10 Pantai Terindah Dekat Wonogiri Paling Hits (2022)

Inilah deretan pantai dengan pemandangan indah yang lokasinya dekat dari Wonogiri, Jawa Tengah. Pantai-pantai ini sangat eksotis, tersembunyi dan sempat viral. Sehingga banyak wisatawan jauh-jauh dari luar kota plesiran ke sini saat akhir pekan & musim liburan.

Berdasarkan letak geografisnya, Wonogiri berlokasi di bagian Tenggara Provinsi Jawa Tengah. Wilayah ini juga berdampingan dengan Pacitan, sehingga membuat Wonogiri memiliki berbagai destinasi wisata pantai yang tak kalah indah dengan daerah lainnya.

Meskipun pantai di sana masih tersembunyi dan jarang diketahui oleh banyak orang, namun view pantainya sangat indah. Nggak heran, banyak wisatawan jauh-jauh dari luar kota plesiran sampai ke batas kota Wonogiri-Pacitan.

Spesial buat kami, kami akan menghadirkan review lengkap pantai tersembunyi, terindah dan terbaru di sekitar Wonogiri. Penasaran? Berikut 10 rekomendasi pantai terindah di Wonogiri versi napaktilas.net.

Ingin tahu lebih detail tentang keindahan pantai-pantai di Wonogiri? Yuk, lanjut baca.

1. Pantai Banyu Tibo

Pantai Wonogiri Pantai Banyu Tibo
Pantai Banyu Tibo, Wonogiri (sumber: instagram.com/javascenery/).
LokasiWidoro, Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp10.000/orang
Wisata menarik terdekat» Pantai Kijingan (1 menit (57.0 m) via Jl. Pantai Banyutibo)
» Pantai Nampu (13 menit (4.9 km) via Jl. Pantai Banyutibo and Jl. Nampu Kalak)
» Pantai Buyutan (22 menit (6.5 km) via Jl. Nampu Kalak)
Kuliner enak terdekat
Rute dari Pracimantoro52 mnt (30,6 km) lewat Jl. Nasional III dan Jl. Paranggupito-Giritontro (Cek rute di Google Maps)
Rating pantai4,5/5 dari 2.744 ulasan Google

Pantai Banyu Tibo merupakan salah satu pantai terindah di Pacitan yang letaknya dekat dengan Wonogiri. Jika kamu mengambil patokan dari Pracimantoro, waktu tempuh dari Pracimantoro, Wonogiri ke Pantai Banyu Tibo sekitar 52 menit (30.6 km). Jalur tercepat lewat Jl. Nasional III dan Jl. Paranggupito-Giritontro.

Okay, yuk, lanjut berkenalan dengan Pantai Banyu Tibo yang tersohor keindahan bibir pantainya ini.

Pantai Banyu Tibo berlokasi di Widoro, Donorojo, Kabupaten Pacitan. Akses jalan menuju pantai ini terbilang mudah dan baik untuk ditempuh, kamu bisa menggunakan mobil maupun motor. Dari Wonogiri, kamu akan menempuh perjalanan selama 1 jam 45 menit.

Jika kamu ke pantai ini, maka kamu akan disuguhkan panorama yang terlihat masih asri dan begitu indah. Selain itu, ada juga air terjun yang langsung terjatuh ke pantai. Hal itulah yang membuat Pantai Banyu Tibo semakin terkesan memukau.

Menurut penuturan warga, Pantai Banyu Tibo memiliki penamaan yang sangat unik. Sebab dibalik nama tersebut, ada makna yang khusus. Kata banyu berasal dari air dan kata tibo bermakna jatuh. Jadi jika digabung  akan menjadi banyu tibo yang berarti air terjun.

Di pantai ini, kamu akan merasa dimanjakan oleh hamparan pasir berwarna putih dan laut biru yang memukau. Sehingga, kamu pun menjadi betah saat berkunjung ke sana.

Saat bermain air di pantai Banyu Tibo, kamu tidak boleh berenang di pantai. Hal ini karena pihak pantai sangat melarang keras. Sebagai gantinya, kamu bisa memancing atau bermain air di tepi pantai saja.

2. Pantai Nampu

Pantai Wonogiri Pantai Nampu
Pantai Nampu, Wonogiri (sumber: instagram.com/solopunya/).
LokasiGunturharjo, Paranggupito, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 24 jam.
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000/orang.
Wisata menarik terdekat» Pantai Puyangan (1 menit (0.0 km) via Jl. Pantai Nampu)
» Pantai Kijingan (14 menit (4.9 km) via Jl. Nampu Kalak and Jl. Pantai Banyutibo)
» Pantai Banyu Tibo (14 menit (4.9 km) via Jl. Nampu Kalak and Jl. Pantai Banyutibo)
Kuliner enak terdekat» Warung Makan Mbok Was (48 menit (28.3 km) via Jl. Paranggupito-Giritontro and Jl. Nasional III)
Rute dari kota Wonogiri1 jam 41 mnt (68,3 km) lewat Jl. Raya Pracimantoro-Wonogiri (Cek rute di Google Maps)
Rating pantai4,5/5 dari 2.703 ulasan Google

Pantai yang berlokasi di Gunturharjo, Paranggupito, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah ini memiliki akses transportasi yang mudah. Dengan waktu tempuh 1 jam 42 menit dari Kabupaten Wonogiri, maka kamu akan bisa sampai tujuan.

Pantai Nampu dikenal sebagai salah satu pantai yang memiliki keindahan dan kesan eksotis. Dihiasi oleh hamparan pasir yang berwarna putih dan karang indah yang tersusun membuat pantai ini dapat menarik perhatian wisatawan. Tak heran jika wisatawan menobatkan pantai Nampu sebagai salah satu pantai di Jawa Tengah yang terkenal di sosial media.

Jika kamu berfoto dengan latar belakang pantai ini, maka hasilnya akan terlihat instagramable, lho. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan kenangan yang tak terlupakan.

Untuk dapat masuk ke kawasan Pantai Nampu, maka kamu akan membayar tiket masuk dengan harga Rp5.000 per orang. Tidak sampai itu saja, bahkan kamu pun bisa melakukan reservasi tiket sebelum datang ke pantai.

Kamu cukup menelepon pihak pengelola pantai Nampu. Dengan sistem reservasi ini, rombongan wisatawan tidak perlu antri membeli tiket. Dengan begitu, kamu lebih cepat sampai ke Nampu.

Selain pasir putih dan karang yang cantik, Pantai Nampu juga masih terasa alami dengan ombak yang beradu dengan karang. Hal tersebut menjadi salah satu daya tarik dari pesona yang dimiliki oleh Pantai Nampu. Pantai ini juga memiliki 3 titik pantai dengan gundukan daratan yang menjadi pemisah.

3. Pantai Sembukan

Pantai Wonogiri Pantai Sembukan
Pantai Sembukan, Wonogiri (sumber: instagram.com/explore_wonogiri/).
LokasiParanggupito, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 06.00-21.00 WIB
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000/orang
Wisata menarik terdekat» Pantai Klotok (3 menit (800 m) dari Pantai Sembukan)
» Pantai Mlenas (14 menit (5.8 km) dari Pantai Sembukan)
» Pantai Krokoh (22 menit (8.4 km) dari Pantai Sembukan)
Kuliner enak terdekat» Warung Makan Mbok Was (38 menit (24.0 km) via Jl. Paranggupito-Giritontro and Jl. Nasional III)
» Rumah Makan Bu. Ari (33 menit (17.2 km) via Jl. Sadeng)
Rute dari kota Wonogiri1 jam 32 mnt (64,0 km) lewat Jl. Raya Pracimantoro-Wonogiri (Cek rute di Google Maps)
Rating pantai4,5/5 dari 872 ulasan Google

Pantai Sembukan adalah pantai di Wonogiri dengan garis pantai yang didominasi oleh bebatuan. Secara administratif, Pantai Sembukan terletak di Paranggupito, Wonogiri. 

Kalau kamu dari Pracimantoro, kamu perlu menempuh perjalanan sekitar 37 menit. Lokasi Pantai Sembukan ada di antara Pantai Klotok dan Pantai Gunung Butak. Tak kalah dengan kedua pantai tersebut, Pantai Sembukan memiliki panorama pemandangan yang Indah lho! 

Sayangnya, kondisi Pantai Sembukan saat Ini agak kurang terawat. Misalnya, tanaman di sekitar tulisan “Pantai Sembukan” yang sudah mulai tinggi. Overall, Pantai Sembukan tetap cantik dan menarik untuk kamu kunjungi. 

Ada 5 hal menarik yang bisa kamu peroleh saat wisata pantai ke Pantai Sembukan, di antaranya:

  1. Pemandangan alam yang indah. 
  2. Adanya bukit yang bisa kamu daki. 
  3. Udara yang segar dan tidak terlalu ramai. 
  4. Pantai bersih. 
  5. Punya daya magis kuat. Konon, Pantai Sembukan menjadi pintu/gerbang ke-13 Ratu Laut Selatan untuk bertemu dengan Raja Kasunanan. 

Oh ya, kalau kamu ke sini, kamu tidak perlu khawatir dengan fasilitasnya. Pantai Sembukan memiliki fasilitas yang cukup lengkap dan terawat dengan baik. Mulai dari area parkir luas, kamar mandi, pendopo hingga kamar mandi. 

Kalau kamu tertarik ke sini, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, di antaranya:

  • Ombak di Pantai Sembukan cukup besar.
  • Pantai Sembukan memiliki area pantai yang cukup sempit.
  • Setiap malam 1 suro, diselenggarakan Upacara Larung Agung.
  • Jangan lupa gunakan sunblock
  • Hampir tidak ada penginapan di dekat Pantai Sembukan. Waktu tempuh penginapan/hotel ke Pantai Sembukan sekitar 40-60 menit. 
  • Jangan lupa untuk membawa kamera. 

Jadi, tertarik untuk liburan ke Pantai Sembukan minggu ini? 

4. Pantai Buyutan

Pantai Wonogiri Pantai Buyutan
Pantai Buyutan, Wonogiri (sumber: instagram.com/miftasyafilaa/).
LokasiBolo, Kalak, Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000 (anak-anak)
Rp10.000 (dewasa)
Wisata menarik terdekat» Pantai Ngandul (2 menit (350 m) dari Pantai Buyutan)
» Pantai Banyu Tibo (21 menit (6.5 km) via Jl. Nampu Kalak)
» Pantai Kijingan (22 menit (6.5 km) via Jl. Nampu Kalak)
Kuliner enak terdekat» RM. Bu Dzakir (41 menit (18.1 km) via Jl. Punung – Kalak and Jl. Punung-Goa Gong)
Rute dari Pracimantoro1 jam 2 mnt (34,5 km) lewat Jl. Nasional III (Cek rute di Google Maps)
Rating pantai4,7/5 dari 467 ulasan Google

Rekomendasi pantai menarik selanjutnya adalah Pantai Buyutan. Pantai Buyutan merupakan Pantai Pacitan dekat Wonogiri yang sangat populer dikunjungi wisatawan saat musim liburan.

Secara administratif, Pantai Buyutan berada di kawasan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Kamu bisa mengakses pantai Buyutan dari Pracimantoro, Wonogiri dengan menempuh perjalanan selama 1 jam 2 menit atau sekitar 34,5 km. Dengan biaya masuk Rp5.000 untuk anak-anak dan Rp10.000 untuk umur dewasa.

Pantai Buyutan ini menjadi salah satu dari 10 destinasi wisata Pantai Pacitan tervaforit wisatawan. Hal tersebut karena keindahan pantai yang mampu menarik perhatian para wisatawan. Selain itu, pantai ini juga terkenal akan ciri khasnya sendiri, yakni ada batu karang yang beraneka ragam bentuknya.

Kebanyakan wisatawan berfoto dengan latar belakang batu karang milik Pantai Buyutan, sebab memang menghasilkan foto yang terlihat instagramable.

Tidak hanya pesona laut yang eksotis, pantai ini juga menawarkan berbagai fasilitas untuk wisatawan. Di antaranya adalah snorkeling, camping ground, dan fasilitas lainnya.

Walaupun lokasi dari destinasi wisata Pantai Buyutan ini masih dalam perkembangan fasilitas, namun tidak membuat wisatawan melewatkannya.

Di sekitar Pantai Buyutan juga ada banyak penginapan yang bisa wisatawan pilih sebagai tempat istirahat. Selain itu, kamu juga akan menemukan kawanan monyet liar di sekitar pantai.

5. Pantai Klayar

Keindahan Pantai Pacitan Di Jawa Timur
Spot foto cantik di Pantai Pacitan, Jawa Timur (sumber: instagram.com/wisatapantaiklayar/)
 LokasiKendal, Sendang, Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masukRp15.000 (dewasa)
Rp10.000 (anak-anak)
Wisata menarik terdekat» Pantai Karang Bolong (2 menit (550 m) melalui Jl. Pantai Klayar)
» New Asgard (8 mnt (3,4 km) melalui Jl. Pantai Klayar)
Hotel terdekat» Homestay Kinasih (1 menit (180,0 m) lewat Jl. Pantai Klayar)
» IstanaOmbak Eco Resort, Hotel Bintang 3 (26 menit (12,0 km) lewat Jl. Pantai Klayar)
Kuliner enak terdekat» Rm Bunda (1 menit (150 m) melalui Jl. Pantai Klayar)
Rute dari Kota Wonogiri1 jam 13 menit (39,3 km) lewat Jl. Punung-Gondosari (Cek rute di Google Maps)
Rating pantai4,5/5 – 11.808 ulasan Google

Pantai Klayar merupakan pantai dengan pasir putih yang dikelilingi tebing batu. Pantai ini memiliki ombak yang cukup ganas tapi juga pemandangan alam yang indah. 

Jika kamu dari Pracimantoro, kamu perlu menempuh perjalanan selama 1 jam 3 menit. Aksesnya sudah baik bahkan kamu bisa liburan ke Pantai Klayar menggunakan bus. 

Lokasi Pantai Klayar berdekatan dengan Pantai Karang Bolong dan Pantai Tebing Panjang. Kedua pantai tersebut juga memiliki keindahan pantai yang tak kalah lho dengan Pantai Klayar. 

Kondisi pantai semakin dikelola dengan baik. Di sekitar sudah banyak homestay yang bisa kamu pilih jika kamu ingin menikmati waktu liburan lebih lama di Pantai Klayar. 

Ada 5 hal menarik yang bisa kamu peroleh saat wisata pantai ke Pantai Klayar, di antaranya:

  1. Pemandangan alam yang indah dan pasir putih. 
  2. Sunset indah. 
  3. Penyewaan wahana seperti ATV untuk berkeliling pantai. 
  4. Batu karang, misalnya yang berbentuk seperti Sphinx.
  5. Seruling laut. 

Untuk mendukung dan menambah kenyamanan kamu saat wisata ke sini, Pantai Klayar sudah memiliki fasilitas yang lengkap. Mulai dari area parkir luas, tempat makan hingga adanya penginapan di sekitar area pantai. 

Sebelum ke Pantai Klayar, terutama buat kamu yang belum pernah ke sini, ada beberapa hal penting yang perlu diketahui:

  • Pantai Klayar memiliki ombak yang besar. 
  • Hindari liburan ke Pantai Klayar saat musim liburan jika kamu tidak suka suasana ramai.
  • Kondisi jalanan yang berkelok dan melewati perbukitan. 
  • Perhatikan tanda pembatas area berbahaya. 

Jadi, tertarik liburan ke Pantai Klayar?

6. Pantai Puyangan

Pantai Wonogiri Pantai Puyangan
Pantai Puyangan, Wonogiri (sumber: Ali Muqodas)
LokasiGunturharjo, Paranggupito, Wonogiri, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Gratis
Wisata menarik terdekat» Pantai Karang Payung (3 menit (1.1 km) via Jl. Pantai Buyutan)
» Pantai Nampu (1 menit (0.0 km) via Jl. Pantai Nampu)
» Pantai Kwaru Gunturharjo (3 menit (1.2 km) via Jl. Pantai Buyutan)
Kuliner enak terdekat
Rute dari kota Wonogiri1 jam 41 mnt (68,3 km) lewat Jl. Raya Pracimantoro-Wonogiri (Cek rute di Google Maps)
Rating pantai4,8/5 dari 28 ulasan Google

Pantai Puyangan merupakan pantai cantik yang terletak di sebelah barat Pantai Nampu. Saat ini, Pantai Puyangan memang belum begitu terkenal, karena letaknya yang tersembunyi dan akses wisata menuju pantai masih belum bagus. Tapi, pesona pantai ini sangat cantik.

Biasanya, wisatawan yang mengunjungi pantai ini, untuk ngecamp. Karena Pantai Puyangan relatif sepi pengunjung, jadi cocok untuk camping ceria yang butuh ketenangan. Tertarik untuk ke Pantai Puyangan?

Jika kamu berangkat dari Pantai Nampu, kamu bisa berjalan kaki dari Pantai Nampu selama 5-7 menit. Petunjuk arahnya sudah jelas, sehingga kamu akan sampai ke Pantai Puyangan dengan aman. Nggak akan tersesat di jalan. Hehe.

Suasana di Pantai Puyangan tergolong asri. Pantainya bersih dan air lautnya segar. Pantai Puyangan ini, cocok untuk healing, karena suasana di sana sangat menentramkan hati dan relatif sepi.

Karena Pantai Puyangan belum terlalu terkenal, maka fasilitas wisata di sekitar pantai masih minim. Jadi, kamu bisa membawa bekal sebelum menuju ke Pantai Puyangan.

Mungkin kamu bertanya, “Pantainya belum begitu terkenal ya? Lalu, apa menariknya wisata di Pantai Puyangan?”

Well, ada beberapa hal yang membuat Pantai Puyangan istimewa, di antaranya:

  • Pertama, suasana di sekitar pantai relatif sepi. Artinya, saat liburan di Pantai Puyangan serasa kamu lagi di privat island.
  • Kedua, Pantai Puyangan dikelilingi bukit tinggi yang cantik.
  • Ketiga, Pantai Puyangan memiliki hamparan pasir pantai yang putih bersih dan ombaknya tenang. Jadi, cocok untuk wisatawan yang suka berkemah.
  • Terakhir, ada banyak spot foto keren di Pantai Puyangan. Terlebih buat kamu yang menyukai foto pemandangan landscape.

So, siap liburan di Pantai Puyangan?

7. Pantai Kwaru Gunturharjo Paranggupito Wonogiri

Pantai Wonogiri Pantai Kwaru Gunturhargo Paranggupito
Pantai Kwaru Gunturhargo Paranggupito, Wonogiri (sumber: instagram.com/daniel__harsono/).
LokasiPetir, Gunturharjo, Paranggupito, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari,24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Gratis
Wisata menarik terdekat» Pantai Karang Payung (2 menit (130 m) dari Pantai Kwaru Gunturharjo)
» Pantai Nampu (3 menit (1.2 km) via Jl. Pantai Buyutan)
» Pantai Banyu Tibo (14 menit (4.9 km) via Jl. Nampu Kalak and Jl. Pantai Banyutibo)
Kuliner enak terdekat» Kampeong Djadjan “Sumber Mirah” Pracimantoro (38 menit (22.8 km) via Jl. Paranggupito-Giritontro)
Rute dari kota Wonogiri1 jam 43 mnt (68,7 km) lewat Jl. Raya Pracimantoro-Wonogiri (Cek rute di Google Maps)
Rating pantai4,5/5 dari 134 ulasan Google

Dari Wonogiri membutuhkan 1 jam 44 menit untuk mengakses pantai yang berlokasi di Gunturharjo, Paranggupito, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Kamu tidak perlu mengeluarkan biaya untuk masuk ke kawasan Pantai Kwaru ini, alias gratis.

Pantai Kwaru adalah salah satu pantai terbaru di Wonogiri yang masih sepi karena belum begitu terkenal. Kondisi pantai terasa alami dan asri. Kamu juga bisa menggunakan motor untuk mengaksesnya sampai tepi pantai. Namun karena pantai ini masih baru, jadi wisatawan belum ramai berkunjung. Tetapi hal tersebutlah yang membuat pantai ini masih terjaga kebersihannya.

Selain itu, di Pantai Kwaru juga ada banyak batu karang terhampar di bibir pantai tersebut. Memiliki air terjun kecil yang mengalir air tawar secara bebas. Oleh karena itu, tidak heran bila kamu bermain air dan langsung terkena air terjun di sana.

Pantai Kwaru atau juga disebut Pantai Kwaru Gunturharjo Paranggupito Wonogiri ini adalah salah satu destinasi wisata yang minim promosi. Maka dari itu, jika kamu penasaran langsung saja datang. Sebab pantai ini masih asri dan bisa kamu jadikan sebagai salah satu daftar kunjungan wisata!

8. Pantai Karang Payung

Pantai Wonogiri Pantai Karang Payung
Pantai Karang Payung, Wonogiri (sumber: instagram.com/miqbalzidny/).
LokasiPalem, Gunturharjo, Paranggupito, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Gratis
Wisata menarik terdekat» Pantai Kwaru Gunturharjo (1 menit (130 m) dari Pantai Karang Payung)
» Pantai Pringjono (1 menit (110 m) dari Pantai Karang Payung)
» Pantai Nampu (3 menit (1.1 km) via Jl. Pantai Buyutan)
Kuliner enak terdekat
Rute dari kota Wonogiri1 jam 42 mnt (68,6 km) lewat Jl. Raya Pracimantoro-Wonogiri (Cek rute di Google Maps)
Rating pantai4,8/5 dari 179 ulasan Google

Pantai Karang Payung merupakan salah satu hidden gem Wonogiri. Pantai ini memiliki air jernih dan dikelilingi oleh perbukitan yang kokoh. Uniknya, terdapat karang di setiap tepi pantai yang terlihat saat air laut surut.

Secara administratif, Pantai Karang Payung berada di Pelem, Gunturharjo, Paranggupito, Wonogiri. Jika kamu dari arah Pracimantoro, kamu perlu menempuh waktu sekitar 46 menit. 

Pantai Karang Payung berada dekat dengan Pantai Banyu Tibo dan Pantai Buyutan. Jadi, kalau kamu liburan ke 2 pantai tersebut, kamu bisa mampir ke Pantai Karang Payung.

Kondisi Pantai Karang Payung saat ini terawat dengan baik. Apalagi, kamu tidak perlu berjalan terlalu jauh dari parkiran ke pintu masuk jika kamu menggunakan motor. 

Ada 5 hal menarik yang bisa kamu peroleh saat wisata pantai ke Pantai Karang Payung, di antaranya:

  1. Pemandangan alam yang indah dan asri. 
  2. Bukit karst yang kokoh dan iconic
  3. Suasana pantai yang asri dan sepi pengunjung. 
  4. Adanya cekungan di bawah tebing yang bisa kamu gunakan untuk tempat berteduh.
  5. Sunset yang eksotis. 

For your information, kamu harus berjalan sekitar 10-15 menit dari tempat parkir ke pantai. Ini karena lokasi pantai yang cukup tersembunyi dan akses jalan yang masih berupa tanah.

Untuk fasilitas, kamu tidak perlu khawatir. Di area Pantai Karang Payung, fasilitas sudah cukup lengkap. Mulai dari warung makan, toilet hingga tempat parkir. 

Kalau kamu tertarik untuk liburan ke sini, kamu perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini:

  • Akses jalan ke Pantai Karang Payung cukup sempit. 
  • Ombak besar.
  • Gunakan alas kaki yang nyaman dan tidak licin terutama saat hujan. 
  • Jangan lupa untuk bawa pakaian ganti dan menggunakan sunblock
  • Bawa makanan atau minuman. 

Jika datang ke Pantai Karang Payung, pastikan untuk berfoto dengan background batu karang ya! Karena, batu karang di pantai Karang Payung sangat ikonis dan cantik.

9. Pantai Kali Mirah

Pantai Wonogiri Pantai Kali Mirah
Pantai Kali Mirah, Wonogiri (sumber: instagram.com/dolansolo/).
LokasiDawung, Gudangharjo, Paranggupito, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Gratis
Wisata menarik terdekat» Pantai Sembukan (23 menit (9.2 km) dari Pantai Kali Mirah)
» Pantai Nampu (32 menit (11.5 km) via Jl. Raya Pantai Nampu)
Kuliner enak terdekat
Rute dari kota Wonogiri1 jam 42 mnt (65,2 km) lewat Jl. Raya Pracimantoro-Wonogiri (Cek rute di Google Maps)
Rating pantai4,4/5 dari 109 ulasan Google

Pantai ini masih termasuk ke dalam kawasan Wonogiri, lebih tepatnya di Dawung, Gudangharjo, Paranggupito, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Akses jalan untuk menuju pantai ini memang belum terlalu memadai, untuk benar-benar ke tepi pantai kamu harus jalan kaki.

Dengan menyuguhkan pemandangan pantai yang memukau, kamu tidak akan mengeluarkan biaya untuk masuk ke kawasan ini. Pantai sangat cocok untuk menguji adrenalin para wisatawan, sebab dengan jalur pantai yang terbilang sulit ditempuh dengan menggunakan motor.

Maka dari itu, kamu akan melewati jalan yang sempit di sekitar tepi jurang. Ketika sampai di Pantai Kali Mirah ini, kamu perlu menuruni berbagai tebing dengan batu karang sebagai hiasannya. Hal ini karena memang di sana belum tersedia anak tangga untuk membantu wisatawan turun ke tepi pantai.

Pantai Kali Mirah mampu menyuguhkan pemandangan yang penuh pesona kepada para wisatawan, air laut jernih dan pasir putih menawan. Kamu juga akan merasa sangat tenang di sana, karena pantai ini belum banyak yang berkunjung.

10. Pantai Klothok

Pantai Wonogiri Pantai Klothok
Pantai Klothok, Wonogiri (sumber: instagram.com/journey_traveling/).
LokasiKranding, Paranggupito, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Gratis
Wisata menarik terdekat» Pantai Sembukan (9 menit (800 m) dari Pantai Klothok)
» Pantai Mlenas (16 menit (6,2 km) dari Pantai Klothok)
Kuliner enak terdekat
Rute dari kota Wonogiri1 jam 32 mnt (64,5 km) lewat Jl. Raya Pracimantoro-Wonogiri (Cek rute di Google Maps)
Rating pantai4,7/5 dari 45 ulasan Google

Pantai Klothok adalah salah satu pantai yang tersembunyi dan berada di kawasan terpencil. Pantai ini berada di Kranding, Paranggupito, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Pantai ini memiliki panorama alam yang tidak kalah menarik dari pantai lainnya.

Untuk sampai ke lokasi pantai, kamu perlu menempuh jarak sekitar 1 jam 37 menit atau 69,km dari Kabupaten Wonogiri. Pantai Klothok memang masih minim akan fasilitas dan tidak mematok biaya masuk ke kawasannya.

Pantai ini juga berlokasi tidak jauh dari Pantai Sembukan, lebih tepatnya di bagian barat Pantai Sembukan. Di sana banyak wisatawan yang memancing, jadi bagi kamu yang suka memancing maka pantai ini cocok untuk dikunjungi.

Meskipun Pantai Klothok masih minim pengunjung dan fasilitas, namun tetap akan membuat nyaman pengunjungnya. Apalagi jika kamu ingin mencari ketenangan, maka healing di pantai ini jawabannya. Ada batu karang yang bisa kamu gunakan sebagai spot foto aesthetic loh!

BONUS:

Pantai Njojogan

Pantai Wonogiri Pantai Njojogan
Pantai Njojogan, Wonogiri (sumber: instagram.com/journey_traveling/).
LokasiKlampeyan, Paranggupito, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah, (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000/orang
Wisata menarik terdekat» Pantai Klotok (16 menit (5,9 km) dari Pantai Njojogan)
» Pantai Mlenas (1 menit (350 m) dari Pantai Njojogan)
Kuliner enak terdekat
Rute dari kota Wonogiri1 jam 38 mnt (64,3 km) lewat Jl. Raya Pracimantoro-Wonogiri (Cek rute di Google Maps)
Rating pantai4,6/5 dari 28 ulasan Google

Pantai Njojogan atau juga dikenal dengan nama Pantai Jujugan Wetan berada di Paranggupito, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Pantai ini juga dekat dengan lokasi Pantai Sembukan. Dengan akses tempuh menggunakan mobil selama 1 jam 40 menit dari Wonogiri.

Jika kamu ke pantai ini, maka kamu akan membayar tiket masuk sebesar Rp5.000 untuk setiap orang. Harga tiket masuknya relatif murah. Namun, kamu akan mendapatkan pemandangan pantai yang sangat cantik.

Pantai ini termasuk ke dalam pantai yang belum terjamah oleh masyarakat secara luas, hanya warga lokal saja yang mengunjunginya. Di Pantai Njojogan, kamu bisa berburu lobster untuk dimakan ketika lapar melanda.

Selain itu, juga terdapat batu karang yang menjadi habitat dari lobster dan hewan laut lainnya. Pantai Njojogan juga biasa dijadikan sebagai camping ground bagi para wisatawan yang berkunjung.

Hal ini karena di sana telah tersedia peralatan camping yang pihak pantai sewakan kepada khalayak umum. Dengan menggunakan paket outbound minimal 20 orang, maka kamu bisa membayar Rp75.000 untuk setiap orangnya.

Jadi pantai ini sangat cocok kamu kunjungi jika menyukai dunia petualang, sebab jalur yang digunakan mampu membuat adrenalin tertantang. Namun kamu juga harus memastikan bahwa stamina dan peralatan sudah mendukung.

Pantai Pringjono

LokasiGunturharjo, Paranggupito, Wonogiri, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masukRp5.000
Rating pantai4.8/5 – 20 Ulasan Google

Pantai Pringjono adalah salah satu hidden gem di Wonogiri. Pantai ini terbilang cukup tersembunyi sehingga cocok untuk kamu yang ingin healing. 

Secara administratif, Pantai Pringjono terletak di Gunturharjo, Paranggupito, Wonogiri, Jawa Tengah. Letaknya yang tersembunyi membuat pantai ini masih sepi pengunjung dan cukup asing. 

Jika kamu dari Pracimantoro, Kamu perlu menempuh perjalanan selama 46 menit. Kamu perlu melewati jalanan yang agak menantang dan berkelok. 

Pantai Pringjono berdekatan dengan Pantai Nampu dan Pantai Kwaru Gunturharjo. Jadi, kalau kedua pantai tersebut sedang ramai pengunjung, kamu bisa memilih untuk liburan ke Pantai Pringjono. 

Sayangnya, kondisi Pantai Pringjono belum ada pengelolaan yang maksimal. Hingga kini, Pantai Pringjono masih cukup asri dengan pemandangan alam yang indah.

Ada 5 hal menarik yang bisa kamu peroleh saat wisata pantai ke Pantai Karang Payung, di antaranya:

  1. Pemandangan alam yang indah dan pasir putih. 
  2. Muncul air tawar ketika kamu menggali bibir pantai. 
  3. Suasana yang masih asri. 
  4. Masih sepi pengunjung. 
  5. Surganya nelayan lobster. 

Pantai Pringjono memang tersembunyi, tapi pantai ini sudah dilengkapi dengan fasilitas seperti area parkir, toilet serta warung makan. Akan tetapi, untuk jaga-jaga, kamu bisa membawa bekal seperti minum dari rumah. 

Jika kamu tertarik ke sini, ada beberapa tips yang bisa membantu kamu, di antaranya:

  • Akses jalannya cukup berat. Kamu harus melewati jalan setapak dan ladang atau sawah warga untuk sampai ke pantai. 
  • Gunakan alas kaki yang nyaman dan tidak licin. 
  • Bawa baju ganti dan bekal. 
  • Jika ingin berkemah, kamu bisa mendirikan tenda di sisi atas bukit mengingat air pasang saat sore hari. 

Lanjut yuk ke pantai selanjutnya!

Pantai Dadapan

LokasiPendowo, Jepitu, Girisubo, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masukRp10.000 per orang
Rating pantai4.6/5 – 59 Ulasan Google

Pantai Dadapan merupakan pantai yang berada di perbatasan Yogyakarta dan Wonogiri. Pantai ini memiliki area yang kecil dan masih sepi pengunjung.

Secara administratif, Pantai Dadapan terletak di Pendowo, Jepitu, Girisubo, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Dari Pracimantoro, kamu tidak bisa langsung sampai ke Pantai Dadapan. 

Akses jalan yang masih susah menjadi salah satu alasannya. Karena itu, kamu harus ke Pantai Wediombo terlebih dahulu kemudian berjalan ke arah Pantai Dadapan sekitar 2 km. 

Sebenarnya, kamu bisa menaiki motor hingga ke area parkir Pantai Sedahan. Lalu berjalan sekitar 6 menit untuk mencapai ke Pantai Dadapan. Sayangnya, kami belum menemukan informasi terkait dengan lamanya waktu perjalanan dari Wonogiri ke area parkir Pantai Sedahan. 

Kondisi Pantai Dadapan saat ini masih asri. Belum ada pengelolaan yang maksimal dari pengelola sehingga kamu perlu membawa bekal sendiri kalau ingin ke sini. 

Ada 5 hal menarik yang bisa kamu peroleh saat wisata pantai ke Pantai Dadapan, di antaranya:

  • Pemandangan alam dan hamparan pasir putih yang indah. 
  • Suasana masih asri dan sepi pengunjung. 
  • Bisa untuk camping
  • Bukit dan batuan karang. 
  • Banyaknya kupu-kupu. 

Pantai Dadapan belum dilengkapi dengan fasilitas yang cukup. Bahkan, toilet atau kamar mandi pun tidak kamu temukan di sini. 

Jadi, sebelum kamu liburan ke Pantai Dadapan, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan:

  • Akses jalan sulit. 
  • Jika kamu bingung rutenya, kamu bisa bertanya ke petugas yang ada di Pantai Wediombo. 
  • Belum adanya fasilitas yang baik.
  • Bawalah bekal dan perlengkapan lainnya. 
  • Cocok untuk camping
  • Jangan membuang sampah sembarangan. 

So, semakin tertarik liburan ke Pantai Dadapan?

Itulah 10 rekomendasi pantai terindah yang d Wonogiri, masing-masing pantai memiliki ciri khas tersendiri. Dan kamu akan mendapatkan pengalaman berkesan saat berlibur ke pesisir Wonogiri.Yuk, wisata ke Wonogiri.

Terakhir, ketika datang ke pantai, sangat disarankan untuk tidak membuang sampah sembarangan ya guys. Hal tersebut agar membantu pantai tetap terjaga dan bebas dari limbah sampah yang bertebaran. Sehingga, pantai pun tetap bersih, dan terawat.

Baca lebih lanjut: 10 Wisata Pantai Terindah di Gunungkidul yang Lagi Hits (2022) »

Dapatkan update artikel pilihan dan breaking news seputar hiking, camping dan traveling dari Napaktilas.net. Mari bergabung di Grup Telegram "Napaktilas.net Adventure Addicts", caranya klik link https://t.me/napaktilasnet, kemudian join. Kamu harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan komentar