Cara Menghilangkan Bau Sepatu Gunung

Tahukah kamu bahwa ada 250 ribu kelenjar keringat di setiap kakimu. Dengan jumlah sebanyak itu, kaki bisa menghasilkan 100-500ml keringat setiap harinya. Jika di dalam sepatu gunung terdapat bakteri, si bakteri akan memecah  protein dari keringat hingga menghasilkan asam. Zat asam dari protein inilah yang menimbulkan bau busuk yang menyengat dari dalam sepatu gunung.

Lalu, bagaimana cara untuk menghilangkan bau sepatu gunung? Pertama, bunuh bakteri yang ada di kaos kaki dan sepatu gunung. Kedua, jangan biarkan sepatu gunung lembab karena keringat. Logika dasarnya paham ya? Nah, pada artikel ini, kami akan membagikan 5 cara menghilangkan bau pada sepatu gunung:

Untuk tahu lebih jauh tentang detail metodenya, simak pembahasan dari Napaktilas di bawah ini.

1. Cuci sepatu gunung sampai bersih dengan cairan antibakteri

Cara menghilangkan bau sepatu gunung yang akan kami bahas pertama adalah mencuci sepatu. Pada awal artikel, kami sudah menjelaskan bahwa di setiap kaki pendaki ada 250 ribu kelenjar keringat. Apabila kamu mendaki selama 2 hari 1 malam, sepatu gunung akan sangat lembab dan basah karena menampung banyak keringat dari kaki pendaki.

Bagian paling banyak menangkap keringat adalah kaos kaki, insole sepatu dan dinding sepatu bagian dalam. Nah, untuk menghilangkan bau di dalam sepatu, kamu perlu mencuci kaos kaki, insole sepatu dan bagian dalam sepatu gunung.

Cara menghilangkan bau sepatu gunung dengan cara mencuci bagian dalam sepatu dengan cairan antibakteri:

  • Pertama, lepas semua tali sepatu dan insole sepatu.
  • Kedua, rendam tali sepatu dan insole sepatu ke dalam air yang sudah di kasih detergen antibakteri. Setelah itu, cuci tali sepatu dan insole sampai bersih dan angin-anginkan sampai kering
  • Ketiga, jika tidak kemasukan lumpur, kamu tidak perlu merendam bagian dalam sepatu dengan air. Sebagai gantinya, bersihkan saja dengan sikat gigi dan kain lap yang dibasahi air. Setelah kotoran yang ada di dalam sepatu bersih, segera keringkan dengan kain lap yang bersih.
  • Keempat, tuangkan sabun antibakteri yang lembut (mild) ke dalam air hangat. Pakai air tersebut untuk mengelap bagian dalam sepatu gunung. Ulangi beberapa kali, tapi jangan sampai terlalu basah.
  • Kelima, angin-anginkan sampai kering.
  • Terakhir, simpan sepatu di tempat yang kering.

Catatan: Kami merekomendasikan sabun cair antibakteri mild dengan pengenceran di air hangat. Kamu bisa pakai sabun Lifebuoy atau Dettol. Di mana, sabun cair dapat menghapus sisa lapisan minyak dari keringat yang tertinggal, sekaligus membunuh bakteri di dalam sepatu gunung. Dengan begitu, sepatu gunung tidak bau lagi.

2. Buka tali sepatu gunung dan semprotkan desinfectant spray

Jika kamu malas mencuci sepatu dengan metode pertama, ada cara lain untuk menghilangkan bau sepatu gunung. Tapi, kamu perlu membeli beberapa perlengkapan terlebih dahulu:

  • Pertama, desinfectant spray.
  • Kedua, kain lap dengan tekstur yang lembut.

Desinfectant spray adalah cairan yang dirancang khusus untuk membunuh bakteri yang bikin sepatu bau. Beberapa merek desinfectant spray yang kami rekomendasikan, diantaranya:

  1. 10-Seconds Shoe Disinfectant & Deodorizer.
  2. Rocket Pure Natural Deodorizer Spray.
  3. FunkAway Odor Eliminator Spray.

Jika kamu kesulitan mendapatkan ketiga produk tersebut, kamu dapat menggunakan Saniter Fabric Disinfectant Spray. Harganya sekitar Rp21.000.

Untuk kain, pastikan kain yang permukaannya halus ya. Jangan kain bekas atau kain kotor. Karena kita ingin menghilangkan bakteri, bukan menambah bakteri. Hehe.

Setelah semua persiapan sudah ada, saatnya menghilangkan bau sepatu dengan desinfectant spray.

  • Pertama, lepas tali sepatu gunung dan keluarkan insole sepatu.
  • Kedua, semprot tali sepatu, insole dan bagian dalam sepatu dengan desinfectant spray. Biarkan beberapa menit.
  • Ketiga, bersihkan dengan kain lap bertekstur halus yang sudah disiapkan. Usap dengan lembut dan bersihkan secara perlahan.
  • Keempat, ulangi lagi proses 2-3. Semprot desinfectant, diamkan, bersihkan. Minimal 2x.
  • Kelima, semprotkan secara tipis cairan desinfectant pada insole dan bagian dalam sepatu dan angin-anginkan sampai kering.
  • Terakhir, pasang kembali insole dan tali sepatu, kemudian simpan sepatu di tempat lemari sepatu.

Catatan: Terkadang ada bakteri penyebab bau sepatu yang ada di dalam mesh sepatu yang tidak terkena cairan desinfectant. Dengan begitu, kamu perlu melakukan pengecekan setiap sebulan sekali.

3. Usap lapisan mesh di dalam sepatu dengan cairan antiseptik (isopropyl alcohol 70-90%)

Cairan antiseptik isopropyl alkohol dengan kadar 70-90% tidak hanya ampuh untuk membunuh bakteri dan kuman di tangan. Kamu juga dapat menggunakannya untuk menghilangkan bau sepatu gunung. Ini karena isopropyl alkohol mampu membunuh bakteri dengan cara merusak lapisan lemak di tubuh bakteri secara cepat.

Untuk mencoba metode ini, kamu perlu menyiapkan beberapa bahan terlebih dahulu.

  1. Isopropyl alkohol dengan kadar 70-90%. Kamu dapat membelinya di toko kimia atau apotik.
  2. Kain lap bersih.
  3. Bedak bayi.

Cara menghilangkan bau sepatu gunung dengan cairan isopropyl alkohol sangat mudah.

  • Pertama, teteskan isopropyl alkohol ke dalam air dengan perbandingan 1:3. Di mana, 1 bagian untuk air dan 3 bagian untuk isopropyl alkohol.
  • Kedua, lepaskan tali sepatu dan insole sepatu gunung.
  • Ketiga, masukkan kain lap bersih ke dalam larutan isopropyl alkohol yang sudah dibuat. Setelah itu, usapkan secara perlahan ke bagian insole dan dinding bagian dalam sepatu gunung.
  • Keempat, lakukan pengaplikasian larutan isopropyl alkohol 2-3 kali.
  • Kelima, angin-anginkan sepatu gunung sampai kering sempurna.
  • Terakhir, pasang kembali insole dan tali sepatu gunung. Kemudian, taburkan bedak bayi ke dalam sepatu untuk menghilangkan bau isopropyl alkohol yang tersisa. Selesai.

4. Masukkan zat adsorber yang mampu menyerap bau ke dalam sepatu

Cara menghilangkan bau sepatu gunung selanjutnya adalah dengan memasukkan zat adsorber penyerap bau. Metode ini lumayan efektif untuk menghilangkan bau sepatu gunung dalam waktu satu malam, tapi tidak dapat membunuh bakteri.

Kamu perlu menyiapkan beberapa alat dan bahan untuk mencoba metode ini.

  1. Zat adsorber: baking soda, bubuk kopi hitam, arang aktif, teh, zeolit. Kamu boleh memilih salah satunya.
  2. Tissu kering yang agak besar.
  3. Tali pengikat.

Zat adsorber adalah senyawa kimia yang dapat menyerap bau tidak sedap dilingkungannya. Dan mengikatnya secara langsung. Ada banyak jenis adsorber untuk penghilang bau, misalnya: baking soda, bubuk kopi hitam, arang aktif, teh, zeolit. Kami akan mencontohkan memakai baking soda ya. Karena kamu mudah mendapatkan baking soda di toko kue. Beli aja yang kualitas premium.

Cara menghilangkan bau sepatu gunung dengan adsorber kimia:

  • Pertama, lembarkan tissu kering di meja.
  • Kedua, tuangkan 3-5 sendok baking soda/soda kue.
  • Ketiga, tangkupkan setiap ujung-ujung dari tissu yang berisi baking soda dan bungkus erat-erat. Bentuknya nanti seperti permen pentol/permen lolipop. Di mana, baking soda adalah bagian kepalanya.
  • Keempat, pelintir bagian ekor tissu agar baking soda tidak tumpah. Setelah itu ikat bagian bawah kepala dengan tali agar baking soda tidak tumpah. Bentuk akhirnya seperti boneka teru teru bozu ala jepang.
  • Kelima, buat 5-10 adsorber. Dan masukkan ke dalam sepatu gunung.
  • Keenam, diamkan selama semalam agar baking soda menyerap semua bau tidak sedap di dalam sepatu.
  • Terakhir, periksa setelah 1×24 jam. Jika sepatu gunung sudah tidak bau, maka usahamu berhasil. Selamat ya!

Catatan: Biarpun teknik ini terlihat dapat menghilangkan bau dalam sekejap, tapi bakteri di dalam sepatu belum mati. Saat zat adsorber kamu hilangkan, sepatu gunung bisa kembali bau. Dengan begitu, kamu harus terus menaruh zat adsorber di dalam sepatu gunung sampai sepatu gunung kamu pakai untuk mendaki.

5. Metode kombinasi

Dari pengalaman kami merawat sepatu gunung bermerek, kami menemukan metode untuk menghilangkan bau sepatu gunung dengan cepat. Metode ini sebenarnya penggabungan dari beberapa metode di atas, jadi kita sebut saja metode kombinasi.

Konsep dasarnya seperti ini:

  • Pertama, bunuh bakteri di insole dan dinding sepatu gunung dengan desinfectant spray. Kami merekomendasikan untuk menggunakan desinfectant spray nano silver.
  • Kedua, masukkan produk penyerap bau sepatu di dalam sepatu gunung sebelum di simpan. Kami merekomendasikan untuk memakai produk Bagus Anti Bau.
  • Ketiga, siapkan container plastik berukuran 50L untuk tempat menyimpan sepatu. Sebelum memasukkan sepatu, tuangkan silika gel ke dalam container box. Untuk ukuran container box 50L, kamu bisa memakai 1/2kg silika gel.
  • Terakhir, masukkan sepatu dan tutup dengan rapat. Bau sepatu gunung akan hilang dan siap kamu pakai untuk pendakian berikutnya.

Semoga paham ya! Hehe.

Catatan: Kenapa kami merekomendasikan menyimpan sepatu gunung di container box plastik dengan tambahan silika gel? Tujuannya adalah untuk membuat lingkungan penyimpanan yang kering, dan tidak lembab. Silika gel berfungsi untuk menyerap kelembaban udara di sekelilingnya. Dengan begitu, lingkungan di dalam container box menjadi kering dan bersih, sehingga tidak ada bakteri dan jamur yang tumbuh.

Bonus: Tips agar sepatu gunung tidak mudah bau:

  • Pertama, selalu membersihkan kaki dengan sabun sebelum dan sesudah memakai sepatu gunung.
  • Kedua, selalu ganti kaos kaki gunung apabila sudah kotor atau basah karena keringat.
  • Ketiga, selalu bersihkan sepatu gunung setelah dipakai mendaki. Dan lakukan perawatan sepatu gunung dengan salah satu metode untuk menghilangkan bau pada sepatu gunung di atas.

Akhir kata, dari kelima cara menghilangkan bau pada sepatu gunung di atas, mana metode favoritmu? Atau mungkin kamu punya metode yang lebih baik? Yuk, saling bertukar pikiran melalui kolom komentar. Segera berkomentar ya, saya tunggu! Hehe.

Baca lebih lanjut: Tips Merawat Sepatu Gunung »

Previous Article

10 Pantai Terindah di Tulungagung yang Lagi Hits (2021)

Next Article

10 Rekomendasi Pantai Terindah di Pacitan yang Memesona

Tinggalkan komentar