7 Tempat Camping Terindah di Temanggung yang Lagi Hits (2024)

Apa sajakah wisata yang populer di Jawa Tengah? Provinsi ini memang dikenal dengan wisata candi dan pantai. Namun, Jawa Tengah juga punya banyak sekali spot wisata alami yang mengasyikkan untuk camping. Beberapa spot camping terbaik di Jateng ada di Temanggung.

Di Kabupaten Temanggung ini, kamu tidak hanya bisa merasakan sensasi seru berkemah. Pemandangan alam yang sangat asri membuat pengalaman campingmu jadi terasa menyenangkan. Penasaran? Berikut 10 rekomendasi tempat camping terbaik di Temanggung versi Napaktilas:

Ingin tahu lebih lanjut? Let’s dive right in!

1. Embung Kledung

Tempat Camping Di Temanggung Embung Kledung
Embung Kledung, Temanggung (sumber: instagram.com/tigadetik.id/)
LokasiJalan Raya Parakan – Wonosobo No.KM.12, Area Sawah, Kledung, Kec. Kledung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin – Minggu, 24 Jam
Harga paket camping» Rp15.000/orang (bawa tenda sendiri)
» Rp40.000/orang (sewa tenda kapasitas 2 orang)
» Rp50.000/orang (sewa tenda kapasitas 4 orang)
» Rp60.000/orang (sewa tenda kapasitas 6 orang)
» Rp10.000 (sewa matras) Rp10.000 (sewa lampu tenda)
» Rp10.000 (sewa kompor) Rp10.000 (sewa nesting)
» Rp15.000 (sewa sleeping bag) Rp15.000 (sewa gas)
» Rp15.000 (sewa kayu bakar)
Telepon+6285600001015
Rute menuju lokasi camping dari Temanggung27 menit (12.1 km) via Jl. Ajibarang Secang/Jl. Campur Salam/Jl. Raya Brengkok – Banjarnegara
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingPemandangan danau dan Gunung Sumbing, spot berfoto, pemandangan sunrise, pemandangan  danau dengan lampu berwarna-warni saat weekend

Nama Embung Klendung pastinya sangat populer di kalangan para penggiat camping. Di sini, kamu bisa menikmati keindahan embung atau danau buatan yang cantik. Danau ini dikelilingi oleh pepohonan rindang yang menyejukkan mata. Udara segar khas pegunungan juga terasa di sini. Tempat wisata ini memang berlokasi tepat di kaki Gunung Sindoro. Sehingga, sangat cocok bagi kamu yang ingin camping sekaligus menikmati keindahan alam pegunungan.

Akses menuju lokasi wisata memang berupa medan tanah dan cukup sempit. Sehingga hanya bisa dilalui oleh 1 mobil saja. Kamu jadi harus lebih bersabar dan bersiap untuk  mengalah saat melintasi medan tersebut. Untungnya, area parkir cukup luas. Parkir kendaraan pun jadi lebih mudah.

Untuk mencapai camping ground, kamu harus menaiki sejumlah anak tangga. Sesampainya di atas, kamu akan langsung disambut dengan pemandangan Danau Klendung yang tenang dan indah. Area camping berlokasi tidak jauh dari danau tersebut. Panorama Gunung Sumbing berdiri gagah di kejauhan. Jangan sampai melewatkan pemandangan sunrise yang sangat indah. Suasana yang tenang dengan iringan kicauan burung membuat suasana semakin syahdu.

Saat weekend, lampu berwarna-warni yang ada di sekitar danau dan camping ground akan menyala. Sehingga, akan membuat waktu akhir pekanmu jadi terasa makin meriah. Tapi, kamu sebaiknya booking spot terlebih dulu. Karena, di akhir pekan bisa dipastikan campground ini akan ramai sekali. Kamu bisa berfoto di beberapa instagramable spots yang ada di sekitar danau. Kamu juga bisa memberi makan berbagai ikan yang dipelihara di dalam danau tersebut.

Untuk tamu yang ingin berkemah, pihak pengelola sudah menyediakan beberapa fasilitas. Selain area camp yang sangat luas, kamu juga bisa mengakses toilet dan mushola. Jika kamu perlu sambungan listrik untuk isi ulang daya handphone, bisa langsung menuju ke bagian loket. Tidak perlu khawatir gadget akan tertukar atau hilang. Karena, kamu akan mendapatkan nomor yang sesuai dengan rak loket. Selain itu, tersedia juga beberapa warung yang menawarkan menu sederhana.    

2. Taman Wisata Alam Posong

Tempat Camping Di Temanggung Taman Wisata Alam Posong
Taman Wisata Alam Posong, Temanggung (sumber: instagram.com/tamanwisata_posong/)
LokasiTahap, Area Sawah, Tlahap, Kec. Kledung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin – Minggu, 04:00 – 16:30
Harga paket camping» Rp60.000/orang (sewa area saja, tenda dan perlengkapan camping bawa sendiri)
» Paket Tenda Ekonomi: Rp80.000/orang (sewa tenda, kasur, sleeping bag, penerangan)
» Paket Tenda Full Service: Rp150.000/orang (tenda, kasur, sleeping bag, akses penerangan, api unggun, snack, minuman, dan gratis makan 1x)
» Paket Ekonomi: Rp700.000/tenda (sewa tenda glamping kapasitas 6 – 7 orang, kasur, bantal, sleeping bag, api unggun, akses penerangan, minuman, dan spot charger)
» Paket Full-Service Family: Rp1.200.000/tenda (sewa tenda glamping kapasitas 6 – 7 orang, kasur, bantal, sleeping bag, api unggun, akses penerangan, gratis makan 1x, snack, minuman, dan spot charger)
Telepon
Rute menuju lokasi camping dari Temanggung45 menit (21.9 km) via Jl. Ajibarang Secang/Jl. Raya Brengkok – Banjarnegara/Jl. Raya Kedu
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingPemandangan pegunungan, pemandangan sawah dan perkebunan, live music, spot berfoto Instagramable

Taman Wisata Posong menawarkan keindahan sunrise yang memesona. Di sini juga jadi spot sempurna untuk menyaksikan keindahan rangkaian pegunungan Jawa Tengah. Mulai dari Gunung Sumbing, Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Ungaran, dan lain-lain. Selain sunrise, kamu juga bisa menikmati keindahan Milky Way di malam hari.

Hamparan sawah dan perkebunan tembakau semakin membuat suasana semakin asri. Lokasinya yang diapit Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing membuat hawa di sini sangatlah sejuk. Jangan lupa untuk mengenakan jaket yang cukup tebal. Supaya, kamu tidak kedinginan.

Akses menuju Taman Wisata Posong cukup mudah. Tempat wisata ini berada di dekat jalan utama yang sudah diaspal. Setelah tempat parkir kendaraan, kamu harus melintasi jalanan dengan medan berbatu yang cukup menanjak. Untungnya, jalan tersebut masih bisa diakses oleh mobil. Atau, kamu juga bisa membayar jasa ojek yang disediakan warga setempat.

Satu hal yang unik dari tempat wisata Posong ini adalah gerbang yang menyerupai gerbang pura. Camping ground di Taman Wisata Posong ini sangatlah luas dan hijau. Di sekelilingnya, terdapat pepohonan pinus yang tertata rapi. Kamu juga bisa menikmati pemandangan tanaman bunga yang berwarna-warni. Di beberapa titik, terdapat gazebo untuk bersantai dan spot berfoto instagramable. Fasilitas toilet, mushola, live music dan warung tersedia di sini.

Layout dari bumi perkemahan ini juga sangat menarik. Bentuknya yang seperti bukit berundak dilengkapi dengan saluran air. Hal tersebut dimaksudkan agar tenda tidak terendam air saat hujan lebat turun. Omong-omong soal tenda, kamu tidak harus membawa tenda dan perlengkapan camping dari rumah. Kamu bisa menyewa tenda beserta perlengkapan yang disediakan.

Atau, kamu juga bisa menikmati sensasi glamping dengan menyewa tenda yang tersedia. Harga yang ditawarkan untuk masing-masing paket camping sangat beragam. Kamu bisa tentukan sendiri sesuai budget. Dari segi bahan, tenda yang disewakan memiliki struktur yang sangat kokoh. Kain yang digunakan cukup tebal dengan kapasitas yang luas. Pastikan untuk melakukan  reservasi terlebih dulu, ya.

3. Embung Tlogopucang

Tempat Camping Di Temanggung Embung Tlogopucang
Embung Tlogopucang, Temanggung (sumber: instagram.com/elfrasatriyo/)
LokasiTlogopucang, Kandangan, Hutan, Tlogopucang, Kec. Temanggung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin- Minggu, 06:00 – 18:00
Harga paket campingRp20.000/orang
Telepon
Rute menuju lokasi camping dari Temanggung31 menit (17.3 km) via Jl. Raya Maron-Kandangan
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingPemandangan sunrise, pemandangan sunset, pemandangan embung

Temanggung memang memiliki sejumlah tempat wisata embung yang menarik. Salah satunya, adalah Embung Tlogopucang. Lokasi tempat wisata ini cukup tersembunyi dan berada di puncak bukit. Untuk mencapainya, kamu harus melalui jalan setapak yang sempit dan berbatu. Karena itu, rute ini hanya bisa dilalui oleh sepeda motor saja. Di sepanjang perjalanan, kamu akan dimanjakan dengan pemandangan pegunungan dan tumbuhan bunga hias berwarna-warni.

Setelah memasuki pintu gerbang, kamu akan langsung disambut dengan pemandangan embung yang sangat luas. Di sekitar embung dipagari dengan pagar kayu dan sejumlah tanaman berbunga. Sayangnya, tempat wisata ini kelihatan tidak terurus. Fasilitas yang tersedia sangatlah minim. Tidak terdapat fasilitas dasar, seperti toilet dan mushola Di sini juga tidak tersedia tempat berteduh, warung makanan serta minuman, maupun spot berfoto.

Namun, kamu bisa mendirikan tenda di camping ground yang tersedia. Area camping cukup luas. Namun, tidak ada tempat persewaan tenda dan perlengkapan untuk berkemah. Jika kamu ingin camping di sini, maka harus membawa sendiri perlengkapan untuk mendirikan tenda dan sebagainya. Selain itu, akses penerangan juga tidak tersedia. Jadi, jangan lupa untuk membawa serta penerangan jika dibutuhkan.

Ada satu alasan kenapa kamu harus camping paling tidak sekali di sini. Karena, hanya dengan cara itulah kamu bisa menyaksikan pemandangan sunrise dan sunset. Di sini, kamu memang bisa menikmati keduanya. Dipadukan dengan pemandangan embung dan pepohonan sekitarnya membuat kamu bisa menyaksikan pemandangan alam terindah.

Embung Tlogopuncang sebenarnya memang tidak dibangun untuk tujuan pariwisata. Danau buatan ini dibuat untuk menampung air untuk irigasi persawahan warga. Akan tetapi, pemandangan matahari terbit dan tenggelam di sini memang sangat indah. Udara di embung ini juga sangat sejuk, terutama di sore hari. Sehingga, tak heran jika tempat ini dijadikan sebagai tempat melepas lelah bagi warga lokal.

4. Sunrise Camp Gunung Sindoro

Tempat Camping Di Temanggung Sunrise Camp Gunung Sindoro
Sunrise Camp Gunung Sindoro, Temanggung (sumber: instagram.com/mutiaranfl/)
LokasiArea Hutan, Kwadungan Gn., Kec. Kledung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin – Minggu, 24 Jam
Harga paket campingRp15.000/orang
Telepon
Rute menuju lokasi camping dari Temanggung41 menit (21.0 km) via Jl. Ajibarang Secang/Jl. Raya Brengkok – Banjarnegara/Jl. Raya Kedu
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingPemandangan sunrise, pemandangan sunset, pemandangan gunung

Buat hikers, Gunung Sindoro pastinya jadi objek pendakian yang harus ditaklukkan. Bagi kalian yang ingin dapat pengalaman  terbaik, sebaiknya mendaki dari rute Kledung. Kamu akan melewati pos Sunrise Camp. Lokasi pos ini berada di atas post camp 3 Gunung Sindoro. Di sini juga merupakan batas akhir untuk pendaki yang ingin mendirikan tenda.

Rute menuju pos pendakian ini cukup menantang. Kamu harus mendaki medan yang cukup menanjak yang terdiri dari berbatuan besar dan tanah. Di beberapa area, rute menjadi sedikit sulit dan membutuhkan perjuangan lebih. Pendakian dari pos 1 hingga Sunrise Camp membutuhkan waktu kurang lebih 4 – 5 jam. Bahkan, bisa jadi waktu yang ditempuh lebih lama dari itu. Itu semua bergantung dari banyaknya peserta pendakian dan kondisi fisik masing-masing. Jadi, pastikan kondisi fisikmu sangat sehat.

Sepanjang perjalanan menuju Sunrise Camp, kamu dapat menikmati pemandangan hutan yang sangat rimbun. Hutan di Gunung Sindoro merupakan habitat dari babi hutan liar. Jadi, jangan kaget kalau kamu berpapasan dengan mereka. Tapi, kamu tidak perlu khawatir. Karena, babi hutan tersebut tidak akan mengganggumu. Hanya saja, pastikan kamu tidak membuang sisa-sisa makanan sembarangan.  

Rasa lelahmu selama mendaki akan langsung terbayar setelah sampai di Sunrise Camp. Pos pendakian ini sangatlah luas dan di keliilingi dengan pohon pinus yang cukup lebat. Kamu bisa mendirikan tenda dan bermalam di sini untuk menunggu sunrise. Dari ketinggian 2423 mdpl, kamu bisa menyaksikan pemandangan matahari terbit yang sangat cantik. Terlebih lagi, dengan pemandangan Gunung Sumbing dan rangkaian  gunung lainnya yang diselimuti awan.

Sayangnya, di Sunrise Camp tidak terdapat warung makanan maupun fasilitas lainnya. Sehingga, sebaiknya kamu sudah melengkapi perbekalan saat masih berada di Pos 3. Udara di pos pendakian ini juga cukup dingin di malam hari. Jadi, sebaiknya kamu membawa jaket yang cukup tebal.    

5. Wisata Alam Sewu

Tempat Camping Di Temanggung Wisata Alam Sewu
Wisata Alam Sewu, Temanggung (sumber: MbahMbel TV)
LokasiArea Sawah, Giripurno, Kec. Ngadirejo, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin – Jumat, 08:00 – 17:00 Sabtu, 08:00 – 22:00 Minggu, 05:00 – 17:00
Harga paket campingRp5.000/orang
Telepon
Rute menuju lokasi camping dari Temanggung33 menit (21.1 km) via Jl. Parakan Weleri/Jl. Sukorejo – Parakan
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingPemandangan perkebunan tembakau, pemandangan sunrise, pemandangan sunset, permainan ayunan, live music, pertunjukan seni.

Ingin menikmati keindahan alam Temanggung tanpa harus mendaki gunung? Taman Wisata Alam Sewu ini menjadi pilihan yang pas. Tempat wisata ini bagaikan surga tersembunyi yang ada di Kabupaten Tumenggung.

Akses jalan menuju tempat ini memang sangat terjal dan banyak tanjakan. Selain itu, kondisi jalanan yang belum diaspal mempersulit wisatawan yang ingin berkunjung. Dikarenakan itu, kamu sebaiknya tidak menggunakan sepeda motor atau mobil matic. Jangan lupa, pastikan kendaraanmu dalam kondisi prima.

Lokasi Wisata Alam Sewu Temanggung berada di kaki Gunung Sindoro dan di tengah-tengah perkebunan tembakau. Di sekitarnya, terdapat ribuan pohon hijau menjulang yang menambah kesejukan. Nama Alam  Sewu memang merujuk pada ribuan pohon yang tumbuh di lokasi tersebut.

Berada di ketinggian 800 mdpl, kamu bisa menyaksikan pemandangan indah dari dataran Ngadirejo. Selain itu, pemandangan rangkaian gunung juga terlihat jelas tanpa halangan apa pun. Kamu bisa menyaksikan keindahan Gunung Sindoro, Gunung Kendil, Gunung Ungaran, dan sebagainya. Di sini, kamu juga bisa menyaksikan keindahan sunrise lengkap dengan lautan awan yang indah. Bahkan, kamu juga bisa menyaksikan keindahan sunset. Udara yang sejuk dan minim polusi tentunya akan membuatmu merasa betah.

Camping ground yang disediakan di sini cukup luas dan terawat. Dari segi fasilitas pun sudah cukup lengkap. Kamu bisa mendapatkan akses toilet dan mushola. Selain itu, terdapat juga café kopi yang menghidangkan aneka sajian kopi dan non-coffee kekinian. Di area yang sama terdapat 5 unit gazebo untuk bersantai.

Ada juga sejumlah spot berfoto dan ayunan yang bisa kamu pakai untuk mendapatkan foto berkesan. Kalau beruntung, kamu bahkan bisa menyaksikan ritual pelepasan lampion yang dilakukan tiap tahun oleh warga setempat. Di waktu tertentu, kamu juga bisa menyaksikan pertunjukan kuda lumping di fasilitas teater outdoor mini yang tersedia. Selain itu, beberapa pemusik juga kerap mengadakan live music di sini. Harga tiket masuk yang terjangkau membuat tempat wisata ini cocok untuk  lokasi camping hemat.

6. Sidempul Camping Ground Bansari

Tempat Camping Di Temanggung Sidempul Camping Ground Bansari
Sidempul Camping Ground Bansari, Temanggung (sumber: instagram.com/sindoroviabansari/)
LokasiUnnamed Road Bansari Bansari, Sawah, Bansari, Kec. Bansari, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin – Minggu, 24 Jam
Harga paket campingRp5.000/orang
Telepon081774174995
Rute menuju lokasi camping dari Temanggung39 menit (18.7 km) via Jl. Temanggung Bulu
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingPemandangan Gunung Sumbing, pemandangan Gunung Sindoro, spot berfoto

Kalau kamu mendaki Gunung Sindoro lewat rute Bansari, pastinya akan melewati pos camping ini. Camping ground Sidempul memang merupakan bumi perkemahan sekaligus pos pertama dari Gunung Sindoro. Pos pendakian ini memiliki area camping yang sangat luas dan ditumbuhi ilalang. Di beberapa titik, terdapat sejumlah bangunan permanen dan semi-permanen.

Area ini didominasi oleh pohon pinus dan pohon kayu keras lainnya. Selain itu, kamu juga bisa menemukan tanaman khas pegunungan lainnya, seperti Kolokucet dan Sendong Merah yang tumbuh bebas di sini. Camping ground yang dikelola oleh Perhutani ini berbatasan langsung dengan lahan pertanian warga. Udara sejuk dan suasana yang tenang membuatnya menjadi spot sempurna untuk camping dan piknik.

Dari segi fasilitas, kamu tidak perlu khawatir. Karena, pihak pengelola sudah menyediakan sejumlah fasilitas yang memadai. Fasilitas toilet memiliki sambungan air yang jernih dan pastinya bersih. Selain itu, terdapat juga fasilitas mushola berbentuk bangunan gerobak yang sangat unik. Kamu juga bisa memanfaatkan bangunan yang difungsikan sebagai tempat berteduh.

Berada di ketinggian 1.576 mdpl, camping ground Sidempul ini menjadi spot sempurna untuk menyaksikan sunrise. Ditambah lagi dengan lautan awan yang menyelimuti rangkaian pegunungan yang terlihat. Kamu jadi serasa berada di atas negeri awan. Selain itu, terdapat sejumlah spot berfoto untuk mencetak kenangan. Ada beberapa photo spot yang terbuat dari botol minuman plastik yang sangat unik.

Camping ground Sidempul sudah pasti menjadi destinasi camping yang harus dicoba. Namun, akses menuju lokasi camping ini memang masih sulit. Medan yang harus kamu lalui didominasi dengan permukaan jalan yang berbatu. Selain itu, rute yang cukup menanjak membuatmu harus lebih berhati-hati saat berkendara. Di sini juga tidak tersedia warung makanan. Jadi, kamu harus membawa perbekalan sendiri. Begitu pula, dengan tenda dan perlengkapan camping harus kamu bawa sendiri dari rumah.

Catatan: Jika camping ground Sidempul belum sesuai style campingmu, kami punya rekomendasi tempat camping terbaik di Jawa Tengah lainnya. Tertarik? Temukan selengkapnya di sini.

7. Wisata Sedadap

Tempat Camping Di Temanggung Wisata Sedadap
Wisata Sedadap, Temanggung (sumber: instagram.com/ffebriansyah/)
LokasiArea Hutan, Kwadungan Gn., Kec. Kledung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin – Minggu, 24 Jam
Harga paket camping» Rp15.000/orang (minimal 7 orang)
» Rp35.000/hari (sewa tenda)
» Rp10.000/hari (sewa sleeping bag)
» Rp10.000/hari (sewa kompor kavlar)
» Rp10.000/hari (sewa lampu tenda)
» Rp5.000/hari (sewa matras)
Telepon088225274514
Rute menuju lokasi camping dari Temanggung45 menit (22.1 km) via Jl. Ajibarang Secang/Jl. Raya Brengkok – Banjarnegara/Jl. Raya Kedu
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingPemandangan sunrise, pemandangan lautan awan, pemandangan Milky Way, spot berfoto instagramable, flying fox.

Sedadap camping ground menjadi lokasi yang tepat bagi Anda yang ingin menikmati keindahan sunrise di Temanggung. Kamu tidak perlu mendaki gunung terlalu tinggi agar bisa menikmati sunrise dan lautan awan. Pihak pengelola juga sudah melakukan betonisasi muai dari jalan raya hingga lokasi parkir kendaraan. Dengan demikian, baik mobil maupun sepeda motor dapat melintasi rute menuju camping ground dengan  mudah.

Untuk sampai ke camping ground, kamu harus trekking melewati jalan setapak berbatu Tapi, medan yang tidak terlalu menanjak membuat kegiatan trekking aman untuk pemula  sekalipun. Di sisi kanan dan kiri jalan ditumbuhi dengan pepohonan lebat nan menjulang. Udara pegunungan yang teramat sejuk juga membantu agar tubuhmu tidak mudah lelah. Kamu bahkan bisa mendengar celoteh burung yang semakin membuat suasana khidmat.

Sesampainya di campground, kamu bisa langsung mendirikan tenda. Area campground cukup luas dan bisa muat hingga puluhan tenda. Di beberapa titik terdapat gazebo sederhana yang dibangun oleh warga untuk tempat berteduh. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan platform yang terbuat dari anyaman kayu untuk berfoto-foto ria. Untuk menambah keseruan, kamu juga bisa bermain flying fox di sini

Dari ketinggian 1.800 mdpl, pemandangan kebun tembakau terlihat sangat memukau. Di kejauhan, Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, dan barisan gunung lainnya kelihatan sangat jelas. Di malam hari, kamu bisa menyaksikan keindahan Kota Tumenggung dan pastinya Milky Way. Pemandangan sunrise dan lautan awan sungguh sangat wajib untuk diabadikan.

Wisata Sedadap ini masih terbilang sangat baru. Sehingga, akses fasilitas pun masih belum lengkap. Di sini masih belum tersedia akses air bersih, toilet, maupun mushola. Kamu juga tidak akan menemukan warung di sini. Jadi, sebaiknya kamu membeli makanan dan minuman sebelum mulai mendaki ke camping ground.

Tempat camping di Tumenggung cukup beragam, bukan? Kamu bisa dengan mudah menemukan lokasi berkemah yang sempurna untuk mengagumi keindahan alam. Beberapa tempat mungkin memang masih belum memiliki fasilitas yang memadai. Namun, jangan jadikan itu sebagai penghalang untuk mengeksplorasi keindahannya. Jadi, adakah rekomendasi tempat camping di Tumenggung di atas yang belum kamu kunjungi?

Baca lebih lanjut: 10 Tempat Camping Terbaik di Magelang yang Lagi Hits (2022) »

Leave a Comment