Rekomendasi Celana Gunung

Buat kamu yang belum pernah naik gunung, pasti tidak tahu bahwa salah satu penyebab pendaki cepat lelah adalah faktor celana. Jadi, jangan kamu pikir kalau tas adalah beban utama saat pendakian. Ternyata celana juga bisa sangat berpengaruh.

Perlu dipertimbangkan, mendaki gunung adalah perjalanan yang cukup lama. Rata-rata pendaki menghabiskan waktu 6-8 jam untuk mencapai puncak. Bisa kamu bayangkan kalau selama perjalanan kamu memakai celana yang tidak nyaman? Itu sebabnya kamu harus memilih celana gunung yang pas dan nyaman saat mendaki. Berikut 10 rekomendasi celana gunung terbaik versi Napaktilas:

Untuk lebih jelasnya, yuk, simak pembahasannya sampai selesai.

1. Jack Wolfskin 9986 SoftShell Polar

Rekomendasi Celana Gunung Jack Wolfskin 9986 Softshell Polar
Celana gunung waterproof Jack Wolfskin 9986 SoftShell Polar.
Nama ProdukKelebihan ProdukHarga Celana Gunung
Jack Wolfskin 9986 SoftShell Polar.

Inner polar halus dan hangat.
Seamline pada jahitan.
Waterproof 95%.
Rp210.000.

Celana gunung pertama yang bisa jadi pertimbangan kamu adalah Jack Wolfskin 9986 SoftShell Polar. Sebenarnya, banyak yang beranggapan bahwa membeli produk dari Jack Wolfskin sama seperti membeli kucing dalam karung. Itu karena banyak produk imitasi dari Jack Wolfskin. Akan tetapi, kalau kamu bisa mendapatkan 9986 SoftShell Polar, maka kamu akan tahu betapa nyamannya celana gunung ini.

Celana gunung ini mempunyai beberapa lapisan yang menjadi daya tarik utama dari celana ini. Di bagian dalam, celana ini sudah menggunakan bahan polar yang halus dan hangat. Suhu udara yang dingin di gunung bukan lagi suatu masalah. Di bagian luar, kamu bisa menemukan bahan soft shell, semacam bahan anti air khusus. Bahan ini dipercaya bisa menahan air sampai dengan 95%.

Ditambah lagi, di setiap jahitannya, celana ini mempunyai lapisan tambahan. Lapisan tersebut digunakan untuk memastikan bahwa tidak ada air yang masuk ke dalam celana. Jadi, kamu bisa tetap mendaki walaupun turun hujan.

Harga yang ditawarkan oleh celana gunung ini juga cukup terjangkau. Kamu bisa menemukan celana gunung ini dengan harga mulai dari 190.000 rupiah. Kalau kamu beli di toko outdoor, biasanya celana ini dijual mulai dari 210.000 rupiah.

Satu hal yang harus kamu perhatikan dari celana gunung ini adalah ukurannya. Karena Jack Wolfskin yang dijual di Indonesia merupakan lisensi dari Jerman, maka ukurannya pun dibuat sedikit lebih besar. Biasanya, ukuran paling kecil yang bisa kamu temukan adalah L, atau setara dengan 32. Jadi, kalau tubuh kamu tergolong kecil, ada baiknya kamu cek celana gunung lain rekomendasi dari kami.

2. Consina Cavendish

Rekomendasi Celana Gunung Consina Cavendish
Celana gunung Consina Cavendish.
Nama ProdukKelebihan ProdukHarga Celana Gunung
Consina Cavendish.

✓ Bahan nylon waterproof .
✓ Harga cukup terjangkau .
✓ Tersedia berbagai macam ukuran.
Rp115.000.

Banyak pendaki yang senang mengenakan celana pendek karena merasa lebih bebas saat berjalan. Untuk pilihan celana pendek, kamu bisa mencoba Consina Cavendish. Celana gunung ini sudah dipilih oleh banyak sekali pendaki untuk menemani perjalanan mereka.

Walaupun banyak yang mengatakan bahwa celana pendek bukanlah pilihan yang bagus, Consina Cavendish tetap menjadi pilihan. Itu karena pendakian di siang hari bisa terasa sangat melelahkan. Itu sebabnya banyak pendaki yang memilih mengenakan celana pendek saat pendakian siang hari, terutama di musim panas.

Celana gunung ini juga menawarkan pilihan warna yang cukup beragam sehingga kamu bisa pilih warna favorit kamu. Celana ini juga sudah menggunakan bahan nylon waterproof. Jadi, walaupun celana ini terkena air hujan, celana ini akan tetap kering. Kamu bisa tetap melakukan pendakian di cuaca gerimis ataupun hujan.

Untuk harganya, kamu bisa membeli celana gunung ini dengan harga mulai dari 115.000 rupiah. Walaupun banyak yang beranggapan bahwa harga itu cukup tinggi untuk celana pendek, kualitas yang diberikan memang sebanding dengan harga. Selain itu, ukuran yang ditawarkan juga cukup beragam, mulai dari M, L, XL, dan 2XL. Jadi, kamu bisa pilih ukuran yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

3. Eiger 1989 Rava Short Pants

Rekomendasi Celana Gunung Eiger 1989 Rava Short Pants
Celana gunung Eiger 1989 Rava Short Pants.
Nama ProdukKelebihan ProdukHarga Celana Gunung
Eiger 1989 Rava Short Pants.

✓ Desain sederhana.
✓ Cocok untuk celana harian.
✓ Kain katun yang nyaman.
Rp300.000.

Sebagai salah satu produsen perlengkapan outdoor terbaik di Indonesia, Eiger mempunyai banyak sekali pilihan celana gunung untuk dicoba. Salah satunya adalah Eiger 1989 Rava Short Pants.

Celana gunung ini terkesan sangat sederhana. Bahkan, banyak yang berpendapat bahwa sebenarnya celana gunung ini lebih cocok digunakan untuk aktivitas harian kamu. Selain itu, katun yang dipilih untuk celana gunung ini juga merupakan katun dengan kualitas tinggi. Itu sebabnya kamu bisa tetap merasa nyaman walaupun mengenakan celana gunung ini dalam waktu yang lama.

Bukan Eiger namanya kalau celana gunung yang diproduksi tidak berkualitas. Meskipun terlihat sederhana, celana gunung ini mempunyai daya tahan yang sangat kuat. Banyak pendaki yang jatuh cinta dengan celana ini karena kekuatan bahan dan jahitannya. Ditambah lagi, celana ini cukup ringan dan mudah kering. Jadi, celana pendek ini bisa digunakan untuk pendakian di berbagai kondisi cuaca.

Sayangnya, nominal yang harus kamu keluarkan untuk celana ini tidak bisa dibilang kecil. Di toko online yang biasanya menawarkan harga miring pun, celana gunung ini masih dibanderol dengan harga yang cukup tinggi. Kamu bisa mendapatkan celana ini dengan harga mulai dari 300.000 rupiah.

4. Consina Mount Warren

Rekomendasi Celana Gunung Consina Mount Warren
Celana gunung Consina Mount Warren.
Nama ProdukKelebihan ProdukHarga Celana Gunung
Consina Mount Warren.

✓ Bahan waterproof ringan.
Inner polar tebal.
Seamline di seluruh jahitan.
Rp275.000.

Meskipun Consina Mount Warren terlihat mirip dengan celana gunung waterproof dari Jack Wolfskin, ternyata keduanya memiliki perbedaan yang cukup kentara. Hal itu bisa dilihat dari harga yang ditawarkan untuk kedua celana gunung ini. Celana gunung waterproof dari Jack Wolfskin dibanderol dengan harga 210.000 rupiah. Di lain sisi, celana gunung dari Consina dijual dengan harga mulai dari 275.000 rupiah. Ada selisih harga yang mencapai 65.000 rupiah. Lantas, apa kelebihan celana gunung waterproof ini?

Ada beberapa kelebihan yang ditawarkan oleh Consina Mount Warren. Yang pertama, dari segi bahan, Consina menggunakan bahan waterproof yang lebih ringan. Jadi, langkah kamu akan semakin ringan saat mendaki gunung dengan medan yang terjal.

Yang kedua, bahan polar yang digunakan oleh Consina tergolong cukup tebal. Meskipun demikian, bahan polar yang digunakan sangat lembut. Jadi, kamu tetap bisa merasa hangat saat malam dan sejuk di saat siang.

Yang terakhir, celana gunung waterproof ini menggunakan seamline yang menempel erat di setiap bagian jahitan celana. Dengan begitu, air hujan tidak akan tembus ke dalam celana. Kamu bisa tetap hangat ketika menerjang hujan saat mendaki dengan celana ini.

5. Zcoland Elastico Quick Dry

Rekomendasi Celana Gunung Zcoland Elastico Quick Dry
Celana gunung pria Zcoland Elastico Quick Dry.
Nama ProdukKelebihan ProdukHarga Celana Gunung
Zcoland Elastico Quick Dry.

✓ Harga sangat terjangkau.
✓ Bahan poliester yang elastis.
Quick-dry menjadikan celana gunung ini cepat kering.
Rp160.000.

Tidak banyak pendaki yang mengenal nama Zcoland karena memang tidak banyak produk yang mereka tawarkan. Meskipun demikian, Zcoland Elastico Quick Dry adalah salah satu produk yang bisa kalian pertimbangkan.

Celana gunung dari Zcoland ini mempunyai desain dan tampilan yang sangat sesuai untuk kegiatan outdoor. Dengan bahan poliester yang elastis, celana gunung ini bisa dengan mudah menyesuaikan bentuk kaki kamu. Jadi, kamu tidak perlu takut kalau tiba-tiba celana ini sobek karna langkahmu yang terlalu lebar. Selain itu, di bagian lutut, celana ini juga sudah menggunakan lapisan pelindung. Jadi, lutut kamu bisa tetap nyaman saat terjatuh.

Meskipun Zcoland hanya memberikan satu pilihan warna, kombinasi hitam dan abu tua, hal ini tidak jadi masalah. Justru kombinasi warna tersebut sangat cocok untuk kamu yang senang naik gunung. Kotoran dan debu saat mendaki tidak akan mudah terlihat di celana gunung dengan warna gelap.

Untuk celana gunung dengan bahan quick-dry, celana dari Zcoland ini terbilang cukup terjangkau. Kamu bisa menemukan celana gunung ini di toko online dengan harga mulai dari 160.000 rupiah. Untuk celana gunung berukuran panjang, tentu harga ini bisa dikatakan cukup miring.

6. Arei Warm Strip

Rekomendasi Celana Gunung Arei Warm Strip
Celana gunung Arei Warm Strip.
Nama ProdukKelebihan ProdukHarga Celana Gunung
Arei Warm Strip.

✓ Desain yang menarik.
✓ Penutup kantung waterproof.
✓ Tersedia berbagai ukuran (termasuk S).
Rp225.000.

Kalau kamu suka dengan celana gunung dengan desain yang gunung banget, maka Arei Warm Strip pasti cocok untuk kamu. Desainnya memang sangat cocok untuk mendaki gunung. Selain itu, perpaduan warna abu gelap dan biru menambah kesan pendaki dari celana gunung ini. Ditambah lagi, bagian lutut celana ini juga sudah menggunakan lapisan tambahan. Dengan begitu, lutut kamu tidak akan mudah terluka walaupun terjatuh saat mendaki gunung.

Celana panjang ini menawarkan banyak kantung dengan cover supaya air tidak mudah masuk ke bagian dalam kantung. Selain itu, bahan yang digunakan juga merupakan spandex berlapis sehingga celana gunung ini terbilang waterproof. Kamu tidak perlu khawatir jika harus menerjang gerimis saat mendaki gunung dengan mengenakan celana ini.

Dari segi kenyamanan, celana ini terbilang cukup nyaman karena bahannya yang cukup ringan. Selain itu, celana ini juga cukup lentur sehingga tidak mudah sobek. Ukuran yang ditawarkan juga cukup beragam, mulai dari ukuran S, M, L, dan XL.

Sayangnya, jenis celana ini sudah semakin sulit ditemukan di pasaran. Semakin banyak model celana baru yang dikeluarkan oleh Arei dan produsen peralatan outdoor lainnya. Jadi, kalau kamu berminat, ada baiknya mencari di toko online untuk mendapatkan celana gunung ini. Untuk harganya sendiri, beberapa toko online menawarkan Arei Warm Strip dengan harga mulai dari 225.000 rupiah.

7. Arei PDL Namaste

Rekomendasi Celana Gunung Arei Pdl Namaste
Celana gunung Arei PDL Namaste.
Nama ProdukKelebihan ProdukHarga Celana Gunung
Arei PDL Namaste.
✓ Bahan ringan (cotton ripstop).
✓ Banyak kantung untuk menyimpan barang.
✓ Tersedia berbagai macam ukuran (termasuk ukuran kecil).
Rp299.000.

Celana PDL dari Arei ini bisa jadi pilihan yang sangat cocok untuk kamu yang suka mendaki gunung. Sedikit berbeda dengan kain PDL pada umumnya, Arei PDL Namaste menggunakan bahan cotton ripstop. Jadi, celana gunung ini terbilang cukup ringan. Kamu tidak akan sulit untuk mendaki jalan yang terjal.

Sama seperti PDL pada umumnya, celana gunung ini mempunyai total 6 buah kantung. Ada 2 kantung di bagian depan, 2 kantung di bagian belakang, dan 2 kantung di samping. Dengan begitu, kamu bisa menyimpan banyak barang di kantung tersebut.

Sayangnya, celana gunung dari Arei ini kurang cocok untuk pendakian saat musim hujan. Alasan utamanya adalah bahan yang digunakan pada celana gunung ini. Walaupun bisa sedikit menahan air, hujan akan tetap membuat celana ini basah. Kalau sudah basah, kain yang digunakan untuk celana gunung ini akan terasa berat karena cukup sulit kering. Akan tetapi, dari segi daya tahan, celana gunung ini sangat kuat dan tangguh. Itu sebabnya celana gunung ini dijual mulai dari 300.000 rupiah di banyak online store.

Nama ProdukUkuran (Lingkar Pinggang)Pilihan WarnaHarga Celana Gunung
Arei PDL Namaste.30 (76cm) 31 (78cm) 32 (80cm) 33 (82cm) 34 (84cm)✓ Coklat
✓ Hitam
Rp299.000.

8. Eiger WS Gally 3/4

Rekomendasi Celana Gunung Eiger Ws Gally 3 Per 4
Celana gunung wanita Eiger WS Gally 3/4.
Nama ProdukKelebihan ProdukHarga Celana Gunung
Eiger WS Gally 3/4– Lapisan inseam gusset menambah daya tahan – Desain yang penuh gaya – Cocok untuk kegiatan indoor maupun outdoorRp235.000

Kalau beberapa celana di atas lebih sering digunakan oleh pendaki laki-laki, maka Eiger WS Gally 3/4 ini dibuat khusus untuk pendaki cantik. Sesuai dengan namanya, celana gunung ini mempunyai panjang 3/4. Jadi, celana ini bukan celana panjang, bukan juga celana pendek.

Eiger mendesain celana ini dengan bahan yang berkualitas. Walaupun bahan yang digunakan bukanlah waterproof, tetapi celana gunung ini tergolong cepat kering. Jadi, kamu tidak perlu khawatir kalau kehujanan saat mendaki. Cukup dibawa jalan selama satu jam, celana ini sudah kering.

Karena celana gunung ini di desain untuk para pendaki wantita, Eiger menggunakan inseam gusset. Ini adalah semacam lapisan khusus di bagian dalam celana yang tidak akan mudah robek. Jahitan di bagian bokong sampai selangkangan sudah semakin kuat. Dengan begitu, para pendaki cantik yang belum menemukan celana gunung yang pas tentu cocok dengan celana gunung dari Eiger ini.

Kalau kamu tertarik, kamu bisa mencari di toko online milik Eiger. Di sana kamu bisa mendapatkan celana gunung ini dengan harga 235.000 rupiah. Atau, kamu bisa mencari di toko online lain karena stoknya memang tidak banyak.

9. Forester Wolve Women Series

Rekomendasi Celana Gunung Forester Wolve Women Series
Celana gunung wanita Forester Wolve Women Series.
Nama ProdukKelebihan ProdukHarga Celana Gunung
Forester Wolve Women Series– Harga yang murah – Bahan poliester elastis menyesuaikan bentuk kaki penggunanya – Varian warna yang beragamRp175.000

Untuk kamu pendaki cantik yang mengenakan jilbab, ada Forester Wolve Women Series. Forester dikenal sebagai salah satu produsen peralatan gunung dengan harga yang terjangkau. Itu sebabnya, kamu bisa membeli celana gunung ini dengan harga 175.000 rupiah saja. Harga itu cukup terjangkau untuk kualitas yang diberikan oleh Forester.

Sebagai bahan pertimbangan, ada beberapa poin penting yang mungkin membuat kamu tertarik dari celana gunung ini.

  • Bahan poliester dipilih sebagai bahan utama supaya celana bisa melar menyesuaikan ukuran kaki penggunanya.
  • Bahan poliester yang digunakan masuk dalam kategori quick-dry. Itu berarti, celana ini bisa kering dalam waktu singkat.
  • Varian warna yang ditawarkan oleh celana gunung ini cukup beragam. Walaupun cenderung gelap, tetapi warna-warna tersebut malah menimbulkan kesan tangguh bagi para pendaki cantik.

Walaupun celana outdoor ini banyak dijual di toko online, sebaiknya kamu pilih langsung celana ini di toko outdoor langgananmu. Ini supaya kamu bisa memilih ukuran yang sesuai dengan badan kamu. Jadi, walaupun celana ini bisa melar, kamu tidak akan merasa sempit saat mengenakannya.

10. Consina Monterosa Women Series

Rekomendasi Celana Gunung Consina Monterosa Women Series
Celana gunung wanita Consina Monterosa Women Series.
Nama ProdukKelebihan ProdukHarga Celana Gunung
Consina Monterosa Women Series– Desain sederhana namun bergaya – Bahan katun waterproof – Menggunakan velcro pada bagian pinggang untuk memudahkan pemakaianRp300.000 – 350.000

Jika dibandingkan dua celana gunung sebelumnya, Consina Monterosa Women Series mungkin salah satu yang paling sederhana. Kamu bisa liat sendiri desainnya yang memang sangat sederhana tapi tetap bergaya. Bahkan, kamu bisa mengenakan celana gunung ini untuk celana sehari-hari kamu.

Bahan katun yang dipilih oleh Consina memang cukup kontroversial. Itu karena katun biasanya cepat menyerap air. Untungnya, Consina memilih bahan katun quick-dry. Jadi, walaupun celana ini mudah basah, mudah juga kering.

Selain itu, desain kantung yang diberikan oleh celana gunung ini terbilang cukup unik. Setiap kantung memiliki tutup seperti yang biasa ditemukan di jaket gunung waterproof. Fungsi penutup ini adalah memastikan bahwa barang apapun yang ada di dalam kantung kamu akan tetap kering meskipun kamu mendaki saat hujan.

Sayangnya, warna yang ditawarkan hanya hitam dan abu terang. Tidak ada warna feminin yang mencerminkan women series dari Forester. Akan tetapi, kamu tidak perlu khawatir karena desainnya memang sudah cukup feminin. Kamu juga tidak perlu khawatir dengan ukuran perut karena bagian pinggang celana gunung ini menggunakan velcro. Kamu bisa menyesuaikan ukurannya sesuai dengan lingkar pinggang kamu.

Untuk harganya sendiri, Consina Monterosa Women Series ini dijual mulai dari 300.000 sampai 350.000 rupiah. Di toko online, kamu bisa menemukan celana gunung ini dengan kisaran harga tersebut.

Itu tadi 10 rekomendasi celana gunung terbaik yang bisa kamu pilih untuk berbagai kegiatan outdoor kamu. Kalau kamu bertanya mana yang paling baik, tentu semuanya bergantung situasi dan kondisi di lapangan. Kalau kamu mendaki saat musim hujan, ada baiknya memilih celana dengan bahan waterproof. Kalau kamu mendaki saat musim panas, tentu celana pendek lebih cocok untuk digunakan. Jadi, pilih celana gunung yang sesuai dengan kebutuhan kamu saat melakukan kegiatan outdoor ya.

Baca lebih lanjut: 10 Ide Outfit OOTD Pendaki (Keren & Safety) »

Previous Article

Tips Memilih Jaket Gunung

Next Article

Tips Mendirikan Tenda di Gunung

Tinggalkan komentar