Pineus Tilu Riverside Camping Pangalengan

Napaktilas.net – Akibat merebaknya virus Covid-19 di area Bandung, Jawa Barat, pemerintah menerapkan pemberlakuan PPKM (Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat) secara massal. Alhasil, tempat wisata pineus tilu riverside camping pangalengan terimbas dampaknya.

Pineus Tilu Camp Ground merupakan tempat wisata alam di Pulosari, Pangalengan, Bandung, yang menawarkan wisata alam. Pengunjung bisa berkemah di bibir sungai dengan menikmati pemandangan alam yang indah. Fasilitas dari pengelola pun lumayan lengkap. Mulai dari tenda, fasilitas MCK, rumah makan, tempat bersantai, spot foto dan area camping yang nyaman.

Namun, akibat pandemi Covid-19, pengunjung tempat wisata ini mulai turun. Hal ini karena pemerintah kota Bandung memberlakukan aturan PPKM.

Alih-alih, mengikuti aturan PPKM dari pemerintah kota Bandung, pihak pengelola malah membuka tempat wisata dan mengindahkan protokol kesehatan. Akibatnya, banyak wisatawan dari berbagai daerah datang memenuhi tempat wisata Pineus Tilu Camp Ground sampai menimbulkan kerumunan.  

Pada Jumat (30/7), beberapa rombongan petugas dari Satgas Covid-19 dan aparat melakukan investigasi ke lokasi wisata Pineus Tilu Camp Ground. Dan terbukti, banyak pengunjung yang abai masalah protokol kesehatan. Padahal, prokes tersebut dibuat untuk melindungi semua warga di Bandung agar tidak terserang virus Covid-19.

Karena kondisi sudah tidak terkendali, akhirnya aparat berwenang melakukan tindakan pembongkaran tenda-tenda wisata yang berada di Pineus Tilu Camp Ground. Pembongkaran ini bertujuan menindak tegas tempat wisata yang abai dengan aturan PPKM.

Melansir dari cirebonraya.com, personel yang terlibat dalam kegiatan investigasi dan pembongkaran tenda ci Pineus Tilu Camp Ground berjumlah 13 personel. Petugas gabungan ini terdiri atas anggota TNI/POLRI, Satpol PP, Linmas, hingga Satgas Covid-19.

Menurut penuturan Kapolresta Bandung, Kombes Pol Hendra Kurniawan, pengunjung datang karena tergiur dengan iklan di media sosial. Banyak foto-foto yang beredar di media sosial menunjukkan Peneus Tilu sudah buka dan beroperasi normal. Pengunjung yang ingin datang ke lokasi wajib mendaftar dulu secara online kepada admin pengelola Pineus Tilu Camp Ground. Akibatnya, banyak yang tetap berwisata karena tempat wisata sudah boleh dikunjungi secara legal.

Kombes Pol Hendra Kurniawan menghimbau kepada masyarakat untuk mengikuti aturan PPKM sampai batas yang telah ditentukan. Mohon ditunda dulu wisatanya, Bandung sedang siaga. Namun, nyatanya himbauan dan sosialisasi tersebut tidak dihiraukan oleh pegiat tempat wisata dan warga.

Menurut laporan dari Kombes Pol Hendra Kurniawan, ”Petugas telah memberikan teguran kepada pengelola tempat wisata dan membongkar tenda di area camping ground sejak Jum’at (30/7). Namun, pada hari Sabtu (31/7) dan Minggu (1/8) tempat wisata tetap ramai pengunjung.”.

Hendaknya wisatawan dan pengelola mengikuti anjuran pemerintah semasa PPKM. Dengan begitu, Bandung akan cepat pulih dari kondisi darurat persebaran Covid-19 ini.

Baca lebih lanjut: Camping Ground Terbaik di Jawa Barat »

Previous Article

Cara Menghindari Babi Hutan di Gunung

Next Article

Film Pendakian Gunung Terbaik

Tinggalkan komentar