10 Pantai Terindah di Bengkulu yang Lagi Hits (2021)

Pantai terindah di Bengkulu yang lagi hits bisa menjadi tujuan liburan kamu selanjutnya. Terutama buat kamu yang hobi main ke pantai. Di pantai Bengkulu, cuacanya hangat sedikit lembap. Kemudian, atmosfernya cerita sekaligus nyaman.

Seru sekali pokoknya. Tidak heran apabila pantai di Bengkulu selalu menjadi destinasi wisata terfavorit. Pantai mana saja yang paling recommended? Berikut 10 rekomendasi pantai terindah di Bengkulu:

Ingin tahu lebih detail tentang keindahan pantai-pantai di Bengkulu? Yuk, lanjut baca.

1. Pantai Panjang Bengkulu

Pantai Bengkulu Pantai Panjang
Pantai Panjang, Bengkulu (sumber: instagram.com/pantaipanjangbengkulu/).
LokasiDesa Lempuing, Kecamatan Ratu Agung, Kota Bengkulu, Bengkulu (Cek di Google Maps).
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam.
Harga tiket masuk (HTM)Gratis.
Rating ulasan4,4/5.0 – 158 ulasan Google.
Rute menuju tempat wisata dari kota Bengkulu9 menit (3,6 km) lewat Jl. Pariwisata.
Obyek wisata menarik di sekitar pantaiSelancar, pusat kuliner, area bermain, fasilitas olahraga, pusat perbelanjaan.

Pantai Panjang Bengkulu memiliki ombak yang cukup besar. Kamu pun bisa berselancar di sini untuk menaklukkan ombak. Kalau mau ke pantai ini, kamu bisa berangkat dari pusat kota Bengkulu. Jaraknya sekitar 3 km, lama perjalanan 15 menit. Ada beragam moda transportasi, seperti minibus, taksi, mobil sewaan, serta kendaraan pribadi.

Pantai ini memiliki pemandangan indah dengan pasir putih. Ombaknya memukau. Garis pantai panjang hingga lebih dari 7 km. Kondisi pantai juga landai, airnya pun bersih. Hal tersebut menjadi kelebihannya. Di sini kamu bisa bermain air, berjemur, main pasir, hingga minum minuman kelapa muda. Segar.

Pantai ini juga cocok untuk tempat liburan anak. Sudah ada fasilitas berupa taman bermain anak-anak juga. Kamu bisa menikmati liburan apa pun di pantai ini. Namun, paling pas kalau ke sini ramai-ramai. Bisa bersama keluarga atau teman-teman.

Idealnya, kunjungi pantai ini di pagi dan sore hari. Sebab, pantai ini juga menjadi tujuan wisata terapi. Sudah tersedia lintasan untuk lari pagi atau sore. Kamu dapat berolahraga sembari menikmati pemandangan. Udaranya sejuk berkat pohon cemara dan pinus di sekitar pantai.

2. Pantai Pasir Putih Bengkulu

Pantai Bengkulu Pantai Pasir Putih Bengkulu
Pantai Pasir Putih, Bengkulu (sumber: instagram.com/codename.sky/).
LokasiLempuing, Kec. Ratu Agung, Kota Bengkulu, Bengkulu (Cek di Google Maps).
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam.
Harga tiket masuk (HTM)Gratis.
Rating ulasan4,4/5.0 – 1.690 ulasan Google.
Rute menuju tempat wisata dari kota Bengkulu10 menit (6,4 km) lewat Jl. Pariwisata.
Obyek wisata menarik di sekitar pantaiIkon pantai berupa ornamen unik, benteng pemecah ombak sekaligus jalur pejalan kaki, teras kayu dilengkapi bangku-bangku, pusat kuliner.

Pantai Pasir Putih Bengkulu memiliki ombak yang besar saat pasang. Pernah ombaknya mencapai 3 meter hingga bibir pantai. Oleh karena itu, dibangun benteng pemecah ombak. Fungsinya untuk mencegah munculnya dampak akibat ombak pasang. Namun, saat ombak surut, kamu sangat aman untuk bermain air dan pasir.

Pantai ini tidak digunakan untuk berenang. Kamu bisa jalan-jalan menikmati suasana pantainya. Apalagi, pantai berlokasi di barat dari arah pusat kota. Aksesnya mudah sekali, kamu dapat menggunakan moda transportasi apa saja. Bisa naik mobil, motor, serta bis. Kondisi jalannya juga mulus.

Sementara, kondisi pantai terawat dengan baik. Pantai ini sangat bagus. Tidak hanya karena pasir putihnya. Namun, sudah ada fasilitas unik berupa teras kayu di pinggir pantai. Kamu bisa berdiri bersandar di pagar tepiannya, atau duduk di bangku yang tersedia. Lalu, tinggal menikmati keindahan pantai. Ada juga ornamen unik ikon pantai untuk spot foto.

Maka dari itu, pantai ini juga ideal untuk anak-anak. Kalau ke sini, kamu bisa mengajak siapa saja. Bisa dengan keluarga, pasangan, maupun teman-teman. Fasilitas pun lengkap tersedia, seperti kios, gazebo, menara pandang, toilet, serta musala. Kalau ke sini, paling pas di sore hari ketika sunset. Pemandangannya spektakuler.

3. Pantai Zakat

Pantai Bengkulu Pantai Zakat
Pantai Zakat, Bengkulu (sumber: instagram.com/immawasis/).
LokasiPs. Bengkulu, Kec. Sungai Serut, Kota Bengkulu, Bengkulu (Cek di Google Maps).
Jam bukaSenin-Minggu, 08.00-19.00 WIB.
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000/orang.
Rating ulasan4,3/5.0 – 714 ulasan Google.
Rute menuju tempat wisata dari kota Bengkulu6 menit (2,5 km) lewat Jl. Bencoolen.
Obyek wisata menarik di sekitar pantaiJet ski, banana boat, persewaan ban dan pelampung, spot foto, toko souvenir, pusat kuliner.

Pantai Zakat populer di kalangan masyarakat Bengkulu. Ombak pantainya tidak terlalu besar. Bahkan, aman untuk bermain air dan berenang, untuk anak-anak juga. Kalau kamu mau sekadar berjalan keliling pantai juga bisa. Akses ke pantai juga sangat mudah. Jaraknya 1 km saja dari pusat kota Bengkulu. Kamu bisa menggunakan berbagai sarana transportasi, seperti mobil dan motor.

Pantai ini memiliki pemandangan yang begitu indah. Hamparan pasirnya luas. Kamu pun bisa melihat awan yang sering kali terlihat berarak di langit, indah dipandang. Lalu, kondisi pantai juga cukup bersih. Apalagi, kamu bisa melakukan berbagai aktivitas seru di sini. Pengunjung biasanya suka bermain voli pantai, menikmati jet ski, atau naik banana boat. Ada juga persewaan ban untuk berenang.

Pantai ini bisa kamu jadikan tujuan liburan yang tepat. Sangat cocok untuk liburan bersama keluarga dan teman. Buat destinasi romantis bersama pasangan juga bisa. Meskipun pantainya ramai, tapi pemandangannya cantik. Terutama, paling pas kalau kamu ke pantai di sore hari. Kamu bisa memotret keindahan matahari terbenam dari berbagai sudut. Semuanya instagrammable.

4. Pantai Linau

Pantai Bengkulu Pantai Linau
Pantai Linau, Bengkulu (sumber: instagram.com/pesonabengkulu/).
LokasiJalan Lintas Barat, Linau, Maje, Kabupaten Kaur, Bengkulu (Cek di Google Maps).
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam.
Harga tiket masuk (HTM)Rp10.000/orang.
Rating ulasan4,5/5.0 – 606 ulasan Google.
Rute menuju tempat wisata dari kota Bengkulu4 jam 53 menit (223,8 km) lewat Jl. Lintas Barat Sumatera.
Obyek wisata menarik di sekitar pantaiKuliner sate gurita, spot foto.

Pantai Linau memiliki ombak yang lembut sekaligus tenang. Aman sekali untuk berenang saat airnya sedang surut. Air lautnya biru jernih sampai airnya sebening kaca. Sementara, pasirnya putih kecokelatan. Indah, bukan. Sementara, pantai ini memang berada jauh dari kota Bengkulu. Namun, akses ke pantai mudah. Kamu bisa naik kendaraan apa saja, termasuk motor dan mobil ke lokasi.

Kalau kelebihan pantai ini adalah pemandangan airnya yang begitu biru. Terumbu karangnya juga indah. Kemudian, ada satu lagi daya tariknya. Di pantai ini, ada kuliner khas Kabupaten Kaur, yaitu sate gurita. Wajib dicoba.

Selain itu, di pantai ini terdapat dermaga pelabuhan. Jadi, kamu bisa melihat kapal-kapal kecil maupun besar bersandar di dermaga. Kamu juga bisa snorkeling atau naik perahu. Oh iya, kamu bisa juga mengajak anak-anak ke sini. Namun, memang jarang pengunjung ke pantai bersama anak-anak.

Pantai ini paling ideal untuk liburan seru bersama teman-teman. Bersama pasangan juga boleh. Kalau ke pantai, cocok saat siang menjelang sore. Terutama, jika ingin snorkeling, agar pemandangan bawah air terlihat jelas. Lalu, saat sorean, kamu bisa melihat sunset yang cantik sekali.

5. Pantai Laguna Samudera

Pantai Bengkulu Pantai Laguna Samudera
Pantai Laguna Samudra, Bengkulu (sumber: instagram.com/muhamadridhoo2/).
LokasiJalan Lintas Barat Sumatera ruas Krui-Bintuhan desa Merpas, Kec Nasal, Merpas, Kaur, Bengkulu (Cek di Google Maps).
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam.
Harga tiket masuk (HTM)Rp10.000/orang.
Rating ulasan4,5/5.0 – 588 ulasan Google.
Rute menuju tempat wisata dari kota Bengkulu5 jam 20 menit (244,8 km) lewat Jl. Lintas Barat Sumatera.
Obyek wisata menarik di sekitar pantaiBisa berkemah, spot foto ayunan dan dermaga, spot khusus berselancar, kuliner sate gurita.

Pantai Laguna Samudera memiliki ombak yang tidak berbahaya. Airnya sangat jernih serta terlihat kehijauan. Pantai ini juga aman untuk berenang dan bermain air. Ada juga spot khusus dengan ombak menantang untuk berselancar.

Kalau ke sini, walau jauh dari kota Bengkulu, tapi aksesnya mudah. Lalu, sudah tersedia fasilitas lahan parkir yang bisa menampung lebih dari 100 kendaraan bermotor. Di sisi lain, kondisi pantai ini bersih. Pantainya juga landai dengan pasir putih. Kemudian, terlihat berbatuan karang indah di bawah air.

Aktivitas di pantai ini juga banyak. Kamu bisa main air, berenang, hingga selancar. Bisa juga kamu berfoto-foto di spot-spot asyik, seperti ayunan kesukaan pengunjung. Lalu, kelebihan pantai lainnya yang disukai, adalah kamu bisa berkemah di sini. Di samping itu, di sekitar pantai ada kuliner sate gurita yang khas.

By the way, kamu sangat bisa liburan dengan anak-anak ke pantai ini. Apalagi, pantainya aman untuk si kecil kalau mau main air atau pasir. Liburan bersama teman-teman juga seru banget di sini. Kalau mau ke pantai, paling pas saat sore, ya. Biar tidak kepanasan. Lalu, kamu bisa lihat panorama senja yang indah.

6. Pantai Padang Betuah

Pantai Bengkulu Pantai Padang Betuah
Pantai Padang Bertuah, Bengkulu (sumber: instagram.com/ewandasari/).
LokasiPadang Betuah, Pd. Klp., Kabupaten Bengkulu Tengah, Bengkulu (Cek di Google Maps).
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam.
Harga tiket masuk (HTM)Rp2.000/orang.
Rating ulasan4,3/5.0 – 211 ulasan Google.
Rute menuju tempat wisata dari kota Bengkulu40 menit (24,8 km) lewat Jl. Lintas Barat Sumatera/Jl. Padang – Bengkulu.
Obyek wisata menarik di sekitar pantaiDanau di pinggir pantai, padang rumput di atas tebing.

Pantai Padang Betuah memiliki panorama yang mengagumkan. Terutama karena ada danau di pinggir pantainya. Sementara, ombak pantai juga cukup tenang kalau sedang surut. Jadi, kamu bisa bermain air saat ombaknya tidak pasang. Namun, pengunjung cukup jarang berenang. Untuk akses ke pantai mudah, bisa menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat.

Pantai ini keren banget. Jadi, tempat ini berupa pantai dengan tebing. Di atas tebing, ada padang rumput. Kamu bisa duduk-duduk di bangku yang sudah disediakan. Dari atas tebing terlihat pemandangan lautan di sebelah kanan dan danau di kirinya. Di tengahnya, terdapat hamparan pasir. Menarik, ya. Selain duduk-duduk, kamu juga bisa banget berfoto-foto.

Suasana pantai paling seru untuk dikunjungi bersama teman. Namun, tidak kalah serunya pergi ke sini bersama keluarga. Tentu saja, kamu juga bisa mengajak anak-anak. Paling pas kalau mampir pantai ketika sore. Cuaca sudah tidak panas menyengat. Selain itu, kamu bisa melihat senja yang cantik.  

7. Pantai Tapak Paderi

Pantai Bengkulu Pantai Tapak Paderi
Pantai Tapak Paderi, Bengkulu (sumber: instagram.com/pesonabengkulu/).
LokasiKebun Keling, Kec. Tlk. Segara, Kota Bengkulu, Bengkulu (Cek di Google Maps).
Jam bukaSenin-Minggu, 07.00-22.00 WIB.
Harga tiket masuk (HTM)Rp2.000/dewasa. Rp1.000/anak-anak.
Rating ulasan4,4/5.0 – 348 ulasan Google.
Rute menuju tempat wisata dari kota Bengkulu4 menit (1,9 km) lewat Jl. Jendral. Sudirman dan Jl. A. Yani.
Obyek wisata menarik di sekitar pantaiBenteng Marlborough, China Town, pondok sandal jodoh, aktivitas snorkeling.

Pantai Tapak Paderi memiliki ombak yang cukup tenang. Aman untuk bermain air dan berenang di pinggir, baik untuk orang dewasa hingga anak-anak. Akses ke pantai sangat mudah. Jalannya juga mulus. Kamu bisa naik mobil, mini bis, taksi, serta motor. Dari kota Bengkulu ke pantai, perjalanannya sekitar 10 menit.

Pantai ini memiliki hamparan pasir luas serta landai. Pemandangan pantai sangat indah terutama ketika sunset. Di samping itu, di pantai ini terdapat situs bersejarah. Itu adalah benteng peninggalan masa penjajahan Inggris, Benteng Marlborough. Jadi, kamu bisa nikmati wisata alam sekaligus historis di sini.

Selain ada benteng bersejarah, juga ada spot-spot unik. Ada Pondok Sandal Jodoh tempat sandal-sandal digantung. Awalnya, para nelayan jengkel melihat sampah-sampah berserakan. Terutama botol minuman dan sandal. Akhirnya, khusus sampah sandal disusun di dinding yang terbuat dari bambu. Susunannya artistik sehingga menghilangkan kesan sampah yang menumpuk.

Akhirnya, kreasi sandal ini makin terkenal. Bahkan, pengunjung biasa menggantungkan sandal di sini lalu difoto untuk di-posting di media sosial. Masih ada keunikan lain seperti tempat kuliner, toko souvenir, hingga Kampung China. Jadi, pantai ini lengkap banget, cocok untuk wisata bersama keluarga maupun teman. Paling pas ke sini saat sore untuk menyaksikan sunset-nya yang benar-benar mengagumkan.

8. Pantai Pasar Bawah

Pantai Bengkulu Pantai Pasar Bawah
Pantai Pasar Bawah, Bengkulu (sumber: instagram.com/exploresemaku/).
LokasiPs. Bawah, Ps. Manna, Kabupaten Bengkulu Selatan, Bengkulu (Cek di Google Maps).
Jam bukaSenin, Selasa, Kamis, Sabtu, 09.00-17.00 WIB. Rabu, 08.00-16.00 WIB. Jumat, 07.00-16.00 WIB. Minggu, 05.00-16.00 WIB.
Harga tiket masuk (HTM)Rp10.000/orang.
Rating ulasan4,3/5.0 – 286 ulasan Google.
Rute menuju tempat wisata dari kota Bengkulu3 jam 16 menit (141,4 km) lewat Jl. Lintas Barat Sumatera.
Obyek wisata menarik di sekitar pantaiIkon tulisan Pantai Pasar Bawah, tempat kuliner, tempat duduk berpayung.

Pantai Pasar Bawah memiliki ombak sedang. Jadi, aman kalau kamu mau bermain air. Namun, terkadang ombaknya cukup besar. Maka kamu lebih baik tidak berenang dan melakukan aktivitas seru lainnya. Kalau mau ke pantai ini, aksesnya mudah. Kamu pun bisa naik mobil atau motor ke lokasi.

Pantai ini sudah dikelola dengan baik. Selain itu, pemandangannya indah dengan hamparan pasir luas. Uniknya, pasir pantai ini juga kerap dijadikan warga untuk terapi. Tujuannya untuk menyembuhkan penyakit. Sementara, di pinggir pantai sudah ada warung-warung dan tempat duduk.

Banyak anak-anak suka bermain di pantai ini. Terkadang ada anak-anak yang bersepeda di pinggir pantai. Suasana pantai ini tenang dengan pemandangan sunset yang indah. Terlihat jelas saat matahari tenggelam di cakrawala. Pantai ini cocok untuk liburan bersama keluarga, pasangan, atau teman. Mampirlah di sore hari karena sudah tidak panas. Juga ada pemandangan senja yang cantik.

9. Pantai Sungai Suci

Pantai Bengkulu Pantai Sungai Suci
Pantai Sungai Suci, Bengkulu (sumber: instagram.com/wonderfulbengkulu/).
LokasiJalan Pesisir Pantai Panjang, Pondok Kelapa, Pd. Klp., Kabupaten Bengkulu Tengah, Bengkulu (Cek di Google Maps).
Jam bukaSenin-Minggu, 08.30-18.30 WIB.
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000/orang.
Rating ulasan4,5/5.0 – 238 ulasan Google.
Rute menuju tempat wisata dari kota Bengkulu21 menit (11,4 km) lewat Jl. Bencoolen dan Jl. Budi Utomo/Jl. Lintas Barat Sumatera/Jl. Padang – Bengkulu.
Obyek wisata menarik di sekitar pantaiJembatan kembar dari kayu, pulau mini yang terhubung ke pantai oleh jembatan.

Pantai Sungai Suci sangat unik. Pantai ini berupa tebing batu. Kemudian, ada pulau kecil di dekat pantai. Selain itu, ombaknya besar sehingga pantai ini tidak digunakan untuk berenang. Jadi, kamu bisa menikmati pemandangan eksotis dengan jalan-jalan saja. Jaraknya dari pusat kota Bengkulu tidak jauh. Aksesnya juga mudah. Kamu bisa naik kendaraan roda dua dan roda empat.

Aktivitas yang paling favorit adalah menyeberang ke pulau kecil dekat pantai. Sudah ada dua jembatan yang menghubungkan pantai dan pulau. Kamu tinggal menyeberang saja. Sambil menikmati adrenalin saat melihat ombak berdebur kencang di bawah. Tinggi jembatan sekitar 6-7 meter di atas air laut. Di pulau kecil tersebut, kamu bisa melihat keindahan Samudra Hindia yang begitu luas.

Kalau ke pantai ini, bisa banget kamu mengajak anak-anak. Pasti si kecil senang berkeliling jalan-jalan. Apalagi, menyeberang ke pulau. Jadi, pantai ini memang paling ideal untuk liburan bersama keluarga. Bisa juga dengan teman dan pasangan. Waktu yang pas untuk ke pantai yaitu di sore hari. Pengunjung biasanya suka melihat langit sore menjelang sunset di sini.

10. Pantai Podipo (Pulau Enggano)

Pantai Bengkulu Pantai Podipo Pulau Enggano
Pantai Podipo, Kolam Podipo, Pulau Enggano.
LokasiTeluk Podipo, Enggano, Kabupaten Bengkulu Utara, Bengkulu (Cek di Google Maps).
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam.
Harga tiket masuk (HTM)Gratis.
Rating ulasanBelum ada rating.
Rute menuju tempat wisata dari kota Bengkulu
Obyek wisata menarik di sekitar pantaiAktivitas snorkeling.

Pantai Podipo lebih tepatnya merupakan sebuah teluk. Juga biasa dikenal dengan Teluk Podipo atau Kolam Podipo. Tempat ini benar-benar merupakan surga tersembunyi. Ombaknya sangat tenang. Hamparan pasirnya berwarna putih. Hanya saja, akses ke lokasi cukup berbeda dari pantai yang lain.

Pengunjung harus menuju Pelabuhan Pulau Baai. Kemudian, dari sini naik Kapal Perintis untuk sampai di Pulau Enggano. Perjalanan menyeberang dengan kapal memerlukan waktu sekitar 12 jam. Oh iya, biasanya kalau mau ke sini, ada penyewaan perahu nelayan. Atau, bisa juga dengan menyewa sarana transportasi dan logistik dari KSDA Resort Enggano.

Pantai Podipo sendiri sangat, sangat indah. Ada pohon bakau yang tertata rapi. Pasirnya putih bersih. Sementara, air lautnya bening dengan warna biru kehijauan. Kamu bisa main air dan berenang karena ombaknya tenang. Sedikit ke tengah dari tepi pantai, air laut terlihat biru kehitaman. Warna hitam tersebut merupakan terumbu karang di bawah air. Jadi, tempat ini memang ideal untuk snorkeling.

Kalau liburan ke sini paling pas bersama keluarga atau teman-teman. Bisa juga mengajak anak-anak. Hanya saja, di pantai memang tidak ada wahana permainan anak dan semacamnya. Kalau mau ke pantainya, paling pas saat pagi atau sedikit siang. Karena habis snorkeling, kamu bisa melanjutkan jalan-jalan, berkeliling Pulau Enggano dengan naik perahu.

Itulah pantai-pantai terindah di Bengkulu yang lagi hits. Pantai merupakan tempat wisata yang sangat komplit. Di pantai, kamu bisa menikmati olahraga seperti voli, naik banana boat, hingga snorkeling. Kamu juga dapat mencicipi kuliner seafood segar. Tentu kamu juga bisa bermain air, berenang, hingga berselancar. Kegiatan apa yang paling kamu suka di pantai? Share di kolom komentar, ya!

Previous Article

Cara Survival di Gunung

Tinggalkan komentar