreshing. Apalagi, saat kamu menikmati panorama sunset dan sunrise-nya.

That’s it. Apakah kamu masih mau survei pantai untuk camping? Destinasi selanjutnya masih merupakan pantai yang juga hits di Singkawang.

2. Pantai Pasir Panjang

Tempat Camping Di Singkawang Pantai Pasir Panjang
Pantai Pasir Panjang, Singkawang (sumber: Yendi HS)
LokasiKecamatan Tujuh Belas, Kota Singkawang, Kalimantan Barat (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga paket campingRp25.000/orang
Telepon
Daya tarik wisataSpot foto, banyak ayunan, pasir putih, pemandangan sunset, tempat piknik, sirkuit balapan, berbatuan besar di bibir pantai
Rute dari kota Singkawang31 menit (18,1 km) lewat Jl. Ahmad Yani (Cek rute di Google Maps)
Rating tempat camping4,3/5 dari 617 ulasan Google

Pantai Pasir Panjang merupakan pantai favorit kesukaan banyak orang. Masyarakat juga menyebutnya sebagai salah satu pantai terindah di Kalimantan Barat. Suasana di pantai ini terasa familiar sehingga membuat betah.

Untuk saat ini, mungkin ada beberapa yang perlu dibenahi serta diperbaiki di sini. Selain itu, bisa dibilang kebersihannya perlu ditingkatkan lagi. Namun, pantai ini sudah menyediakan fasilitas lengkap, termasuk ada masjid besar. Kemudian, ada fasilitas toilet dan kamar mandi juga.

Di samping itu, ada juga pendopo untuk tempat duduk-duduk. Nah, kalau untuk camping, biasanya campers membawa sendiri tenda beserta perlengkapan lainnya seperti alat memasak.

Oh iya, area camping di sini sangat luas berada di pinggir pantai menghadap ke laut. Jadi, di sini juga bisa untuk campervan. Kadang ada campers yang membawa toilet portabel, karena mungkin saja lokasi tenda cukup jauh dari kamar mandi.

Kalau di pantai ini, karena aksesnya mudah dengan fasilitas terbilang lengkap, maka cocok untuk camping keluarga. Kamu bisa mengajak anak-anak juga. Kamu pun dapat berkemah bersama teman-teman dan sahabat.

Campers biasanya memasak makanan sendiri untuk menikmati sensasi camping. Kemudian, saat malam, kadang campers membuat api unggun agar hangat sembari menikmati kebersamaan. Omong-omong, kalau mau berenang atau sekadar bermain air juga cukup aman di sini.

By the way, di akhir pekan dan musim liburan, pantai ini jadi lebih ramai. Kalau mau menikmati suasana yang lebih sepi dan tenang, kamu bisa camping di hari kerja atau weekdays.

Nah, kita lanjut lagi, yuk, ke tempat camping selanjutnya. Ada lagi pantai yang seru untuk dijadikan spot camping.

3. Pantai Samudra Indah

Tempat Camping Di Sekitar Singkawang Pantai Samudra Indah
Pantai Samudra Indah (sumber: instagram.com/_farlan_12/)
LokasiKarimunting, Sungai Raya Kepulauan, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga paket campingRp25.000/orang
Telepon
Daya tarik wisataBukit di pantai, gunung di seberang laut, pemandangan sunset, ayunan cantik, kolam buatan dan perahu kecil, aula untuk acara, vila penginapan
Rute dari kota Singkawang29 menit (18,9 km) lewat Jl. Ahmad Yani (Cek rute di Google Maps)
Rating tempat camping4,5/5 dari 558 ulasan Google

Pantai Samudra Indah sering dijadikan tempat camping. Nggak heran karena camping ground di sini begitu nyaman. Di samping itu, Pantai Samudra Indah memiliki pemandangan cantik yang menjadikannya salah satu pantai terpopuler di Singkawang.

Sebab, di pantai ini juga terdapat spot-spot menarik untuk berfoto, seperti jembatan dan menara pandang. Kalau malam, banyak lampu menyala di berbagai spot tersebut.

Ada lampu tumblr yang tergantung di antara pohon-pohon. Ada juga lampu warna-warni di jembatan dan tiang-tiang menara pandang. Selain itu, terdapat pendopo dan juga vila penginapan.

Oh iya, ada juga yang unik banget di kawasan pantai ini, yaitu terdapat danau. Menarik, bukan. Jadi, saat camping, kamu bisa mampir ke danau ini. Kalau mau berenang, wisatawan bisa memilih di laut atau di danau.

Di samping itu, terdapat bukit di pantai ini. Dari atas bukit, kamu bisa melihat pemandangan secara keseluruhan. Apalagi, kalau kamu camping, waktumu jauh lebih banyak untuk menikmati semua keseruan di pantai ini. Makanya, camping saja.

Kalau untuk keperluan camping di sini, kamu dapat membawa tenda kamu sendiri beserta perlengkapannya. Sedangkan, pengunjung yang camping di sini biasanya merupakan keluarga dan pasangan. Kadang ada juga yang solo camping di sini.

Oh iya, di pantai ini juga terdapat banyak pohon yang rindang. Namun, pepohonan tersebut mungkin berada cukup jauh dari bibir pantai.

Sementara, untuk fasilitas juga lengkap, di sini ada kamar mandi, warung dan kantin. Ada juga aula untuk mengadakan acara.

Seru, ya, di pantai ini. Selanjutnya kita camping di pantai yang juga sama serunya.

4. Palm Beach, Singkawang

Tempat Camping Di Singkawang Palm Beach Singkawang
Palm Beach, Singkawang (sumber: Zara Adventure Vlog)
LokasiPasir Panjang, Sedau, Kec. Singkawang Sel., Kota Singkawang, Kalimantan Barat (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga paket campingRp25.000/orang
Telepon
Daya tarik wisataPulau-pulau di kejauhan, panorama pagi hari dan senja, pemandangan sunset, banyak pohon rimbun
Rute dari kota Singkawang32 menit (17,9 km) lewat Jl. Ahmad Yani (Cek rute di Google Maps)
Rating tempat camping4,43/5 dari 421 ulasan Google

Banyak campers suka camping di Palm Beach. Ada juga pengunjung yang mengadakan acara camping tahunan dengan rombongan SMA. Jadi, pantai ini ideal untuk camping bersama rombongan, baik keluarga, teman-teman, sekolah, kantor, atau komunitas kamu.

Pantainya memiliki pemandangan indah serta penataan yang apik. Jadi, sebagian pinggir pantainya ditumbuhi rumput hijau yang terawat rapi. Sementara, pasir pantainya berwarna putih sedikit kecokelatan. Juga ada banyak pohon yang hijau dan rimbun di pinggir pantai tersebut.

Kamu bisa membawa tendamu sendiri kemudian mendirikan tenda di tepi pantai. Bisa pilih tempat di dekat bibir pantai atau lebih jauh sehingga lokasinya berada di rerumputan.

Area camping-nya sangat luas serta terbilang bersih. Jadi, kamu akan merasa nyaman camping di sini. Apalagi, kamu bisa melihat bibir pantai yang di sebagian areanya terdapat batu-batu besar. Pemandangan tersebut terlihat eksotis sekaligus menarik.

Pantai ini sendiri merupakan bagian dari tiga lokasi wisata Pantai Pasir Panjang. Jadi, saat camping, kamu juga akan melihat banyak pengunjung lainnya yaitu wisatawan yang tidak berkemah.

Oh iya, disarankan untuk membawa bekal sendiri saat camping. Di sini ada warung-warung dengan menu kebanyakan nasi goreng dan ayam goreng. Kemungkinan, pilihan menu terbatas dengan cita rasa yang mungkin belum sesuai harapan kamu. Jadi, lebih nyaman bawa bekal saja.

Selebihnya, untuk fasilitas camping, di pantai ini sudah ada toilet, musala, pondok serta gazebo. Ada juga hotel untuk alternatif menginap. Juga ada aula serbaguna untuk mengadakan acara. Lengkap, ya.

Nah, jelajah pantainya segitu dulu, sekarang kita pindah lokasi camping ke air terjun. Let’s go.

5. Air Terjun Riam Dait

Tempat Camping Di Sekitar Singkawang Air Terjun Riam Dait
Air Terjun Riam Dait (sumber: instagram.com/lusiana_irnawaty/)
LokasiEngkitip Desa, Sekendal, Kec. Air Besar, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga paket campingHTM: Rp10.000/orang
Camping: Rp15.000/orang
Telepon
Daya tarik wisataAir terjun tujuh tingkat, kolam di bawah air terjun, berpasir putih, suasana di tengah hutan, udara sejuk
Rute dari kota Singkawang6 jam 11 menit (234,9 km) lewat Jl. Bengkayang – Ngabang (Cek rute di Google Maps)
Rating tempat camping4,6/5 dari 226 ulasan Google

Lokasi air terjun Riam Dait mungkin lebih jauh dari tempat camping lainnya di Singkawang. Namun, perjalanan kamu bakal worth it dengan keindahan air terjunnya. Ada 3 sampai 7 tingkat air terjun di tempat yang berbeda. Kamu bisa berjalan atau naik kendaraan untuk menjelajahi semuanya.

Untuk biaya terbaru di tahun 2022, kalau tiket masuk berkunjung saja harganya Rp10.000 per orang. Sementara, tiket masuk menginap Rp15.000 per orang.

Nah, lokasi camping-nya berada di tengah hutan. Kamu bisa parkir kendaraan atau mengendarainya ke lokasi tersebut. Ada pun yang sangat unik dari air terjun ini yaitu terdapat hamparan pasir putih. Namun, mungkin tidak semua air terjunnya memiliki pasir.

Jadi, pasir tersebut menghampar di pinggir kolam yang ada di bawah aliran air terjun. Nah, spot camping berada di area pasir putih tersebut. Sebagian area pasirnya juga berumput hijau. Di hamparan pasir berumput inilah campers mendirikan tenda.

Kamu dapat menikmati pemandangannya, sambil menghirup udara segar. Kamu juga bisa bermain pasir selayaknya di tepi pantai. Bedanya, ini adalah air terjun. Unik, bukan.

Oh iya, penting untuk diingat kembali, kawasan wisata ini berupa hutan belantara. Jadi, hati-hati dengan binatang liar lebih tepatnya serangga di sekitar lokasi camping.

Sementara, kalau untuk fasilitas, ada warung-warung kecil di kawasan air terjun. Ada juga area gazebo, toilet, dan menara pandang. Untuk alternatif menginap, juga tersedia penginapan. Air terjun ini sangat populer serta cocok untuk camping bersama keluarga dan teman-teman.

Kalau tempat camping berikutnya, lokasinya berada di danau. Yuk, cek!

6. Danau Lait

Tempat Camping Di Sekitar Singkawang Danau Lait
Danau Lait (sumber: Rusa Kelana)
LokasiKecamatan Tayan Hilir, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga paket campingRp20.000/orang
Telepon
Daya tarik wisataRamah keluarga, wahana permainan, spot foto, penyewaan perahu, tersedia penginapan, pemandangan bukit, sepeda air, jembatan Suak O’yek, akuarium ikan
Rute dari kota Singkawang4 jam 58 menit (224,3 km) lewat Jl. Ahmad Yani dan Jl. Ahmad Yani/Jl. Trans Kalimantan (Cek rute di Google Maps)
Rating tempat camping4,5/5 dari 180 ulasan Google

Danau Lait merupakan wisata alam yang terkenal di Kalimantan Barat. Ada tempat singgah untuk beristirahat sambil duduk-duduk. Juga tersedia rumah makan di kawasan wisata ini. Di samping itu, tentu saja danau ini biasa jadi tempat untuk camping.

Biasanya, campers mendirikan tenda tepat di tepi danau yang berupa tanah bercampur pasir dan ranting-ranting kering. Sementara, untuk tenda dan perlengkapan camping lainnya, termasuk alat masak, kamu bisa membawanya sendiri dari rumah.

Selain itu, kamu juga dapat membawa perbekalan sendiri, seperti makanan, minuman, dan camilan. Karena saat malam, paling nyaman menikmati waktu sambil ngemil ditemani kopi atau teh panas.

Campers kadang juga menikmati malam dengan bermain kartu seperti Uno. Oh iya, kamu juga dapat membuat api unggun di dekat tenda untuk menghangatkan suasana.

Kalau camping di sini, kamu dapat menikmati pemandangan yang berbeda dari yang lain. Di pinggir danau, sebagian areanya ditumbuhi rumput ilalang. Kemudian, di bibir danau terlihat pohon-pohon kecil yang tumbuh dengan akarnya berada di dalam air.

Danaunya pun membentang luas sehingga sejauh mata memandang, terlihat perairan dengan hutan yang hijau mengelilinginya. Di kejauhan juga terlihat view gunung yang berdiri kokoh. Jadi, bisa dibilang feel-nya berasa“Kalimantan banget”.

Suasana terasa alami karena tempatnya memang separuh alam bebas. Jadi, tempat ini cocok untuk camping bersama teman-teman, keluarga, juga rombongan sekolah atau kantor.

Nah, sekarang langsung aja kita ke tempat camping terakhir, kembali meluncur ke pantai, yuk.

7. Pantai Sedau

Tempat Camping Di Singkawang Pantai Sedau
Pantai Sedau, Singkawang (sumber: instagram.com/travelingborneo/)
LokasiSedau, Kec. Singkawang Sel., Kota Singkawang, Kalimantan Barat (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga paket campingRp20.000/orang
Telepon
Daya tarik wisataOmbak tenang, pantai bersih, ramah keluarga, udara segar, area camping, berbatuan besar di bibir pantai
Rute dari kota Singkawang26 menit (13,9 km) lewat Jl. Ahmad Yani dan Jl. Malindo (Cek rute di Google Maps)
Rating tempat camping3,7/5 dari 35 ulasan Google

Camping ground di Pantai Sedau terasa fun. Jadi, kamu akan mendirikan tenda di area camping yang berada di pinggir pantai. Area tersebut berupa lahan tanah yang sedikit lebih tinggi dari bibir pantai. Selain itu, area untuk camping ini ditumbuhi rumput dan ada banyak pohon yang rindang.

Sementara, di pantai ini juga terdapat batu-batu besar di sebagian bibir pantainya. Camping di pantai ini nyaman untuk kamu dan teman-teman serta keluarga. Kalau mau solo camping di sini juga aman dan nyaman, kok. Mungkin saja kamu sedang ingin healing sendirian.

Omong-omong, batu-batu besar tidak hanya berada di bibir pantai. Namun, di area camping yang berumput juga terdapat banyak batu besar yang tersebar di berbagai tempat.

Biasanya, campers membawa sendiri tenda beserta perlengkapan camping lainnya, termasuk peralatan masak. Sementara, di sini ada fasilitas seperti tempat parkir, warung, kamar mandi. Hanya saja, fasilitasnya mungkin perlu mendapat perawatan lebih baik karena belum optimal.

Jadi, akan lebih baik juga apabila kamu membawa bekal konsumsi sendiri, seperti makanan, minuman, serta camilan. Selebihnya, pantai ini menawarkan keasyikan untuk camping sekaligus liburan.

Kamu bisa menikmati area pantai yang alami dengan dermaga. Selain itu, latarnya berhutan, dan tak lupa adanya berbatuan besar di air. Ombak tidak terlalu besar jadi cukup aman untuk bermain air. Namun, kalau berenang mungkin kurang cocok karena terdapat karang-karang tajam.

Saat camping, nikmati juga pemandangan sunset-nya. Lalu, ketika malam, lebih seru kalau kamu membuat api unggun sekaligus menghangatkan badan. Gimana, asyik, kan.

Demikian rekomendasi tempat camping terbaik di Singkawang. Yuk, cobain camping untuk menikmati keindahan alam khas Kalimantan. Pasti, deh, liburanmu di Singkawang juga semakin berkesan. Ajak teman-teman serta keluarga jalan-jalan sambil camping, biar makin seru.

Dapatkan update artikel pilihan dan breaking news seputar hiking, camping dan traveling dari Napaktilas.net. Mari bergabung di Grup Telegram "Napaktilas.net Adventure Addicts", caranya klik link https://t.me/napaktilasnet, kemudian join. Kamu harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan komentar