Review Pantai Melasti Ungasan: Lokasi, HTM, Foto & Kelebihannya

Rasanya kurang lengkap kunjunganmu ke Bali jika tidak mengunjungi Pantai Melasti Ungasan. Pantai yang ada di Kabupaten Badung ini merupakan salah satu primadona wisata pantai di Bali. Bahkan, kabarnya pantai ini dinobatkan menjadi pesaing berat dari Pantai Pandawa. Dibandingkan pantai-pantai lainnya, Pantai Melasti Ungasan relatif lebih tenang dari hiruk-pikuk wisatawan. Selain itu, kamu juga bisa melihat upacara keagamaan Melasti di pantai ini. Semakin penasaran, kan?

Jika kamu ingin tahu:

  • Rute menuju Pantai Melasti Ungasan.
  • Harga tiket masuk ke Pantai Melasti Ungasan.
  • Fasilitas wisata yang ada di Pantai Melasti Ungasan.
  • Spot foto menarik di Pantai Melasti Ungasan.
  • Kelebihan Pantai Melasti Ungasan.

Maka kamu pasti menyukai pembahasan dari artikel review Pantai Melasti Ungasan ini.

Penasaran? Yuk, mulai cari tahu.

Sekilas tentang Pantai Melasti Ungasan

Sekilas Tentang Keindahan Pantai Melasti Ungasan
Pantai Melasti Ungasan, Badung, Bali (sumber: instagram.com/melastibeach.official/)
Nama PantaiPantai Melasti Ungasan
LokasiJalan Melasti Ungasan, Kecamatan Kuta Selatan, Kebupaten Badung, Bali (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin – Minggu, 24 Jam
Harga tiket masuk (HTM)Dewasa: Rp8.000/orang Anak-anak: Rp3.000/anak
Telepon
Waktu wisata terfavoritSaat musim kemarau, sekitar bulan Mei-Agustus. Waktu wisata terbaik di Pantai Melasti Ungasan adalah saat pagi hari dan sore hari.
Daya tarik Pantai Melasti UngasanDeretan tebing kapur, keindahan pasir pantai, spot berenang dan snorkling, spot berfoto kapal pinisi, dan taman selfie
Rating ulasan4,8/5.0 – 7.338 ulasan Google

Pantai Melasti Ungasan adalah salah satu pantai di Badung (kawasan Bali Selatan) yang sangat tersohor. Tepatnya, pantai ini berada di Desa Ungasan Kabupaten Badung. Pantai Melasti Ungasan memiliki luas sekitar 40 hektar dan terdiri dari pasir putih. Pantai yang tersembunyi di balik perbukitan kapur ini dinobatkan menjadi saingan berat Pantai Pandawa.

Pantai Melasti Ungasan juga memiliki keunikan dari sisi nama. Nama “Melasti” sebenarnya merujuk pada upacara Melasti yang diselenggarakan oleh umat Hindu. Upacara agama ini biasanya diadakan 3 – 4 hari sebelum Hari Raya Nyepi. Nah, Pantai Melasti Ungasan ini sering menjadi lokasi penyelenggaraan upacara Melasti. Sedangkan, kata “Ungasan” merujuk pada nama desa tempat pantai ini terletak. Selain itu, nama “Ungasan” juga menjadi pembeda dari Pantai Melasti lainnya yang berada di Kabupaten Tabanan.

Untuk mencapai Pantai Melasti Ungasan, rute yang dilalui sangat mudah. Medan jalan beraspal mulus memungkinkan mode transportasi apa pun melintas dengan mudah. Sepanjang perjalanan, kamu akan disambut dengan sejumlah bukit kapur yang menjulang. Pantai ini dulunya memang tersembunyi di balik perbukitan kapur. Akses jalan mulai dibangun dengan memangkas dan merapikan bukit-bukit kapur tersebut. Semakin mendekati area pantai, pemandangan lautan lepas dan pasir putih nan bersih menyambutmu di salah satu sisi.

Pantai Melasti Ungasan ini juga memiliki taman kecil yang sangat asri. Di taman tersebut terdapat sejumlah spot berfoto instaramable dengan latar belakang dinding bukit kapur. Kamu juga bisa melihat barisan patung penari dengan latar belakang lautan lepas yang cantik. Pastinya, kamu jadi semakin tidak tahan untuk berhenti sejenak dan berfoto-foto.

Pantai Melasti Ungasan memiliki pasir putih bertekstur seperti bubuk mutiara yang sangat bersih. Laut di pantai ini berwarna biru kehijauan sejernih kristal. Di ujung pantai, terlihat spot berfoto berbentuk kapal pinisi yang unik. Ombak pantai yang tenang membuat pantai ini ideal untuk aktivitas snorkling dan berenang. Keindahan alamnya membuat pantai ini cocok menjadi destinasi wisata bagi pasangan maupun bagi keluarga.

Daya tarik Pantai Melasti Ungasan

Pantai Melasti Ungasan merupakan tempat wisata Bali yang tergolong baru. Kendati demikian, pantai ini memiliki daya tarik yang membuatnya dikunjungi para wisatawan. Berikut adalah daya tarik dari Pantai Melasti Ungasan yang akan membuatmu jatuh cinta di pandangan pertama:

1. Deretan tebing kapur yang memukau

Tebing Batu Di Jalan Utama Pantai Melasti Ungasan
Tebing batu cantik di dekat Pantai Melasti (sumber: instagram.com/melastibeach.official/)

Salah satu daya tarik utama dari Pantai Melasti Ungasan adalah perbukitan tebing kapur yang mengelilinginya. Tebing-tebing kapur ini bisa langsung terlihat begitu kamu memasuki area wisata pantai. Menyaksikan kemegahan dari bukit-bukit kapur yang mengapit akses jalan ke pantai pastinya memunculkan decak kagum. Tulisan “Pantai Melasti Ungasan” juga terukir pada salah satu tebing tersebut dan menjadi ciri khas dari pantai ini. Adanya tebing-tebing kapur yang terjal ini memang mirip sekali dengan lanskap Pantai Pandawa.

2. Pertunjukan tari kecak saat senja

Pertunjukan Tari Kecal Di Pantai Melasti Ungasan
Pertunjukan Tari Kecal di Pantai Melasti Ungasan (sumber: instagram.com/melastibeach.official/)

Pertunjukan Tari Kecak juga menjadi salah satu daya tarik utama dari Pantai Melasti Ungasan. Tari Kecak merupakan jenis tradisional Bali yang ditarikan oleh sekitar 125 penari pria. Tarian ini biasanya menggambarkan berbagai kisah pewayangan Bali.

Tari Kecak di Pantai Melasti Ungasan biasanya digelar di sore hari pukul 18:00 WITA saat weekend. Pertunjukan tari ini digelar di teater Melasti Ungasan yang baru selesai dibangun. Untuk menikmati pentas tari ini, kamu harus melakukan reservasi di situs resmi Pantai Melasti Ungasan terlebih dulu. Jangan sampai melewatkan pertunjukan ini, ya!

3. Air laut yang tenang dan jernih

Pantai Melasti Ungasan Memiliki Ombak Kecil Dan Air Lautnya Jernih
Air lautnya jernih dan ombaknya kecil (sumber: instagram.com/melastibeach.official/)

Bayangan akan pantai dengan ombak yang ganas langsung sirna saat berkunjung ke Pantai Melasti Ungasan. Karena, pantai ini justru memiliki laut yang relatif tenang. Pemandangan laut berwarna biru tosca dengan air yang sangat jernih sangat memanjakan mata. Bahkan, kamu bisa melihat ganggang hijau dan berbatuan koral dan karang yang ada di dasar laut.

Ombak laut yang lembut membuat Pantai Melasti Ungasan ini sangat ideal untuk aktivitas berenang. Ada area di pantai ini yang bebas dari berbatuan karang bawah air. Sehingga, kamu bisa berenang sepuasnya. Selain itu, Pantai Melasti Ungasan juga menjadi habitat bagi terumbu karang dan ikan yang berwarna-warni. Tak heran, pantai ini juga menjadi lokasi yang ideal untuk aktivitas snorkling.

4. Spot berfoto kapal pinisi

Pantai Melasti Ungasan Spot Foto Kapal Pinisi
Spot foto kapal pinisi di Pantai Melasti Ungasan (sumber: instagram.com/melastibeach.official/)

Daya tarik lainnya yang dimiliki pantai ini adalah adanya spot foto berbentuk kapal pinisi raksasa. Lokasi dari kapal tersebut berada di bagian ujung pantai yang menjorok ke lautan. Kapal pinisi dibangun sebagai salah satu fasilitas wisata untuk berfoto-foto bagi para pengunjung.

Kamu tidak hanya bisa menikmati pemandangan lautan lepas dari atas kapal pinisi ini. Sensasi berlayar di atas kapal yang ikonis ini juga bisa kamu rasakan. Kapal pinisi ini dibangun atas kerja sama antara pengelola Pantai Melasti Ungasan dengan menega, atau kelompok nelayan setempat.

5. Taman selfie

Taman Selfie Di Pantai Melasti Ungasan
Taman selfie di Pantai Melasti Ungasan (sumber: instagram.com/rindalestarri/)

Sebelum memasuki area pantai, kamu akan menjumpai sebuah taman selfie. Taman selfie ini memiliki berbagai spot berfoto yang instagramable. Kamu bisa berfoto-foto dengan fasilitas selfie dengan tema yang bermacam-macam. Area taman yang sangat hijau dan asri dijamin membuat hasil foto selfiemu semakin berkesan. Selain itu, kamu juga bisa berfoto-foto dengan patung penari. Latar belakang lautan lepas dan tebing kapur membuat fotomu jadi semakin instagramable.

Spot foto cantik di Pantai Melasti Ungasan

Di Pantai Melasti Ungasan, ada banyak sekali spot menarik untuk selfie. Untuk dapatkan hasil foto yang kece badai, berikut ide foto yang bisa menginspirasimu.

Spot Foto Cantik Di Pantai Melasti Ungasan
Spot foto cantik di Pantai Melasti Ungasan (sumber: instagram.com/melastibeach.official/)
Spot Foto Cantik Di Bibir Pantai Melasti Ungasan
Spot foto cantik di bibir Pantai Melasti Ungasan (sumber: instagram.com/josephsayogo/)
Spot Foto Cantik Di Depan Pintu Gerbang Pantai Melasti Ungasan
Spot foto cantik di depan Gapura Pantai Melasti Ungasan (sumber: instagram.com/josephsayogo/)
Foto Bersama Rombongan Wisata Di Depan Pantai Melasti Ungasan Dengan Atribut Mini Bus Biru
Spot foto mini bus di depan Pantai Melasti Ungasan (sumber: instagram.com/pascalbrito/)
Bersantai Di Hammock Pantai Melasti Ungasan
Bersantai di hammock – Pantai Melasti Ungasan (sumber: instagram.com/meikemfd_/)

Rute ke Pantai Melasti Ungasan

Pantai Melasti Ungasan bisa dijangkau dari berbagai kota di Bali. Kamu bisa menjangkau pantai cantik ini dari beberapa daerah terdekat dari Kabupaten Badung. Dengan mengetahui estimasi waktu, kamu bisa mengatur jadwal keberangkatan dengan lebih baik.

Berikut rute ke Pantai Melasti Ungasan dari kota terdekat:

Catatan: Rute menuju Pantai Melasti Ungasan sudah berupa aspal mulus. Tapi, medan jalan yang berkelok-kelok tajam dan berbatasan dengan tebing membuatmu wajib tetap waspada. Pastikan kondisi kendaraan dan kondisi tubuhmu sudah prima saat akan berkunjung ke pantai ini. Jika lelah, jangan memaksakan diri! Kamu bisa beristirahat di taman dengan berbagai selfie spot menarik.

Fasilitas wisata di Pantai Melasti Ungasan

Pantai Melasti Ungasan tidak hanya punya daya tarik yang berkesan. Selama berlibur di sini, kamu juga akan dimanjakan dengan sejumlah fasilitas. Mulai dari fasilitas umum hingga fasilitas hiburan lumayan lengkap. Berikut adalah berbagai fasilitas yang bisa kamu akses di Pantai Melasti Ungasan:

Fasilitas umum wisata:

  • Area parkir yang luas
  • Restoran
  • Warung-warung sederhana
  • Toilet berbayar
  • Ruang bilas
  • Ruang ganti baju
  • Persewaan sunbed dan payung pantai

Fasilitas hiburan:

  • Beach club
  • Teater Kecak Melasti
  • Koneksi wi-fi gratis
  • Perahu pinisi

Fasilitas khusus:

  • Menara lifeguard

Catatan:

1. Di Pantai Melasti Ungasan terdapat banyak sekali spot untuk berselfie. Apalagi, pemandangan pantai yang cantik membuatmu ingin terus mengabadikannya. Sayangnya, fasilitas charger belum tersedia di sini. Jika kamu khawatir baterai habis di tengah-tengah aktivitas berfoto di pantai ini, sebaiknya bawa powerbank dari rumah. Untuk yang membawa kamera, sebaiknya membawa baterai cadangan.

2. Kamu bisa snorkling dan menikmati keindahan alam di Pantai Melasti Ungasan. Tapi, di sini tidak menyediakan persewaan alat snorkling. Jadi, untuk yang ingin snorkling harus membawa perlengkapanmu sendiri dari rumah, ya.

5 kelebihan Pantai Melasti Ungasan

Sebelum berlibur, kamu wajib tahu kelebihan yang dimiliki Pantai Melasti Ungasan. Pantai ini memiliki sejumlah keunggulan, yaitu:

1. Akses ke pantai yang mudah

Dulu, akses menuju Pantai Melasti Ungasan masih sangat sulit. Pantai tersebut masih menjadi secret beach yang tersembunyi di balik perbukitan kapur. Akses masyarakat yang ingin membawa mobil ke pantai tersebut hampir mustahil dilakukan. Tapi, sejak pantai ini berbenah, akses jalan menjadi lebih mudah.

Pemerintah membangun jalan beraspal mulus di atas tebing kapur yang berkelok. Tak lupa, sejumlah dekorasi patung dan spot foto ikonis juga diletakkan di pinggir untuk mempercantik jalan. Kamu bisa mengakses pantai wisata ini dengan mobil maupun bus wisata sekarang. Namun, kamu harus tetap berhati-hati! Karena, medan ke pantai ini tetap memiliki tikungan yang tajam.

2. Panorama pantai yang sangat cantik

Biarpun sudah tidak berstatus secret beach, kecantikan panorama Pantai Melasti Ungasan tetap terjaga. Pantai ini memiliki hamparan pasir putih halus yang sangat bersih. Lautan berwarna biru tosca yang indah dengan ombak tenang seakan mengajakmu untuk berenang. Selain itu, keindahan alam bawah laut di pantai ini juga tidak boleh dilewatkan. Pantai Melasti Ungasan ini jadi salah satu spot snorkling terbaik yang ada di Bali Selatan.

3. Banyak spot menarik untuk foto prewedding

Pantai Melasti Ungasan tidak hanya didatangi keluarga dan anak-anak muda yang ingin berlibur. Pantai ini juga kerap menjadi tujuan bagi pasangan yang ingin melakukan sesi foto prewedding. Area pantai yang sangat luas ini memiliki sejumlah spot foto yang photogenic. Sebaiknya, datanglah ke pantai pagi maupun sore hari di saat weekday. Dengan begitu, kamu bisa memiliki pantai yang cantik ini untuk dirimu sendiri dan pasangan. Kamu pun bisa mendapatkan hasil foto prewedding yang memuaskan

4. Area parkir yang luas

Pantai Melasti Ungasan memiliki area parkir yang sangat luas. Sepeda motor, mobil, dan bus pariwisata bisa muat di dalamnya. Di dekat area parkir juga terdapat beberapa gazebo untuk bersantai.

Tapi, hati-hati! Pastikan kamu mengunci kendaraanmu sebelum meninggalkan area parkir. Beberapa ekor monyet biasanya turun dari bukit kapur untuk mengintip aktivitas manusia di Pantai Melasti Ungasan ini.

Mereka memiliki rasa penasaran yang sangat tinggi. Jadi, bisa saja mereka mengambil objek yang kelihatan menarik. Seperti, kunci mobil atau sepeda motor. Jadi, kamu wajib lebih waspada, ya.

5. Banyak spot kuliner

Tak perlu khawatir kelaparan saat kamu mengunjungi Pantai Melasti Ungasan. Pantai ini memiliki banyak spot kuliner, seperti restoran dan warung. Kamu bisa pilih sendiri lokasi makan sesuai dengan budgetmu.

Tak hanya itu, di sini juga terdapat sejumlah beach club yang menghidangkan berbagai makanan internasional dan bir. Beberapa beach club juga menawarkan spot strategis untuk menyaksikan sunset.

5 kekurangan Pantai Melasti Ungasan

Pantai Melasti Ungasan masih dalam tahap pengembangan. Jadi, wajar saja jika kamu menemukan beberapa kekurangan dari tempat wisata ini. Kekurangan berikut ini mungkin membuatmu merasa kurang betah.

1. Pantai menjadi sangat ramai saat akhir pekan

Jika memungkinkan, sebaiknya hindari datang ke Pantai Melasti Ungaran saat weekend. Kamu tidak akan menemukan kedamaian akibat jumlah wisatawan yang membludak. Pantai yang semula sangat tenang dan sepi menjadi sangat berisik. Restoran, warung, hingga beach club juga dijamin penuh oleh pengunjung. Ini jelas bukan sesuatu yang kamu inginkan saat ingin menikmati liburan santai di pantai.

2. Beberapa area kurang aman untuk aktivitas berenang

Dari segi ombak, air laut di Pantai Melasti Ungasan ini memang tergolong sangat ramah. Untuk aktivitas berenang pun sebenarnya aman-aman saja. Akan tetapi, ada beberapa area di perairan tersebut yang kurang direkomendasikan sebagai spot berenang. Area tersebut dipenuhi dengan berbatuan koral yang cukup tajam dan bisa melukai kulit.

Selain itu, arus bawah laut atau rip current juga umum ditemukan di sini. Rip current dapat menyeret seseorang dari bibir pantai ke tengah laut dalam sekejap. Sehingga, ada baiknya untuk mengikuti arahan petugas pantai untuk berenang di area yang sudah ditentukan. Anak-anak yang ingin berenang tetap harus berada dalam pengawasan penuh orang tua.

3. Cuaca di pantai yang sangat terik di siang hari

Sebaiknya, hindari datang ke Pantai Melasti Ungasan di siang hari. Pantai ini memang bisa menjadi sangat panas di siang hari. Di sini, tidak terdapat pepohonan yang bisa kamu pakai sebagai tempat berteduh. Di siang hari, pasir pantai ini juga terasa sangat panas. Sehingga, bisa jadi mengakibatkan rasa tidak nyaman.

Jika kamu sudah terlanjur tiba di pantai saat siang hari, pastikan untuk mengenakan tabir surya. Kamu juga bisa menyewa sunbed atau payung parasol untuk melindungimu dari terik sinar matahari.

4. Petugas parkir yang kurang ramah terhadap pengemudi sepeda motor

Kamu berkendara dengan sepeda motor ke Pantai Melasti? Jangan kaget apabila petugas parkir acuh tak acuh terhadap kedatanganmu. Salah satu pengunjung pernah mengalami perlakuan yang kurang ramah tersebut.

Ia mengatakan bahwa petugas parkir di area parkir Pantai Melasti ini hanya membantu memarkirkan kendaraan mobil saja. Padahal, banyak pengendara sepeda motor yang membutuhkan bantuannya. Ya, semoga saja hal tersebut menjadi evaluasi bagi pihak terkait.

5. Pemandangan sunset yang hanya bisa dinikmati di spot tertentu

Pantai Melasti Ungasan juga dikenal sebagai salah satu sunset point di Bali. Tetapi, menyaksikan sunset di pantai ini terbukti agak sulit. Hal ini dikarenakan letak dari pantai ini yang berada di bagian selatan Pulau Bali. Jadi, pemandangan sunset ini hanya bisa dinikmati apabila posisi matahari lebih condong ke sisi selatan.

Prakiraan biaya pengeluaran saat berwisata di Pantai Melasti Ungasan

Jika kamu hanya ingin menikmati keindahan pantai atau berselfie ria, biaya pengeluaran di pantai ini sangat terjangkau. Kamu hanya perlu membayar biaya parkir dan tiket masuk saja. Tapi, sebaiknya kamu membawa dana lebih sebelum pergi ke pantai ini. Karena, beberapa fasilitas hanya bisa diakses dengan membayar sejumlah uang. Rata-rata, pengunjung yang datang ke pantai ini akan menghabiskan biaya hingga Rp8.000 – Rp250.000 per orang

Berikut perkiraan biaya yang akan kamu keluarkan saat bertamasya di Pantai Melasti Ungasan:

Biaya parkirSepeda motor Rp2.000/motor Mobil Rp5.0000/mobil
Harga tiket masukDewasa: Rp8.000/orang Anak-anak: Rp3.000/anak
Biaya makanRp20.000 – Rp25.000
Biaya minumEs kelapa muda: Rp35.000
Biaya foto di spot premium (jika ada)Gratis
Biaya sewa sunbedRp100.000/jam
Biaya sewa payung pantaiRp100.000/jam
Biaya pertunjukan Tari KecakRp150.000/orang
Biaya tiket masuk untuk preweddingRp500.000

Kesimpulan

Itulah ulasan mengenai pantai wisata Melasti Ungasan. Dijamin, pantai ini bisa menjadi destinasi terbaik bagi kamu yang sedang berlibur ke Bali. Apalagi, jika kamu sudah bosan dengan wisata-wisata Bali populer. Maka, pantai satu ini layak mendapatkan perhatianmu. Untuk kamu yang cari spot foto instagramable, akan merasa dimanjakan di sini. Jangan lupa isi penuh baterai HP dan kameramu, ya. Karena, kamu akan sangat sibuk mencetak kenangan di pantai ini.

Dapatkan update artikel pilihan dan breaking news seputar hiking, camping dan traveling dari Napaktilas.net. Mari bergabung di Grup Telegram "Napaktilas.net Adventure Addicts", caranya klik link https://t.me/napaktilasnet, kemudian join. Kamu harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan komentar