10 Pantai Terindah di Bantul yang Lagi Hits (2021)

Bantul merupakan wilayah di selatan Yogyakarta yang memiliki pesisir pantai yang cantik. Pantai yang ada di Bantul mayoritas memiliki ombak besar dengan bibir pantai yang dipenuhi pasir berwarna coklat hingga kehitaman.

Biarpun tidak semua pantainya memiliki pasir putih, tapi pantai di Bantul memiliki pemandangan yang cantik, lho. Apabila kamu sedang berlibur ke Bantul atau ke Jogja, sangat nggak afdol jika nggak maen ke pantai di Bantul. Berikut 10 rekomendasi pantai terindah di Bantul untuk mengisi liburan:

Ingin tahu lebih detail tentang keindahan pantai-pantai di Bantul? Yuk, lanjut baca.

1. Pantai Goa Cemara

Pantai Bantul Pantai Goa Cemara
Pantai Goa Cemara, Bantul (sumber: instagram.com/tnadinugroho/).
LokasiJl. Lintas Sel, Patihan, Gadingsari, Sanden, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 24 jam.
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000.
Rute menuju tempat wisata dari kota BantulDari Pusat Kota Yogyakarta: 47 menit (29,6 km) via Jl. Bantul dan Jl. Samas. 48 menit (30,5 km) via Jl. Samas. 50 menit (32,4 km) via Jl. Parangtritis.
Fasilitas wisata di sekitar pantaiMusala.Panggung kesenian. Area parkir. ToiletKamar mandi. Kantor secretariat. Pos keamanan terpadu.  
Rating4.3/5 dari 13.644 ulasan Google.

Pantai Goa Cemara merupakan salah satu pantai terpopuler di Bantul, Yogyakarta. Pantai ini tidak hanya menyajikan keindahan alam terutama saat sunset, tapi juga memiliki:

  • Taman kayu.
  • Tempat outbound.
  • Area berkemah.
  • Pasar tradisional.
  • Konservasi penyu.

Banyaknya pilihan atraksi menarik, memungkinkan kamu untuk melakukan berbagai kegiatan di Pantai Goa Cemara. Selain itu, kamu bisa menyewa kuda atau ATV dengan biaya terjangkau sekitar Rp30.000-40.000.

Ada pula mercusuar setinggi 40 meter. Kamu bisa menikmati keindahan Pantai Goa Cemara dari atas, tapi, kamu harus sabar karena pengunjungnya terbatas. Kalau kamu sudah capek, kamu bisa beristirahat di warung makan atau menggelar tikar di bawah pepohonan cemara yang rindang.

Jalanan untuk sampai ke Pantai Goa Cemara sudah halus. Karena hal tersebut, kamu bisa ke pantai ini dengan motor, mobil atau bus sekalipun.

For your information, Pantai Goa Cemara kerap kali dijadikan sebagai tempat untuk pre-wedding. Jadi, kalau kamu merencanakan untuk pre-wedding, Pantai Goa Cemara bisa kamu masukkan ke list tempat yang akan kamu gunakan.

2. Pantai Depok

Pantai Bantul Pantai Depok
Pantai Depok, Bantul (sumber: instagram.com/pradyatama_mw2/).
LokasiParangtritis, Pantai, Parangtritis, Kretek, Bantul, Yogyakarta (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 24 jam.
Harga tiket masuk (HTM)Rp10.000.
Rute menuju tempat wisata dari kota BantulDari Pusat Kota: 50 menit (29 km) via Jl. Parangtritis. 54 menit (31,5 km) via Jl. Imogiri Barat dan Jl. Parangtritis. 57 menit (29,7 km) via Jl. Parangtritis dan Jl. Pantai Depok.
Fasilitas wisata di sekitar pantaiKamar mandi dan toilet. Area parkir.Warung makan. Spot foto. Laguna Pantai Depok. Penyewaan wahana, seperti ATV. Musala.
Rating4.3/5 dari 11.014 ulasan Google.

Berbeda dari pantai lainnya di Jogja, Pantai Depok tidak hanya menghadirkan keindahan pantai tapi juga aneka seafood. Ini karena masyarakat di Pantai Depok dan sekitarnya bermata pencaharian sebagai nelayan. Jadi, jangan heran kalau di sekitar Pantai Depok banyak rumah makan dengan menu seafood dan tempat lelang seafood.

Bagaimana dengan harganya? Harga seafood di Pantai Depok cukup terjangkau. Karena hal tersebut, rasanya akan lebih seru kalau liburan ke Pantai Depok beramai-ramai, misalnya bersama keluarga.

Kalau kamu ke Pantai Depok, kamu bisa langsung melihat area parkir yang luas dan merasakan deru ombak yang deras. Kamu pun akan melihat kapal nelayan yang berlabuh di pantai.

Di area pantai, kamu bisa melihat deretan warung makan dengan sajian seafood. Sembari menunggu/sebelum/sesudah makan, kamu bisa berfoto, bermain pasir atau bermain air. Namun, sebaiknya tidak berenang karena Pantai Depok memiliki ombak yang besar.

Jadi, kalau kamu mau menikmati suasana pantai sambil merasakan olahan seafood, Pantai Depok bisa jadi pilihan.

3. Pantai Parangtritis

Pantai Bantul Pantai Parangtritis
Pantai Parangtritis, Bantul (sumber: instagram.com/aliluthfiassegaf/).
LokasiJl. Pantai Parangkusumo, Pantai Parangtritis, Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 24 jam.
Harga tiket masuk (HTM)Rp10.000.
Rute menuju tempat wisata dari kota BantulDari pusat kota: 50 menit (26,6 km) via Jl. Parangtritis. 55 menit (29,1 km) via Jl. Imogiri Barat dan Jl. Parangtritis.
Fasilitas wisata di sekitar pantaiKamar mandi dan toilet. Penyewaan wahana seperti ATV. Area parkir. Warung makan. Toko oleh-oleh. Penginapan. Peminjaman payung dan tikar. Pos keamanan. Musala.
Rating4.5/5 dari 9.961 ulasan Google.

Pantai Parangtritis merupakan salah satu pantai yang paling terkenal di Yogyakarta. Tidak sedikit wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta, yang menyempatkan diri untuk berkunjung ke pantai ini.

Memangnya ada apa di Pantai Parangtritis? Apa istimewanya?

Selain legenda Nyi Roro Kidul, pantai berpasir hitam dan berombak besar ini memiliki spot sunset yang indah. Belum lagi, ada banyak hal yang bisa kamu lakukan di Pantai Parangtritis, seperti:

  • Berfoto.
  • Berkuda.
  • Menyewa dan menaiki jeep dan ATV.
  • Bermain air di pinggir pantai atau mandi di pemandian Parangwedang.
  • Bermain pasir. 
  • Surfing.
  • Paralayang.

Selain itu, Pantai Parangtritis punya keunikan seperti:

  • Berbatasan langsung dengan Samudra Hindia dan tak memiliki karang. Alhasil, pemandangan laut di Pantai Parangtritis terlihat lebih luas.
  • Adanya palung di tepian laut yang memiliki gelombang tenang dan tanpa buih.

Jadi, tertarik untuk liburan ke Pantai Parangtritis? Kalau iya, masukkan ke daftar objek wisata yang akan kamu kunjungi saat ke Yogyakarta ya!

4. Pantai Baru

Pantai Bantul Pantai Baru
Pantai Baru, Bantul (sumber: instagram.com/merchybergia/).
LokasiNgentak, Poncosari, Srandakan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 24 jam.
Harga tiket masuk (HTM)Rp4.000.
Rute menuju tempat wisata dari kota BantulDari pusat kota: 1 jam 2 menit (32,6 km) via Jl. Srandakan.
Fasilitas wisata di sekitar pantaiPenyewaan wahana seperti ATV. Warung makan. Toilet dan kamar mandi. Musala. Area parkir luas.
Rating4.3/5 dari 7.970 ulasan Google.

Sesuai namanya, Pantai Baru, pantai ini terbilang cukup baru di Yogyakarta. Pantai yang ada di sepanjang sisi selatan Yogyakarta ini memiliki pasir hitam dan ombak yang cukup besar.

Sesampainya di Pantai Baru, ada ikon macan dan hiu tutul. Memasuki area pantai, kamu akan menemukan area parkir luas, warung makan dengan aneka seafood terutama udang dan pohon cemara. Suasana yang rindang akan membuat kamu betah.

Kamu bisa menyewa atau menggelar tikar sambil menikmati olahan seafood. Kalau kamu bosan, kamu bisa menyewa ATV, bermain air atau pasir yang di Pantai Baru. Jadi, kamu bisa liburan dengan nyaman bersama keluarga atau teman.

Kalau kamu merasa kurang nyaman bermain air di pantai, kamu bisa bermain air di area kolam air tawar. Uniknya, kolam air tawar ini dibuat dengan memanfaatkan teknik aquaponik.

Selain aquaponik, ada hal unik lain yang akan kamu temukan di Pantai Baru, yaitu kincir angin. Tiang kincir angin di lahan seluas 4.000 m2 ini menjadi wisata edukasi energi terbarukan PLTH (pembangkit listrik tenaga hybrid).

Jadi, kamu bisa liburan sekaligus belajar tentang PLTB yang ada di Pantai Baru.

5. Pantai Parangkusumo

Pantai Bantul Pantai Parangkusumo
Pantai Parangkusumo, Bantul (sumber: instagram.com/rizky_yz/).
LokasiJl. Pantai Parangkusumo, Pantai, Parangtritis, Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 24 jam.
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000.
Rute menuju tempat wisata dari kota BantulDari pusat kota: 43 menit (28,5 km) via Jl. Parangtritis. 48 menit (31 km) via Jl. Imogiri Barat dan Jl. Parangtritis. 50 menit (29,2 km) via Jl. Bantul dan Jl. Parangtritis.
Fasilitas wisata di sekitar pantaiArea parkir luas. Toilet. Musala. Spot foto.  Kolam renang.Penyewaan wahana seperti ATV.
Rating4.6/5 dari 65 ulasan Google.

Pantai Parangkusumo di Yogyakarta tidak hanya terkenal eksotis tapi juga mistis. Ini karena di Pantai Parangkusumo terdapat petilasan Panembahan Senopati. Bahkan, ada Batu Cinta yang konon menjadi tempat pertemuan antara Kanjeng Ratu Kidul dengan Panembahan Senopati.

Selain itu, pantai berpasir hitam dan berombak besar ini juga menjadi tempat untuk penyelenggaraan upacara sakral, seperti:

  • Melasti.
  • Tirakatan.
  • Semedi.
  • Labuhan alit.

Pelaksanaan upacara seperti labuhan alit menjadi daya tarik wisata tersendiri di Pantai Parangkusumo. Bahkan, tidak sedikit wisatawan yang datang hanya karena ingin melihat upacara yang berlangsung saat masuk bulan Ruwah.

Bagaimana dengan kondisi alamnya?

Pantai Parangkusumo memiliki pasir coklat dan hitam. Area pantai yang cukup luas memungkinkan kamu untuk beraktivitas di pantai, misalnya membuat istana pasir dan bermain ATV.

Saat sore hari terutama di bulan Juni-Agustus, kamu bisa menikmati keindahan sunset yang tak terlupakan. Kalau kamu beruntung, kamu bisa melihat aneka layang-layang ketika festival Layang-Layang digelar di Pantai Parangkusumo.

Seru ‘kan? Jadi, tentukan waktu yang tepat untuk liburan ke Pantai Parangkusumo ya!

6. Pantai Cemara Sewu

Pantai Bantul Pantai Cemara Sewu
Pantai Cemara Sewu, Bantul (sumber: instagram.com/explore.bantul/).
LokasiJl. Pantai Parangkusumo, Pantai, Parangtritis, Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 24 jam.
Harga tiket masuk (HTM)Rp10.000.
Rute menuju tempat wisata dari kota BantulDari pusat kota: 43 menit (29,1 km) via Jl. Parangtritis. 47 menit (31,7 km) via. Jl. Imogiri Barat dan Jl. Parangtritis. 49 menit (29,9 km) via Jl. Bantul dan Jl. Parangtritis.
Fasilitas wisata di sekitar pantaiToilet. Musala. Area parkir luas.  Spot foto. Warung makan.
Rating4.4/5 dari 5.515 ulasan Google.

Kalau ingin liburan di pantai lain sekitar Pantai Parangtritis, ada Pantai Cemara Sewu yang tak kalah indah untuk dikunjungi. Lokasinya ada di seberang objek wisata Gumuk Pasir.

Sesuai namanya, Pantai Cemara Sewu, di kawasan ini kamu akan disambut dengan hutan pohon cemara. Lengkungan pohon cemara sebelum memasuki pantai, kerap kali dijadikan sebagai background untuk berfoto terutama untuk pre-wedding. Di tepian pantai, terdapat jembatan bambu yang bisa kamu seberangi atau kamu gunakan untuk berfoto.

Bagaimana dengan ombaknya?

Ombak di Pantai Cemara Sewu cukup besar. Namun, objek wisata ini punya area pantai berpasir hitam yang landai dan luas. Alhasil, kamu bisa melakukan berbagai macam aktivitas di area pantai, termasuk berkemah.

Untuk ke Pantai Cemara Sewu, kamu tidak perlu khawatir dengan aksesnya karena sudah sangat memadai. Bahkan, kamu bisa ke Pantai Cemara Sewu dengan kendaraan besar seperti minibus.

Jadi, berminat untuk liburan di Pantai Cemara Sewu?

7. Pantai Pandansari

Pantai Bantul Pantai Pandansari
Pantai Pandansari, Bantul (sumber: instagram.com/bimantaindra/).
LokasiWonoroto, Gandingsari, Sanden, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 24 jam.
Harga tiket masuk (HTM)Rp3.000.
Rute menuju tempat wisata dari kota BantulDari pusat kota: 50 menit (30,3 km) via Jl. Samas. 50 menit (32,2 km) via Jl. Parangtritis. 53 menit (28,3 km) via Jl. Bantul dan Jl. Samas.
Fasilitas wisata di sekitar pantaiArea parkir luas. Gazebo. Musala. Toilet. Warung makan.  
Contact person0815-8067-666.
Ulasan4.3/5 – 1.690 ulasan.

Pantai Pandansari atau Pantai Patehan termasuk sebagai salah satu pantai terindah di daerah Bantul. Pantai ini memiliki pasir hitam dan banyak pohon cemara. Alhasil, kamu bisa menikmati suasana pantai dan semilirnya angin sambil bersantai di bawah rindangnya pohon cemara.

Lalu, apa yang membedakan antara Pantai Pandansari dengan pantai lainnya? Salah satunya adalah adanya mercusuar setinggi sekitar 40 meter yang bisa kamu kunjungi.

Mercusuar yang disebut dengan Mercusuar Kalajivamasti ini dibangun tahun 1996 dan beroperasi secara resmi tahun 1997. Dari mercusuar berwarna putih ini, kamu bisa melihat landscape Pantai Pandansari secara leluasa. Namun, kamu perlu membayar tiket tambahan sebesar Rp5.000 per orang untuk bisa naik ke mercusuar.

Selain naik ke mercusuar, kamu bisa melakukan agrowisata dengan mengunjungi kebun buah naga. Bahkan, kamu bisa menikmati atau membawa pulang buah naga yang kamu petik.

Saat senja tiba, kamu bisa berfoto sepuasnya dengan background matahari tenggelam yang apik. Jadi, siapkan kamera dan memori untuk menyimpan kenangan liburan kamu di Pantai Pandansari ya.

8. Pantai Kuwaru

Pantai Bantul Pantai Kuwaru
Pantai Kuwaru, Bantul (sumber: instagram.com/oddysatrya/).
LokasiKawaru, Poncosari, Srandakan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 24 jam.
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000.
Rute menuju tempat wisata dari kota BantulDari pusat kota: 49 menit (32,3 km) via Jl. Srandakan. 49 menit (33,2 km) via Jl. Samas. 50 menit (33,1 km) via Jl. Parangtritis dan Jl. Samas.
Fasilitas wisata di sekitar pantaiArea parkir luas. Penyewaan wahana, seperti ATV.Toilet. Pasar ikan.  Musala. Warung makan. Tempat sampah.
Rating4.1/5 dari 1.171 ulasan Google.

Kamu mencari pantai yang sepi, bisa makan seafood, rindang, memiliki area pantai yang luas? Kalau iya, kamu bisa berlibur ke Pantai Kuwaru.

Pantai Kuwaru memiliki area pantai yang cukup luas dengan pasir hitam. Pohon cemara yang rindang dan ombak yang cukup besar akan menyambut kamu.

Sesekali, kamu akan melihat para nelayan yang berlabuh atau berlayar mencari ikan. Tak heran jika kamu bisa memesan atau membeli aneka seafood mentah atau olahan seperti udang dengan harga yang terjangkau.

Selain bersantai di pinggir pantai, kamu bisa berfoto, menyewa ATV dan berkeliling pantai atau bermain pasir. Hindari untuk bermain air terlalu jauh karena selain memiliki ombak besar, Pantai Kuwaru memiliki banyak cekungan karang. Jika kamu terpeleset atau terjatuh, akan sangat berbahaya terutama saat laut sedang pasang.

Jika kamu ingin berenang, terutama saat mengajak anak-anak, kamu bisa bermain di kolam renang. Untuk menikmati fasilitas kolam renang ini, kamu perlu membayar lagi sebesar Rp5.000. Jadi, liburan kamu akan lebih berkesan di Pantai Kuwaru.

9. Pantai Samas

Pantai Bantul Pantai Samas
Pantai Samas, Bantul (sumber: instagram.com/setyaadye/).
LokasiJl. Samas, Dodogan, Srigading, Sanden, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 09.00-17.00 WIB.
Harga tiket masuk (HTM)Rp4.000.
Rute menuju tempat wisata dari kota BantulDari pusat kota: 57 menit (28,9 km) via Jl. Samas. 58 menit (30,8 km) via Jl. Parangtritis. 56 menit (28 km) via Jl. Bantul dan Jl. Samas.
Fasilitas wisata di sekitar pantaiRumah makan. Toilet dan kamar mandi. Laguna. Musala. Spotfoto.  
Rating4.5/5 dari 71 ulasan Google.

Kalau kamu ke Bantul, kamu bisa coba untuk liburan ke Pantai Samas. Kenapa? Karena di Pantai Samas, ada berbagai macam daya tarik seperti:

  • Spot foto yang menarik terutama saat sunset.
  • Konservasi penyu langka seperti penyu hijau dan penyu sisik.
  • Telaga yang bisa kamu gunakan untuk memancing.
  • Jembatan bambu.
  • Taman bunga matahari.

Khusus untuk jembatan bambu dan taman bunga matahari, kamu perlu membayar tiket masuk lagi, masing-masing sebesar Rp5.000.

For your information, ombak dan angin di Pantai Samas cukup besar. Jadi, sangat tidak disarankan untuk berenang atau mandi di laut.

Kalau kamu ingin bermain air dan lebih aman, kamu bisa bermain di laguna atau di delta yang dibangun secara khusus. Selain bermain air atau berfoto, kamu pun bisa ikut memancing atau justru menikmati olahan seafood di warung makan terapung.

Terlihat seru? Masukkan dulu Pantai Samas ke daftar objek wisata pantai yang akan kamu kunjungi saat ke Bantul, Yogyakarta ya!

10. Pesona Pengklik – Pantai Samas

Pantai Bantul Pesona Pengklik Pantai Samas
Pesona Pengklik – Pantai Samas, Bantul (sumber: instagram.com/anstravelphoto/).
LokasiSogo Sanden, Srigading, Sanden, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 09.00-17.00 WIB.
Harga tiket masuk (HTM)Rp7.000-Rp10.000.
Rute menuju tempat wisata dari kota BantulDari pusat kota: 46 menit (28,6 km) via Jl. Samas. 49 menit (30,5 km) via Jl. Parangtritis.46 menit (27,7 km) via Jl. Bantul dan Samas.
Fasilitas wisata di sekitar pantaiKamar mandi dan toilet. Area parkir. Warung makan.  Area bermain.
Rating4.0/5 dari 1.016 ulasan Google.

Pergi ke Pantai Samas kurang lengkap kalau kamu tidak ke Pesona Pengklik. Objek wisata ini menawarkan keindahan laguna tepi Pantai Samas. Jadi, kamu bisa menikmati indahnya pemandangan laut sambil bersantai atau bahkan memancing di laguna.

Di area Pesona Pengklik, kamu bisa naik ke gardu pandang untuk melihat landscape dengan lebih leluasa. Kalau kurang, kamu bisa menyewa perahu untuk mengelilingi laguna.

Apakah ramai? Dari informasi yang kami dapatkan, pengunjung Pesona Pengklik jauh berkurang terutama saat pandemi. Jadi, kamu bisa berlibur seperti di tempat pribadi.

Sebagai catatan, pengelolaan kurang maksimal membuat Pesona Pengklik mengalami perubahan. Hal tersebut membuat tiket masuk atau fasilitas bisa berubah sewaktu-waktu.

Dari daftar di atas, mana pantai yang paling ingin kamu kunjungi? Siapa tahu ‘kan, ketika kondisi sudah membaik atau saat kamu sudah mendapatkan jatah libur, kamu bisa langsung berlibur? Karena itu mulai dari sekarang, persiapkan waktu kamu untuk bisa liburan di 10 deretan pantai di Bantul ya. Tetap jaga kesehatan dan see you!

Previous Article

Sepatu Gunung

Next Article

10 Rekomendasi Pantai Terpopuler di Sekitar Semarang (2021)

Tinggalkan komentar