10 Rekomendasi Tempat Camping Terbaik di Batam (2022)

Ada banyak pilihan tempat camping di Batam dengan pemandangan menawan. Fasilitas yang tersedia pun sudah cukup memadai. Namun, apakah kamu masih bingung menentukan pilihan tempat terbaiknya? Sebagai referensi, kami rangkumkan 10 tempat camping terbaik di Batam. Mulai dari area camping yang berada di kawasan pantai, pulau, taman alam, dan telaga yang eksotis. Kamu tinggal pilih mana yang paling sesuai dengan gaya camping dan budget liburanmu. Penasaran? Berikut 10 rekomendasi tempat camping terbaik di Batam:

Mulai penasaran? Yuk, lanjut baca.

1. Pantai Viovio

Tempat Camping Di Batam Pantai Viovio
Area camping di Pantai Viovio, Batam (sumber: instagram.com/vioviobeach/)
LokasiSijantung, Galang, Kota Batam, Kepulauan Riau (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 09.00 – 23.00 WIB
Harga paket campingRp10.000,00/orang (HTM) Rp300.000,00 – Rp650.000,00 (paket camping)
Telepon08117771900/08117771920
Rute menuju lokasi camping dari kota Batam1 jam 8 menit (57,9 km) via Jl. Trans Barelang
Obyek wisata menarik di sekitar lokasi campingSunset spot, hutan bakau, spot foto, gazebo.

Pantai Viovio terkenal dengan keindahan pasir putih dan sunsetnya yang romantis. Tidak heran jika Pantai Viovio menjadi salah satu tempat camping terbaik di Batam. Tempatnya memang cocok untuk camping bersama pasangan, teman, bahkan keluarga. Kamu bisa camping sambil menikmati pemandangan laut lepas, menjelajahi garis pantai, kulineran, dan bermain bola.

Tidak perlu repot membawa perlengkapan, pengelola sudah menyediakan beberapa pilihan paket camping di Pantai Viovio, yaitu:

  • Seaside Gazebo:Rp300.000,00/gazebo (4-6 orang).
  • Camping Tent: Rp350.000,00/tenda (2 orang, free BBQ, sarapan).
  • Family Gazebo: Rp350.000,00/gazebo (6-10 orang).
  • Garden Gazebo: Rp650.000,00/gazebo (10-15 orang).

Semua harga paket camping Pantai Vivio tersebut sudah termasuk HTM, parkir, api unggun, toilet, dan kamar mandi. Ada juga fasilitas lain seperti musala, gazebo santai, area parkir, tempat makan, dan cafe. Tentunya jangan lupa mengabadikan momen serumu di spot-spot foto yang eye-catching, misalnya seperti di dermaga payung, gardu pandang, atau ayunan pantai.

Di malam hari, area camping akan diterangi dengan lampu-lampu gantung hias sehingga suasananya terasa semakin menyenangkan. Khusus di akhir pekan, biasanya pengelola juga menghadirkan dj live performance sebagai hiburan.

Untuk menuju ke Pantai Viovio, kamu bisa menggunakan mobil atau sepeda motor sekitar 1 jam perjalanan. Namun, pastikan kondisi kendaraanmu baik, ya. Akses jalan masuk menuju pantai ini masih belum teraspal dan berbatu. Di beberapa titik juga ada ruas jalan berupa turunan dan tanjakan yang cukup curam.

2. Pantai Tanjung Pinggir

Tempat Camping Di Batam Pantai Tanjung Pinggir
Pantai Tanjung Pinggir, Batam (sumber: instagram.com/marini_srianti/)
LokasiTanjung Pinggir, Sekupang, Kota Batam, Kepulauan Riau (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 07.00 – 19.00 WIB.
Harga paket campingRp10.000,00/orang (HTM)
Telepon081270126316
Rute menuju lokasi camping dari kota Batam28 menit (19,8 km) via Jl. Gajah Mada.
Obyek wisata menarik di sekitar lokasi campingPaint ball, area outbound, hutan bakau, wahana banana boat

Pantai Tanjung Pinggir berada dekat dengan Pelabuhan Internasional Sekupang. Pantai ini memiliki area camping yang suasananya tenang dan pemandangannya sangat khas. Area campingnya berada di tanah lapang berumput hijau di bagian atas pantai.

Ada banyak pepohonan di sekitar areanyasehingga udara tetap sejuk dan teduh. View dari tempat camping di Pantai Tanjung Pinggir ini adalah ke arah laut lepas berlatar gedung-gedung pencakar langit Singapura. Semakin malam, kerlip lampu dari gedung-gedung tersebut akan menjadi penghias malam yang sangat cantik.

Biasanya para pengunjung yang datang untuk camping di pantai ini menghabiskan banyak waktunya untuk duduk santai menikmati pemandangan saja. Ada juga yang asyik memasak dan menyantap bekal. Untuk yang datang bersama rombongan, aktivitas outbound dan menjelajahi pantai menjadi pilihan aktivitas seru lainnya.

Untuk camping di Pantai Tanjung Pinggir, kamu cukup membayar tiket masuk sebesar Rp10.000,00/orang. Tenda dan perlengkapannya harus kamu bawa sendiri. Tidak ada tempat persewaan alat-alat camping dari pengelola setempat. Fasilitas toilet tersedia, tetapi agak jauh dari area camping.

Akses jalan utama menuju Pantai Tanjung Pinggir ini sudah cukup bagus untuk dilalui oleh sepeda motor dan mobil. Namun, tetap berhati-hati karena saat mendekati lokasi pantai, ruas jalannya masih berupa tanah dan sedikit berbatu.

3. Pantai Elyora

Tempat Camping Di Batam Pantai Elyora
Area camping di Pantai Elyora, Batam (sumber: instagram.com/yogaokipranata18/)
LokasiGalang Baru, Galang, Kota Batam, Kepulauan Riau (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 08.00 – 18.30 WIB
Harga paket campingRp20.000,00/orang (HTM)
Telepon083183731750/081261270960
Rute menuju lokasi camping dari kota Batam1 jam 22 menit (76,3 km) via Jl. Trans Barelang
Obyek wisata menarik di sekitar lokasi campingWahana banana boat, perahu kecil untuk berkeliling sekitar pantai.

Satu lagi pantai cantik di Batam yang asyik untuk tempat camping, yaitu Pantai Elyora. Pantai yang berjarak sekitar 76 km dari pusat kota ini bisa kamu tuju dengan menggunakan mobil atau sepeda motor. Sebagian besar akses jalannya sudah teraspal bagus. Hanya sekitar 1 km dari gerbang utama menuju area parkir pantainya saja yang jalannya masih berupa tanah dan sedikit berbatu.

Tidak ada spot khusus untuk camping di Pantai Elyora ini. Pengunjung bisa mendirikan tenda di area lapang mana saja, asalkan tidak terlalu dekat ke bibir pantai. Biasanya pengunjung mendirikan tenda di sekitar gazebo atau di bawah pohon-pohon yang teduh. Di Pantai Elyora ini memang masih banyak pepohonan sehingga udaranya tetap sejuk di siang hari. 

Tenda dan perlengkapan untuk camping harus kamu bawa sendiri. Tidak ada tempat persewaan alat camping di pantai ini. Pengelola hanya menyediakan gazebo-gazebo yang bisa kamu sewa dengan harga Rp150.000,00/gazebo/malam. Tiap gazebo sudah dilengkapi dengan terpal penutup di tiap sisinya, penerangan, dan sambungan listrik.

Beberapa fasilitas lain yang tersedia di Pantai Elyora, yaitu toilet, ruang bilas, musala, warung makan, dan area parkir yang luas. Ada juga persewaan banana boat seharga Rp25.000,00/orang. Kalau ingin yang lebih santai, maka kamu bisa menyewa perahu untuk berkeliling di sekitar pantai. Selain itu, aktivitas berenang dan mencari kerang juga kerap dilakukan oleh pengunjung untuk mengisi waktu campingnya.

4. Pantai Reviola

Tempat Camping Di Batam Pantai Reviola
Pantai Reviola, Batam (sumber: instagram.com/batamhits_/)
LokasiIsland, Galang Baru, Galang, Batam City, Riau Islands (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 08.00 – 20.00 WIB
Harga paket campingRp10.000,00/orang (HTM one day trip) Rp20.000,00/orang (camping)
Telepon085364999899
Rute menuju lokasi camping dari kota Batam1 jam 27 menit (75,6 km) via Jl. Trans Barelang
Obyek wisata menarik di sekitar lokasi campingWahana banana boat, spot foto

Untuk camping di Pantai Reviola, kamu boleh membawa sendiri tenda dan perlengkapannya. Namun, kalau ingin menyewa, maka kamu bisa menghubungi pengelola pantai. Tersedia tenda dan gazebo yang bisa disewa dengan harga antara Rp75.000,00 – Rp200.000,00 per malamnya. Ada toilet, ruang bilas, musala, dan warung makan sebagai fasilitasnya.

Camping di Pantai Reviola bisa menjadi alternatif liburan seru di Batam. Pantai ini memiliki bentang garis pantai yang panjang dan lebar. Pasirnya putih dengan tekstur yang lembut. Di beberapa sisi pantai masih banyak tumbuh pepohonan yang memberi nuansa teduh. Beberapa pengunjung memanfaatkan pepohonan rindang tersebut untuk memasang hammock dan bersantai. Di antara pepohonan ini, pengelola juga meletakkan kursi-kursi panjang dan ayunan.

Selain bersantai menikmati pemandangan, ada beberapa aktivitas menarik yang bisa dilakukan saat camping di Pantai Reviola. Untuk yang suka menguji adrenalin, ada wahana banana boat seharga Rp150.000,00 dengan kapasitas 6 orang. Garis pantai yang lebar bisa kamu manfaatkan untuk bermain bola kaki atau bola voli. Air laut di sekitar pantai ini juga cukup tenang sehingga aman untuk berenang.

Tertarik mencoba camping di pantai ini? Kamu bisa menuju ke Pantai Reviola menggunakan mobil atau sepeda motor. Akses jalan besarnya sudah cukup bagus. Namun, berhati-hatilah saat memasuki jalan utama ke arah pantai karena medannya masih berupa tanah dan agak licin.

5. Pantai Nongsa

Tempat Camping Di Batam Pantai Nongsa
Pantai Nongsa, Batam (sumber: instagram.com/handrianes/)
LokasiSambau, Kecamatan Nongsa, Kota Batam, Kepulauan Riau (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 06.00 – 18.00 WIB
Harga paket campingRp10.000,00 (HTM)
Telepon
Rute menuju lokasi camping dari kota Batam33 menit (21,5 km) via Jl. Hang Tuah
Obyek wisata menarik di sekitar lokasi campingPulau Putri

Pantai Nongsa populer sebagai salah satu tempat camping di Batam. Pemandangannya sangat khas, yaitu ke arah pesisir Singapura. Dari pantai ini, gedung-gedung tinggi di Singapura terlihat cukup jelas, terutama saat malam hari dengan kerlip lampunya.

Pantai Nongsa memiliki bibir pantai yang cukup lebar dan landai. Beberapa pohon kelapa tampak berdiri kokoh di sepanjang tepiannya. Biasanya pengunjung akan mendirikan tenda di dekat bibir pantai yang teduh. Pengelola juga sudah menyediakan fasilitas seperti toilet, kamar mandi, tempat makan, tempat ibadah, dan gazebo.

Saat camping di Pantai Nongsa, jangan lewatkan kesempatan untuk menyeberang ke Pulau Putri. Perjalanan dari Pantai Nongsa ke Pulau Putri hanya sekitar 10 menit saja. Pulau ini berada di dekat perbatasan Singapura dan Malaysia. Di Pulau Putri kamu bisa menikmati keindahan pantai dan air laut yang biru jernih. Ada spot snorkeling untuk melihat keindahan bawah laut. Untuk menyeberang ke Pulau Putri, kamu bisa menggunakan perahu motor dengan tarif Rp20.000,00 per orang (PP).

6. Pantai Mubut Darat

Tempat Camping Di Batam Pantai Mubut Darat
Pantai Mubut Darat, Batam (sumber: instagram.com/_magdalena97/)
LokasiGalang, Kota Batam, Kepulauan Riau (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga paket campingRp50.000,00/orang (HTM dan tarif perahu penyeberangan)
Telepon
Rute menuju lokasi camping dari kota Batam1 jam 13 menit (58,6 km) via Jl. Trans Barelang
Obyek wisata menarik di sekitar lokasi campingSpot foto, pantai pasir putih, spot bermain voli dan bola kaki.

Ingin camping dengan suasana berbeda di Batam? Coba kunjungi Pulau Mubut Darat. Di pulau ini suasananya tenang. Pemandangannya sangat khas pulau tropis. Pasir pantainya putih dan lembut, berpadu dengan air laut yang biru jernih. Ada banyak pohon-pohon kelapa tersebar di tepian pantai. Dulunya, pulau ini memang dimanfaatkan oleh warga dari Pulau Mubut Laut untuk membudidayakan tanaman kelapa. Pengelola juga menambahkan beberapa spot foto yang eye-catching agar pengunjung makin betah.

Untuk camping di Pulau Mubut Darat, kamu cukup membayar tambahan biaya sebesar Rp25.000,00/orang. Bawalah tenda sendiri karena tidak ada tempat persewaan alat camping. Pengelola hanya menyediakan gazebo yang bisa disewa dengan harga Rp150.000,00 per malam. Viewnya langsung menghadap ke arah pantai.Fasilitas yang tersedia untuk pengunjung sudah cukup memadai. Mulai dari toilet, ruang bilas, musala, warung makan, listrik, dan tempat persewaan tikar.

Cara menuju ke Pantai Mubut Darat adalah melewati jalur darat terlebih dahulu dari pusat kota Batam menuju Desa Sembulang. Dari Desa Sembulang, kamu lanjut menyeberang dengan perahu kecil selama kurang lebih 15 menit perjalanan. Harga perahu penyeberangan ke Pantai Mubut Darat adalah Rp50.000,00 per orang. Harga ini sudah termasuk biaya pergi pulang dan tiket masuk ke pulau.

7. Taman Wisata Alam Muka Kuning (TWA)

Tempat Camping Di Batam Taman Wisata Alam Muka Kuning Twa
Taman Wisata Alam Muka Kuning (TWA), Batam (sumber: instagram.com/eco_adventure_batam/)
LokasiKabil, Kecamatan Nongsa, Kota Batam, Kepulauan Riau (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga paket campingRp25.000,00/orang (tenda bawa sendiri) Rp120.000,00 (paket 2 orang + tenda)
Telepon085355207093
Rute menuju lokasi camping dari kota Batam21 menit (9,3 km) via Jl. Ahmad Yani
Obyek wisata menarik di sekitar lokasi campingArena paintball, spot foto, spot memancing, perahu kano, rumah kantung semar

Taman Wisata Alam (TWA) Muka Kuning memiliki area berkemah yang menjadi salah satu lokasi camping terbaik di Batam. Camping di tempat ini akan memberikan pengalaman yang berbeda untukmu.

TWA Muka Kuning adalah kawasan konservasi yang kaya dengan keanekaragaman hayati. Kamu bisa menemukan flora dan fauna khas yang sudah mulai langka di tempat ini. Selain itu, kawasannya masih sangat asri dan sejuk.

Untuk camping di TWA Muka Kuning ini harganya cukup murah. Kalau membawa tenda sendiri, maka kamu hanya membayar Rp25.000,00/orang (HTM dan free toilet). Namun, kalau mau lebih praktis, kamu bisa mengambil paket camping TWA Muka Kuning seharga Rp120.000,00 untuk 2 orang. Dengan harga tersebut kamu sudah mendapatkan tiket masuk, tenda, matras, hammock, dan free toilet.

Ada banyak pilihan aktivitas seru saat camping di TWA Muka Kuning. Memancing dan bermain kano bisa dilakukan kalau kamu ingin aktivitas yang sedikit santai. Ada juga aktivitas trekking untuk yang suka berpetualang di alam bebas. Harga paketnya Rp50.000,00/orang dengan rute ke rumah kantung semar, beberapa sungai, Telaga Tama, dan Puncak Panorama.

Nah, untuk kamu yang suka menguji adrenalin dan kekompakan, ada wahana paintball yang bisa kamu coba dengan harga paket mulai dari Rp95.000,00 saja.

8. Pulau Tunjuk Batam

Tempat Camping Di Batam Pulau Tunjuk Batam
Pulau Tunjuk Batam (sumber: instagram.com/pulautunjuksubangmas/)
LokasiPulau Tunjuk, Subangmas, Kota Batam, Kepulauan Riau (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga paket campingRp45.000,00/orang (HTM)
Telepon081364552006 / 081271106854
Rute menuju lokasi camping dari kota Batam» 1 jam via Pelabuhan Punggur – Pulau Tunjuk menggunakan perahu motor
» 30 menit via Pelabuhan Rempang Cate Jembatan 4 – Pulau Tunjuk menggunakan perahu motor
Obyek wisata menarik di sekitar lokasi campingInstalasi menara suar, spot memancing

Pulau Tunjuk adalah salah satu pulau yang memesona di Batam. Keunikan pulau ini ada pada salah satu ujung pulaunya yang panjang dan arahnya membengkok menyerupai jari telunjuk. Arah bengkokannya bisa berubah-ubah sesuai dengan ombak yang menyentuh garis pantai pulau ini.

Pulau Tunjuk sering menjadi pilihan tempat camping karena suasananya yang sangat menyenangkan. Kamu bisa camping dengan suasana yang tenang, jauh dari bisingnya perkotaan. Pasir pantainya yang putih cantik sekali berpadu dengan jernihnya air laut yang biru kehijauan. Saat sunrise disebut-sebut sebagai momen terbaik di Pulau Tunjuk.

Untuk camping di Pulau Tunjuk kamu cukup membayar Rp45.000,00 per orang sebagai tiket masuk. Tenda dan perlengkapannya harus kamu bawa sendiri. Pengelola pulau sudah menyediakan fasilitas berupa toilet, musala, spot foto, dan beberapa ayunan untuk bersantai.

Jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi menara suar yang ada di Pulau Tunjuk. Menara ini sudah ada sejak zaman Belanda. Untuk kamu yang suka memancing, Pulau Tunjuk memiliki spot memancing terbaik yang cocok untuk pemula maupun pro. Ikan hasil pancingan nantinya bisa kamu bakar untuk disantap bersama.

Untuk menuju ke Pulau Tunjuk, kamu harus menyeberang dari Pelabuhan Punggur atau Pelabuhan Rempang. Tarif perahu penyeberangannya mulai dari Rp500.000,00 per perahu dengan kapasitas 6-8 orang.

9. Telaga Bidadari Batam

Tempat Camping Di Batam Telaga Bidadari Batam
Telaga Bidadari Batam (sumber: instagram.com/zoarazebua/)
LokasiKibing, Batu Aji, Kota Batam, Kepulauan Riau (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga paket campingGratis
Telepon
Rute menuju lokasi camping dari kota Batam30 menit (13,1 km) via Jl. Ahmad Yani
Obyek wisata menarik di sekitar lokasi campingHutan lindung, spot foto alami

Telaga Bidadari berada di tengah hutan yang sangat asri dan alami. Masih banyak pohon-pohon yang tumbuh rapat sehingga hawa terasa sejuk sepanjang hari. Pesona telaga ini ada pada airnya yang sejuk. Di sekeliling telaga, ada dinding dan undakan bebatuan yang biasa dijadikan tempat bersantai, spot body jumping, bahkan spot berfoto. Ada juga air terjun kecil yang alirannya tidak begitu deras.

Kamu bebas memilih area lapang yang nyaman di sekitar telaga untuk mendirikan tenda. Bawalah pakaian ganti, bekal makanan dan minuman, serta perlengkapan camping yang cukup. Belum ada fasilitas penerangan, warung makan, maupun toilet di sekitar Telaga Bidadari.

Untuk menuju ke Telaga Bidadari, dari Kota Batam tujulah Kawasan Industi Batamindo. Nantinya di dekat gerbang utama kawasan industri ini ada gang kecil menuju ke Kampung Aceh. Nah, dari area parkir di Kampung Aceh ini, kamu masih harus berjalan kaki melalui Hutan Lindung Muka Kuning. Durasi perjalanannya sekitar 45-90 menit, tergantung kecepatanmu berjalan.

Akses jalan setapaknya masih berupa tanah lembap. Ada medan naik dan turun di beberapa titik. Akar-akar pohon juga banyak yang menonjol di atas permukaan tanah. Selain itu, kamu juga akan melewati 4 jembatan yang hanya terbuat dari batang pohon untuk melewati aliran sungai. Jadi, pastikan kamu menggunakan alas kaki yang kuat, nyaman, dan anti slip.

10. Pulau Anak Karas

Tempat Camping Di Batam Pulau Anak Karas
Pulau Anak Karas, Batam (sumber: Sri Dewi Tanti)
LokasiP9Q8+C9J, Karas, Kecamatan Galang, Batam (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga paket campingRp40.000,00/orang (HTM)
Telepon085264492925
Rute menuju lokasi camping dari kota Batam60 menit perjalanan dengan perahu motor via Pelabuhan Sembulang – Pulau Anak Karas
Obyek wisata menarik di sekitar lokasi campingSpot memancing, instalasi menara suar, konservasi penyu.

Pulau Anak Karas atau dikenal juga sebagai Pulau Karas Kecil merupakan sebuah pulau kecil yang sering dijadikan tempat camping. Untuk menuju ke pulau ini, kamu harus menyeberang dari Pelabuhan Sembulang dengan menggunakan perahu motor. Tarif perahu penyeberangan ke Pulau Anak Karas adalah Rp80.000,00 per orang. Lama perjalanannya sekitar 45-60 menit.

Pemandangan dari Pulau Anak Karas tidak kalah dengan pulau-pulau lain yang ada di Batam. Pulau Anak Karas memiliki 2 sisi pantai dengan pasir putih yang terhampar luas. Ada banyak pepohonan yang tumbuh di tengah-tengah pulau. Biasanya di antara pohon-pohon inilah pengunjung akan mendirikan tenda agar tetap teduh saat siang hari.

Selain pemandangannya, ada dua hal menarik lainnya yang bisa kamu temukan saat camping di Anak Pulau Karas, yaitu:

1. Menara suar bersejarah yang sudah dibangun sejak 1886. Menara ini bisa kamu kunjungi dengan berjalan kaki sekitar 5-10 menit dari area camping.

2. Konservasi Penyu. Ada tempat khusus untuk membudidayakan telur penyu di Pulau Anak Karas ini. Kalau kamu datang sekitar April atau Mei, maka kamu bisa sekalian melihat perilisan tukik-tukik ke laut.

Untuk camping di Pulau Karas, kamu cukup membayar Rp40.000,00 per orang. Harga tersebut sudah termasuk biaya toilet, penerangan, dan kelapa muda. Tenda dan perlengkapannya harus kamu bawa sendiri. Pengelola hanya menyediakan toilet, pondok kecil, dan musala sebagai fasilitas penunjang. Ada beberapa warung makan, tetapi tidak selalu buka setiap hari. Jadi, ada baiknya kamu juga membawa bekal yang cukup.

Itulah 10 rekomendasi tempat camping terbaik di Batam. Semuanya menawarkan pemandangan alam yang indah, harga tiket masuk yang terjangkau, dan fasilitasnya memadai. Para pengunjung sebelumnya rata-rata memberikan ulasan positif karena mendapatkan pengalaman camping yang menyenangkan di sana. Nah, kira-kira tempat mana yang ingin kamu kunjungi terlebih dahulu? Yuk, segera rencanakan liburanmu ke salah satu tempat tersebut. Ajak teman atau keluargamu supaya semakin berkesan, ya!

Dapatkan update artikel pilihan dan breaking news seputar hiking, camping dan traveling dari Napaktilas.net. Mari bergabung di Grup Telegram "Napaktilas.net Adventure Addicts", caranya klik link https://t.me/napaktilasnet, kemudian join. Kamu harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan komentar