10 Tempat Camping Terbaik di Karanganyar yang Lagi Hits (2024)

Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah punya banyak spot camping populer di kalangan wisatawan. Karena dikawasan Karanganyar, udaranya sejuk, banyak perbukitan dan pemandangan alamnya memesona.

Tak heran, jika ada banyak sekali spot camping yang populer di kawasan tersebut. Masing-masing lokasi perkemahan ini menawarkan keindahan alam berlatar belakang gunung Lawu dan kesejukan Karanganyar. Sangatlah cocok bagi kamu yang ingin berlibur jauh dari kebisingan kota. Tertarik untuk camping di Karanganyar? Berikut 10 rekomendasi tempat camping terbaik di Karanganyar:

Mulai penasaran? Yuk, simak ulasan lengkap dari Napaktilas berikut ini.

1. Paralayang Kemuning

Tempat Camping Di Karanganyar Paralayang Kemuning
Paralayang Kemuning, Karanganyar (sumber: instagram.com/segorogunung_park/)
LokasiSegorogunung, Kec. Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin – Minggu, 24 Jam
Harga paket campingRp18.000/orang
Telepon+6282220509920
Rute menuju lokasi camping dari Karanganyar38 menit (17.1 km) via Jl. Karangpandan-Matesih
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingPemandangan Gunung Lawu, pemandangan sunset, pemandangan sunrise, pemandangan kota Solo, olahraga paralayang

Ingin menikmati keindahan kota Solo dari atas langit? Berkemahlah di bukit Paralayang Kemuning. Bukit ini memiliki akses jalan yang lumayan menanjak. Kamu harus sangat berhati-hati saat mengendarai mobil maupun sepeda motor. Sesampainya di sana, kamu akan disambut dengan hamparan padang rumput yang sangat hijau dan luas. Pemandangan Kota Solo dari ketinggian terlihat sangat jelas di sini.

Ditambah lagi, kamu juga bisa melihat pemandangan Gunung Lawu yang perkasa. Pesona sesungguhnya adalah saat malam hari. Kota Solo seakan berubah menjadi lautan bintang. Udara di bukit ini juga sangat sejuk dan menyegarkan. Jangan lupa untuk membawa jaket tebal, ya.

Di sini juga jadi tempat yang sempurna untuk menyaksikan sunset maupun sunrise. Kalau mau, kamu juga bisa bermain paralayang dengan biaya Rp400.000/orang. Untuk memaksimalkan kunjunganmu, sebaiknya hindari waktu liburan atau weekend. Waktu terbaik untuk mengunjungi bukit paralayang ini adalah di sore hari saat musim kemarau.

Fasilitas yang ditawarkan Bukit Paralayang Kemuning juga cukup lengkap. Lahan parkir yang disediakan cukup luas. Selain itu, kamu juga bisa membeli minuman dan makanan ringan di warung yang tersedia. Pengunjung juga bisa mengakses toilet dan musala yang sangat diperhatikan kebersihannya.

Sayangnya, di sini tidak tersedia tempat persewaan tenda dan perlengkapan camping. Jadi, sebaiknya kamu membawa sendiri peralatan berkemah dari rumah. Setelah selesai berkemah, jangan lupa untuk membawa pulang sampahmu, ya!

2. Cemoro Kandang

Tempat Camping Di Karanganyar Cemoro Kandang
Cemoro Kandang, Karanganyar (sumber: Mikhael Wasis)
Lokasi85PP+HPX, Gondosuli Kidul, Gondosuli, Kec. Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin – Minggu, 24 Jam
Harga paket campingRp10.000/orang
Telepon
Rute menuju lokasi camping dari Karanganyar37 menit (20.5 km) via Jl. Raya Matesih-Tawangmangu
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingWisata kuliner sate kelinci, pendakian Gunung Lawu

Bagi yang ingin mendaki Gunung Lawu, Cemoro Kandang adalah pos camping pertama yang dikunjungi. Bumi perkemahan ini berada tepat di perbatasan antara Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah dan Kabupaten Magetan Jawa Timur. Untuk menjangkaunya, kamu harus berkendara dengan sangat hati-hati. Karena, rute yang dilewati dipenuhi dengan belokan yang cukup curam. Untungnya, kondisi jalan sudah diaspal. Sehingga, tetap nyaman dilintasi oleh sepeda motor maupun mobil.

Di sepanjang jalan, terdapat berbagai warung sederhana yang menjual makanan lezat. Salah satunya yang paling populer adalah sate kelinci. Citarasa daging kelinci yang lembut sangatlah mirip dengan daging ayam yang lezat. Memasuki camping ground, kamu akan disambut dengan pemandangan pepohonan hijau yang rindang. Udara sejuk khas pegunungan juga sangat memanjakanmu.

Selama camping, kamu bisa mengakses fasilitas toilet, dapur umum, dan musala. Pihak pengelola juga menyediakan gedung aula dan gedung sekretariat. Pemandangan Gunung Lawu dan barisan pegunungan di sekitarnya juga terlihat cukup jelas dari sini. Sayangnya, akses air masih sangat terbatas di sini. Jadi, sebaiknya kamu membawa perbekalan air yang cukup banyak.

Untuk pendaki pemula, Cemoro Kandang jadi titik awal pendakian yang direkomendasikan. Dibandingkan jalur pendakian lain, rute dari Cemoro Kandang memang lebih landai. Sehingga, kamu bisa lebih mudah sampai ke puncak Lawu. Untuk mendaki dari basecamp Cemoro Kandang ini, kamu harus bayar Rp15.000/orang. Biaya tersebut sudah termasuk biaya asuransi jiwa untuk pendaki.

3. Bukit Sekipan

Tempat Camping Di Karanganyar Bukit Sekipan
Bukit Sekipan, Karanganyar (sumber: Artemis Adventure)
LokasiJl. Sekipan, Kramat, Kalisoro, Kec. Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin – Minggu, 08:00 – 17:00
Harga paket camping» Rp25.000/orang (bawa tenda senditi)
» Rp125.000/tenda (paket camping sewa tenda+matras untuk kapasitas 2 orang. Gratis makan 1x)
» Rp80.000 (paket camping sewa tenda+matras siap pakai)
» Rp300.000 – Rp 500.000 (paket camping & glamping VIP)
Telepon+62271696036
Rute menuju   lokasi camping dari Karanganyar25 menit (14.4 km) via Jl. Raya Matesih-Tawangmangu
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingWahana sky bridge, wisata petik buah strawberry, flying fox, sepeda listrik, taman lampion, studio 3D, kolam renang, outbond, miniatur dunia, rumah Halloween.

Bukit Sekipan jadi salah satu tempat camping di Jawa Tengah yang cocok untuk dikunjungi bersama keluarga. Bumi perkemahan ini menawarkan lahan camping yang sangat luas. Kamu dijamin tidak akan merasa gerah di siang hari sekalipun. Karena, lahan perkemahan ini dinaungi dengan pepohonan pinus raksasa yang sangat teduh. Vegetasi yang beragam dan membuat bumi perkemahan ini terlihat semakin asri. Kamu bisa menyewa sepeda listrik dengan biaya sebesar Rp30.000/30 menit.

Untuk kamu yang ingin camping tapi enggan mendirikan tenda, bisa menyewa paket camping VIP. Kamu bisa merasakan serunya bermalam di tenda berbentuk kerucut ala suku Indian. Selain itu, kamu juga bisa menyewa tenda glamping maupun rumah pohon untuk menginap. Dengan menyewa paket camping ini, kamu bisa menikmati akses air hangat dan tempat tidur yang empuk. Fasilitas yang bisa diakses oleh semua pengunjung adalah toilet, musala, dan kamar mandi.

Selain wisata camping, Bukit Sekipan juga jadi tempat yang sempurna untuk piknik. Berjalan-jalan di antara pepohonan juga terasa sangat seru. Salah satu keunikan yang ada di Bukit Sekipan ini adalah adanya wahana Rumah Halloween. Wahana ini hanya tersedia di malam hari saja. Dan, hanya yang memiliki mental baja saja yang berani memasuki rumah hantu tersebut.

Di beberapa sudut taman terdapat patung-patung hantu yang membuatmu kaget. Ada juga berbagai wahana lain yang bisa dicoba kalau kamu tak suka yang seram-seram. Mulai dari flying fox, jembatan Sky Bridge, outbond, dan memetik buah stroberi. Ada juga wahana Taman Lampion lengkap dengan berbagai macam bentuk lampion kertas yang memesona. Sangatlah cocok untuk kamu yang hobi berfoto.   

4. Telaga Madirda

Tempat Camping Di Karanganyar Telaga Madirda
Telaga Madirda, Karanganyar (sumber: instagram.com/linda_restyawan/)
LokasiTelaga Madirda, Berjo, Kec. Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin – Minggu, 06:30 – 18:00
Harga paket camping» Rp30.000 (sewa tempat, bawa tenda sendiri)
» Rp100.000/hari (Paket camping Madirda Friend). Sudah termasuk sewa tempat, sewa tenda untuk 2 orang, 2 sleeping bag, 2 matras, dan lampu tenda.
» Rp150.000/hari (Paket camping Madirda Java / Hyu / Bnix). Sudah termasuk sewa tempat, sewa tenda kapasitas 4 orang, 4 sleeping bag, 4 matras, dan lampu tenda.
» Rp350.000/hari (Paket camping Madirda Kingdom). Sudah termasuk sewa tempat, tenda kapasitas 6 orang, 6 sleeping bag, 6 matras, dan lampu tenda.
» Rp400.000 (Paket camping Madirda Family). Sudah termasuk sewa tempat, sewa tenda kapasitas 8 orang, 8 sleeping bag, 8 matras, dan lampu camping.
Telepon+6282211120211
Rute menuju lokasi camping dari Karanganyar28 menit (14.5 km) via Jl. Karangpandan-Matesih dan Jl. Lawu
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingPemandangan danau, wahana becak air, menaiki perahu sampan, berenang

Telaga Madirda yang berlokasi di kaki Gunung Lawu jadi destinasi camping favorit untuk keluarga. Terutama, bagi kamu yang ingin merasakan camping di kawasan Gunung Lawu tanpa mendaki gunung. Di sini, udara khas lereng yang sejuk sudah bisa Anda rasakan.

Selain itu, telaga ini juga sangat luas dengan air jernih. Kamu bisa melihat aneka ikan berenang bebas di dalamnya. Di sekeliling area camping ini terdapat pepohonan lebat nan rindang dan perbukitan hijau. Udaranya pun sangat sejuk dan menyegarkan.

Akses ke taman wisata camping ini bisa dilalui mobil maupun sepeda motor. Walaupun, jalannya cukup curam dan berkelok-kelok. Sehingga, kamu harus sangat hati-hati dalam menavigasikan kendaraanmu. Sepanjang perjalanan, kamu bisa melihat pematang sawah yang hijau dan menyejukkan mata. Kamu juga akan melewati rumah-rumah penduduk.  

Lahan parkir di camping ground ini sangatlah luas. Area perkemahan juga sangat lapang dan bisa muat hingga ribuan tenda. Jika ingin menikmati ketenangan, lebih baik datang di antara jam 9 pagi atau jam 3 sore. Di waktu-waktu tersebut, jumlah pengunjung belum terlalu banyak. Jadi, kamu bisa mendapatkan spot paling strategis untuk mendirikan tenda.

Fasilitas yang tersedia di bumi perkemahan ini lumayan lengkap. Ada 4 jenis paket camping untuk kamu yang tidak memiliki perlengkapan berkemah. Selain itu, fasilitas toilet dengan akses air bersih, musala, hingga warung makan juga tersedia. Sayangnya, akses listrik hanya tersedia di malam hari saja. Jadi, sebaiknya kamu sudah mengisi daya HP maupun powerbank sebelum berangkat ke lokasi.

Pemandangan danau yang luas dan indah sudah pasti jadi primadona utama. Di beberapa titik juga terdapat spot berfoto yang sangat instagramable. Kamu juga bisa menyewa perahu sampan atau becak air untuk mengelilingi danau. Kamu juga bisa berenang bebas di kolam renang yang juga ada di area wisata itu. Lelah berkeliling? Tersedia bangku kayu atau gazebo sebagai tempat beristirahat.

5. Tahura Kgpaa. Mangkunagoro I

Tempat Camping Di Karanganyar Tahura Kgpaa Mangkunagoro I
Tahura KGPAA Mangkunagoro I, Karanganyar (sumber: Dondong Adventure)
LokasiDusun Sukuh, Berjo, Ngargoyoso, Tambak, Girimulyo, Kec. Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin – Minggu, 08:00 – 18:00
Harga paket campingRp11.000/orang
Telepon+6281222711114
Rute menuju lokasi camping dari Karanganyar26 menit (13.3 km) via Jl. Karangpandan-Matesih dan Jl. Karangpandan-Ngargoyoso
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingTrekking, menyaksikan hewan-hewan langka dan dilindungi, outbond, playground, pemandangan Kota Karanganyar dari puncak bukit, selfie deck, ATV, sepeda gunung, menara pandang

Rindu camping dengan nuansa gunung dan jauh dari peradaban manusia? Cobalah berkemah di kawasan taman konservasi Tahura Karanganyar. Tahura Kgpaa. Mangkunagoro I adalah salah satu tanah perkemahan yang menawarkan sensasi berkemah di tengah-tengah alam bebas. Suasananya yang sepi dan syahdu sesuai untuk yang ingin menikmati kesendirian.

Tahura sendiri adalah taman konservasi alam yang melindungi flora dan fauna asli di Karanganyar. Lokasinya yang berada di tengah-tengah hutan memberikan rasa sunyi yang sangat damai. Apalagi, di saat malam hari tiba. Kamu bisa mendengar suara serangga tonggereng yang lazim terdengar di kawasan gunung.

Lokasinya yang ada di kaki Gunung Lawu membuat udara di camping ground ini sangat sejuk. Kamu bisa mengusir rasa dingin di malam hari dengan menyalakan api unggun. Tentunya, bahan kayu bakar harus kamu kumpulkan sendiri. Di area perkemahan ini terdapat fasilitas musala, toilet, gazebo, hingga ruang pertemuan. Anak-anak juga bisa bermain di playground yang tersedia. Selain itu, terdapat juga fasilitas panggung terbuka. Kamu juga bisa eksplorasi kawasan bukit dengan menyewa ATV atau sepeda gunung.

Selain camping, kamu juga bisa melakukan trekking ke taman konservasi. Terdapat viewing deck yang terbuat dari kayu. Dari deck tersebu, pemandangan seluruh kota Karanganyar terlihat sangat indah dari atas langit. Selama trekking kamu akan melintasi area hutan dengan pepohonan tropis yang lebat. Di area tersebut juga terdapat ruang terbuka yang ditanami dengan berbagai macam bunga. Penataan taman tersebut juga sangat apik.

Pengunjung taman konservasi alam ini juga bisa menyaksikan beberapa hewan langka yang dipelihara dengan baik. Salah satunya adalah rusa timur (cervus timorensis). Jangan khawatir, sangkar tersebut rutin dibersihkan. Hewan-hewan yang ada di dalamnya juga diperhatikan kesehatannya.

Selain sebagai lokasi wisata, Tahura juga menjadi lokasi untuk penelitian! Untuk menjaga keasrian, jangan lupa untuk membawa pulang sampahmu. Selain itu, patuhi larangan untuk tidak merusak lingkungan dan jaga ucapan, ya.

6. Bumi Perkemahan Pleseran Nglurah

Tempat Camping Di Karanganyar Bumi Perkemahan Pleseran Nglurah
Bumi Perkemahan Pleseran Nglurah, Karanganyar (sumber: instagram.com/lepeners.adventure/)
LokasiJl. Candi Menggung Nglurah, Area Hutan, Tawangmangu, Kec. Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin – Minggu, 24 Jam
Harga paket campingRp10.000/hari Rp50.000/hari (sewa tenda, matras, dan perlengkapan camping)
Telepon+6287826924966
Rute menuju lokasi camping dari Karanganyar29 menit (14.1 km) via Jl. Raya Matesih-Tawangmangu
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingSpot berfoto, bersantai di hammock, berenang, menara pandang, sewa jeep, flying fox, trailing.

Bumi perkemahan Pleseran Nglurah tawarkan pengalaman camping murah-meriah. Biaya retribusi untuk memasuki bumi perkemahan ini memang sangat terjangkau. Kamu juga bisa menyewa tenda dan perlengkapan camping di sini. Akses jalan di dalam bumi perkemahan terdiri dari medan tanah. Tapi, masih sangat bisa dilalui oleh mobil biasa maupun mobil offroad. Kondisi jalan memang sempit dan hanya bisa dilalui 1 mobil saja. Jadi, kamu harus berhati-hati dan sabar saat melintasinya.

Suasana di camping ground ini sangatlah asri. Kamu bisa menikmati rindangnya hutan pinus dan udara pegunungan yang sejuk. Tanah perkemahan ini juga memiliki bentuk seperti bukit berundak. Area perkemahan yang sangat luas bisa memuat hingga ribuan tenda. Kamu juga bisa menggantungkan hammock untuk bersantai. Gemercik sungai kecil di kawasan tersebut membuat suasana semakin syahdu.

Di dekat lokasi kemah juga terdapat telaga jernih yang dinamakan Telogo Asmoro. Kamu bisa berenang bebas sambil menikmati dinginnya air telaga ini. Kamu juga bisa menyewa ban yang disediakan oleh pengelola untuk berenang. Untuk mengisi perut setelah lelah berenang, terdapat kantin yang menjual aneka hidangan. Mulai dari kopi hangat, soto ayam, hingga gorengan lezat. Ada juga fasilitas toilet yang memadai dan musala.

Selain itu, kamu juga bisa menyewa jeep untuk mengeksplorasi area perkemahan ini. Pihak pengelola menyediakan sewa jeep seharga Rp30.000. Untuk kamu yang hobi trail bisa membawa sepeda motor trailmu ke sini. Ada sejumlah spot instagramable bagi pengunjung yang hobi berfoto. Kamu juga bisa melihat keindahan pemandangan area perkemahan dari menara pandang. Tersedia juga fasilitas flying fox untuk segala usia.

Sayangnya, kamu tidak akan mendapatkan sinyal handphone yang bagus. Tapi, di sisi lain ini bisa jadi kesempatan emas untuk lepas dari gadget. Kamu bisa lebih fokus untuk berinteraksi dengan keluarga dan teman-teman. Kamu juga bisa berkenalan dengan teman-teman baru. Lokasi bumi perkemahan ini berdekatan dengan tempat wisata Bukit Sekipan.

7. Gunung Mongkrang 

Tempat Camping Di Karanganyar Gunung Mongkrang
Gunung Mongkrang, Karanganyar (sumber: instagram.com/kalangkabut_adv/)
LokasiArea Hutan, Beruk, Jatiyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin – Minggu, 24 Jam
Harga paket campingRp20.000/orang
Telepon
Rute menuju lokasi camping dari Karanganyar42 menit (21.3 km) via Jl. Raya Matesih-Tawangmangu
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingPemandangan Gunung Lawu, pemandangan puncak Gunung Mongkrang

Gunung Mongkrang adalah gunung setinggi 2.130 mdpl di selatan Gunung Lawu. Gunung ini jadi destinasi terbaik untuk mendaki bagi pemula. Gunung ini juga menjadi destinasi untuk pemanasan sebelum mendaki ke gunung dengan ketinggian yang lebih ekstrem. Rute yang akan kamu lalui untuk mencapai puncak gunung ini juga sangat mudah dilalui. Sudah terdapat rute setapak yang membelah hutan dan rumput perdu.

Sesampainya di puncak, kamu langsung disambut dengan pemandangan yang mengagumkan. Gunung Lawu dan perbukitan di sekitar Gunung Mongkrang terlihat sangat hijau dan menyejukkan hati. Pemandangan terbaik bisa kamu dapatkan di musim hujan. Sedangkan, pemandangan sunrise terlihat memukau di musim kemarau. Rute pendakian jadi lebih licin dan menantang di musim hujan. Di musim kemarau, akan banyak pasir dan debu yang beterbangan. Jadi, kamu harus lebih hati-hati.

Gunung Mongkrang memang bukan gunung tinggi dengan pepohonan sangat lebat, seperti Gunung Lawu. Tapi, selama mendaki kamu tetap harus menjaga sikap dan tutur kata. Selain itu, jangan membuang sampah sembarangan. Pastikan perbekalan air mineral dan makanan cukup. Terutama, bagi kamu yang ingin bermalam di gunung ini.

Karena, selama pendakian kamu tidak akan menemukan warung atau kios yang menjual makanan dan minuman. Warung dan kios makanan hanya tersedia di kaki gunung sebelum loket pembayaran. Toilet dan fasilitas lainnya juga tersedia di daerah sini. Pastikan untuk memaksimalkan semua fasilitas yang ada sebelum mendaki, ya.

Selama mendaki, kamu akan disambut dengan udara Gunung Mongkrang yang sangat sejuk. Kamu juga dikelilingi dengan vegetasi alami berupa pepohonan serta tanaman ilalang. Untuk mendaki hingga puncak Gunung Mongkrang, kamu butuh waktu selama kurang lebih 2 jam.  Di sini, sinyal handphone di sini sangat kuat. Sehingga, kamu bisa mendokumentasikan pendakianmu secara live lewat medsos. Untuk camping terbaik, kamu bisa pilih puncak Candi I maupun Candi II. Agar mendapatkan tempat, sebaiknya hindari mendaki ke puncak saat weekend.  

8. Tlogo Dlingo

Tempat Camping Di Karanganyar Tlogo Dlingo
Tlogo Dlingo, Karanganyar (sumber: Karisma Perdana)
LokasiLapangan tlogodringo, Gondosuli Kidul, Tlogodringo, Kec. Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah (Cek di Google Maps.)
Jam bukaSenin – Minggu, 24 Jam
Harga paket campingGratis
Telepon+62271697010
Rute menuju lokasi camping dari Karanganyar49 menit (30.0 km) via Jl. Lawu and Jl. Raya Matesih-Tawangmangu/Jl. Tawangmangu-Palaosan
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingPemandangan Gunung Lawu, pemandangan Gunung Mongkrang, wisata petik buah strawberry.

Untuk kamu yang berencana hiking ke Gunung Mongkrang, jangan lupa camping di sini. Tlogo Dlingo, atau Tlogo Dringo adalah kawasan yang berada di kaki Gunung Lawu. Lokasinya yang tidak jauh dari Gunung Mongkrang membuatnya menjadi tempat persinggahan para pendaki. Nama Tlogo Dlingo sudah tidak asing di kalangan komunitas pencinta alam atau Mapala. Mereka biasanya berkemah di kawasan ini untuk program pendidikan dasar.

Rute setapak yang relatif landai dan persediaan air yang melimpah menjadi salah satu alasan. Tidak hanya terbatas untuk komunitas saja. Tlogo Drigo juga memberikan pengalaman camping di alam bebas untuk para pemula. Di sini, kamu bisa berkemah di tengah-tengah pepohonan rindang dengan udara sejuk. Pemandangan Gunung Lawu dan Gunung Mongkrang dan lautan awan.

Seluruh area Tlogo Dlingo bisa digunakan untuk mendirikan tenda. Area di sini memang sangat landai dengan struktur tanah yang kokoh. Sehingga, sangat cocok untuk mendirikan tenda. Tapi, spot terbaik ada di puncak bukit. Untuk mencapainya, kamu hanya perlu untuk melakukan trekking ringan selama 30 menit. Dari sini, kamu juga bisa melanjutkan perjalanan ke puncak Mongkrang. Di malam hari, kamu bisa menyaksikan keindahan langit berbintang. Menyalakan api unggun juga menjadi kegiatan menyenangkan yang wajib kamu lakukan.

Untuk camping di sini, kamu tidak perlu keluar biaya sepeser pun. Tapi, kamu harus membawa sendiri tenda dan perlengkapan berkemah. Karena, di sini tidak menyediakan persewaan tenda. Untuk fasilitas, kamu bisa mengakses toilet umum yang tersedia.

Akses air bersih juga sangat melimpah di sini. Selain itu, kamu juga bisa mengunjungi perkebunan buah strawberry. Daerah Tlogo Dlingo ini memang sangat populer dengan produk buah strawberry kualitas terbaik. Anda juga bisa membeli buah strawberry dari penduduk lokal.

9. Bukit Sakura

Tempat Camping Di Karanganyar Bukit Sakura Tawangmangu
Bukit Sakura Tawangmangu, Karanganyar (sumber: instagram.com/areajogjajateng/)
LokasiGondosuli, Kec. Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin – Minggu, 08:00 – 17:00
Harga paket campingRp15.000/orang/malam Rp60.000/malam (sewa tenda)
Telepon+6281229654886
Rute menuju lokasi camping dari Karanganyar38 menit (20.4 km) via Jl. Raya Matesih-Tawangmangu
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingSpot berfoto, pemandangan puncak Lawu dan Gunung Mongkrang, pemandangan pohon sakura, flying fox, hammock, ATV

Tidak perlu jauh-jauh ke Jepang. Karena, kamu bisa menyaksikan keindahan pohon sakura dari taman wisata alam ini. Pohon sakura ini memang jadi keunikan utama dari Bukit Sakura Lawu. Tapi, buka22ytn itu saja pesona yang dimiliki tempat wisata Karanganyar ini. Bukit Sakura ini juga menjadi salah satu destinasi wisata camping terbaik untuk keluarga.

Area perkemahan ini sangat luas dan dipenuhi dengan pepohonan rindang. Berlokasi di kaki Gunung Lawu, kamu bisa merasakan udara yang sejuk di sini. Kamu juga bisa membawa mobilmu masuk ke tanah perkemahan. Kamu hanya akan dipungut biaya parkir Rp5.000 untuk mobil, dan Rp2.000 untuk sepeda motor. Bagi kamu yang tidak memiliki tenda, bisa menyewa tenda dengan harga yang terjangkau. Namun, pihak pengelola tidak menyediakan sewa perlengkapan camping lainnya. Jadi, kamu harus membawanya sendiri dari rumah.

Dari segi fasilitas, Bukit Sakura ini punya fasilitas yang sangat memadai. Kamu bisa mengakses 8 bilik toilet dan musala. Selain itu, terdapat juga fasilitas kios yang menjual makanan ringan maupun minuman. Kamu juga bisa membeli aneka hidangan lezat di warung-warung yang berada di luar area perkemahan. Di beberapa titik, terdapat spot berfoto kekinian dan taman bunga mini. Jika lelah berjalan, ada sejumlah bangku dan gazebo yang dipersiapkan untuk beristirahat. Persewaan sepeda ATV juga tersedia. Akses penerangan di tanah perkemahan ini juga tersedia.

Untuk mendapatkan pemandangan terbaik, kamu bisa naik ke puncak Bukit Sakura. Di ketinggian 1900 mdpl, pemandangan Gunung Lawu dan Gunung Mongkrang terlihat sangat jelas. Apalagi, jika kamu menyusuri jembatan kayu yang menghiasi tebing bukit ini. Tidak hanya itu, pemandangan Gunung Kelud juga bisa terlihat.

Datanglah di saat musim kemarau. Langit di Bukit Sakura cenderung cerah dan tidak berkabut. Sehingga, kamu dapat menyaksikan pemandangan alam dengan sangat jelas. Selain itu, di puncak tersebut juga terdapat pohon sakura yang menjadi primadona. Dari berbagai kelebihan itulah, Sakura Hills menjadi salah satu tempat camping di Tawangmangu favorit para wisatawan.

10. Buper Segorogunung

Tempat Camping Di Karanganyar Buper Segorogunung
Buper Segorogunung, Karanganyar (sumber: instagram.com/segorogunung_park/)
LokasiNgargoyoso, Nglerak, Segorogunung, Karanganyar, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin – Minggu, 24 Jam
Harga paket campingRp5.000/orang
Telepon
Rute menuju lokasi camping dari Karanganyar32 menit (15.8 km) via Jl. Karangpandan-Matesih
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingDonker Park, outbond, tur jeep, spot berfoto instagramable

Untuk yang berencana ke Paralayang Kemuning, tak ada salahnya untuk camping sejenak di Buper Segorogunung. Lokasi bumi perkemahan ini memang berada sebelum wisata paralayang. Camping ground ini menawarkan keindahan hutan yang ditumbuhi dengan sejumlah spesies pohon yang dilindungi.

Udara sejuk khas pegunungan Karanganyar pastinya membuatmu betah camping di sini. Perjalanan menuju bumi perkemahan ini memang lumayan menanjak. Tapi, kondisi jalan masih sangat bagus. Sehingga, kendaraan roda dua maupun roda empat tetap bisa melintas dengan mulus.

Sesampainya di sana, kamu akan langsung disambut barisan pohon pinus. Pohon pinus memang adalah jenis tanaman yang mendominasi di lereng Gunung Merapi ini. Kamu juga bisa mampir sejenak ke Donker Park yang berada tak jauh dari bumi perkemahan. Di Donker Park ini, ada banyak sekali wahana bermain keluarga dan rumah mini yang unik. Di sini juga membuka persewaan tenda, matras, perlengkapan camping, dan kayu bakar. Kamu juga bisa menyewa jip di persewaan yang ditawarkan penduduk.

Bumi perkemahan ini berlokasi di dalam Donker Park. Begitu memasuki camping ground, jenis tanaman yang terlihat makin bervariasi. Selain pohon pinus, ada juga pohon trembesi, pohon damar, dan pohon lainnya yang tumbuh menjulang. Lokasi perkemahan ini juga sangat luas dan bisa muat hingga 70 orang. Kamu bisa mendirikan tenda di titik mana pun yang diinginkan.

Dari segi fasilitas, sudah tersedia musala dan toilet. Untuk perempuan muslim, sebaiknya membawa mukena sendiri dari rumah, ya. Selain itu, ada juga beberapa warung yang menawarkan makanan dan minuman ringan. Suhu saat malam hari sangat dingin. Selain mengenakan jaket, kamu juga bisa menyalakan api unggun.

Musim kemarau adalah waktu yang tepat untuk berkunjung ke bumi perkemahan ini. Di musim hujan, rute di kawasan ini memang jadi lebih licin. Selain itu, kabut tebal juga lebih sering turun di musim hujan. Turunnya kabut pastinya membatasi jarak pandangmu. Sehingga, kamu harus lebih berhati-hati.

Dengan banyaknya tempat camping di Karanganyar, tak heran jika kabupaten ini sangat populer. Terutama, bagi kamu yang ingin mendekatkan diri dengan alam. Pesona hutan lebat dengan pemandangan gunung dan udara sejuk memang tak terkalahkan. Yang jelas, kamu akan mendapatkan pengalaman berkemah mengesankan. Sudahkah kamu mengunjungi rekomendasi tempat camping terbaik di Karanganyar di atas?

Baca lebih lanjut: 7 Tempat Camping Terbaik di Magetan yang Lagi Hits (2022) »

Leave a Comment