10 Rekomendasi Tempat Camping Terbaik di Majalengka (2021)

Jika kamu bosan camping di Bandung, Bogor, atau Sukabumi, Majalengka bisa menjadi opsi destinasi camping alternatif. Walaupun tidak setenar beberapa kota wisata lainnya, tetapi Majalengka menyimpan hidden gems untuk pencinta alam. Kamu akan terkejut dengan apa yang ditawarkan oleh salah satu kabupaten di Tatar Pasundan ini. Bentang alam yang indah dan malam berbintang akan menemanimu terlelap di dalam tenda. Biar kamu lebih paham tentang tempat camping di Majalengka, Kami akan berikan sedikit bocoran menarik. Berikut 10 rekomendasi tempat camping terbaik di Majalengka:

Mulai penasaran? Yuk, lanjut baca.

1. Taman Wisata Alam Cadas Gantung

Taman Wisata Alam Cadas Gantung Majalengka
Taman Wisata Alam Cadas Gantung, Majalengka.
LokasiMirat, Leuwimunding, Majalengka, Jawa Barat.
JamSetiap hari, jam 08.00 WIB – 17.00 WIB.
Harga paket wisataTiket: Rp10.000,00.
Telepon0857-2140-2100.
Estimasi waktu33 menit dari kota Majalengka.
Wana wisata di sekitarTebing, perbukitan.

Dari pusat kota Majalengka, kamu perlu menempuh jarak sekitar 60 km ke Desa Mirat Leuwimunding. Namun, setelah sampai ke sana, kamu masih harus mendaki. Meski begitu, lahan pada bagian puncak cukup landai. Sehingga, tempat ini bisa dijadikan sebagai lokasi camping.

Tempat Camping Di Majalengka Taman Wisata Alam Cadas Gantung
Area camping ground Taman Wisata Alam Cadas Gantung || pic: Instagram.com/cadas_gantung/.

Pesona perbukitan yang satu ini memang tidak mudah untuk dijangkau. Kamu harus melewati jalan yang terjal, berlubang, dan curam. Jadi, untuk menuju ke sana, persiapanmu harus matang. Pastikan kamu membawa tas ransel yang kuat dan mudah untuk dibawa. Selain itu, gunakan sepatu yang nyaman dan kuat.

Di sini, kamu memang tidak akan mendapatkan fasilitas premium seperti layaknya glamping. Hanya saja, keanekaragaman flora di Cadas Gantung sangat menawan. Selain itu, sunrise dan sunset di sana sangat jelas dan indah. Warna matahari yang temaram berpadu dengan indahnya hamparan persawahan. Inilah surga bagi pencinta alam.

2. Bukit Mercury Sayang Kaak

Tempat Camping Di Majalengka Bukit Mercury Sayang Kaak
Camping ground di tempat wisata Bukit Mercury Sayang Kaak, Majalengka.
LokasiCibuluh Blok, Tejamulya, Argapura, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.
JamSenin-Kamis dan Sabtu-Minggu, jam 07.00 WIB – 17.00 WIB. Jumat, jam 13.00 WIB-19.00 WIB.
Harga paket wisataTiket: Rp10.000,00. Sewa campsite: Rp15.000,00. Beli seikat kayu bakar: Rp10.000,00.
Telepon0822-1488-4554.
Estimasi waktu57 menit dari kota Majalengka.
Wana wisata di sekitarTaman Nasional Gunung Ceremai, spot selfie.

Bukit Mercury Sayang Kaak terletak di Argapura. Lokasi wisata yang satu ini menawarkan berbagai hal yang kekinian. Misalnya, seperti spot selfie di puncak tebing, tempat duduk putih ala Eropa, dan gazebo.

Dari ketinggian Bukit Mercury Sayang Kaak, kamu dapat melihat Taman Nasional Gunung Ciremai. Pemandangan yang menawan ini tidak hanya cocok untuk selfie. Ia juga sangat menentramkan hati. Ketika senja tiba, siluet-siluet pepohonan di sana memberikan gambaran yang indah.

Fasilitas lain yang disukai oleh pengunjung di sini adalah ngopi di tebing jurang. Di tempat ini, kamu bisa menikmati hangatnya kopi sembari dimanjakan pemandangan lembah Ceremai. Terdapat pula view kebun bawang yang asri.

Spot Foto Di Bukit Mercury Sayang Kaak
Spot foto di Bukit Mercury Sayang Kaak, Majalengka.

Mulai hits pada tahun 2019, fasilitas umum di Bukit Mercury Sayang Kaak semakin diperbaiki. Sehingga, kamu tidak perlu khawatir pada saat berkemah di sana. Terdapat shelter, toilet, air bersih, dan musala.

Bukit Mercury Sayang Kaak berdiri di ketinggian 1600 mdpl. Suhunya pun cukup dingin, yakni sekitar 16 derajat Celsius. Pada saat berada di sana, jangan lupa untuk mengenakan baju tebal, ya.

Jalan menuju Bukit Mercury Sayang Kaak dapat ditempuh dengan mobil. Namun, ada beberapa jalan yang agak sempit. Pengguna mobil harus sedikit bersusah payah. Untuk itu, akan lebih menyenangkan jika kamu ke sana dengan sepeda motor.

3. Buper Cipanten

Tempat Camping Di Majalengka Buper Cipanten
Tempat camping di Majalengka – Buper Cipanten (Sumber: Instagram.com/exploremajalengka/).
LokasiArgalingga, Majalengka, Jawa Barat.  
JamSenin-Kamis dan Sabtu-Minggu, jam 07.00 WIB – 17.00 WIB. Jumat, jam 13.00 WIB-19.00 WIB.
Harga paket wisataTiket masuk cipanten Rp. 5.000,00. Wahana Becak Air Rp. 20.000,00 / 20 menit. Spot selfie Rp. 2.500,00. Perahu Rp. 5.000,00.
Telepon+62 817-613-246.
Estimasi waktu48 menit dari kota Majalengka.
Wana wisata di sekitarHutan pinus, Situ Cipanten.

Hal yang terkenal dari bumi perkemahan ini adalah jajaran pinusnya. Berkemah di antara jajaran pinus sungguh teduh, sejuk, dan menyenangkan. Tak mengherankan apabila banyak anak muda pencinta camping menobatkan Buper Cipaten sebagai salah satu tempat camping terbaik di Jawa Barat. Ini karena fasilitas dan pemandangan camping ground Cipaten sangat bagus.

Dari Pasar Maja, kamu bisa pergi ke arah Curug Muara Jaya. Kemudian, lurus terus hingga Desa Argalingga. Setelah itu, belok kiri sampai pertigaan arah Desa Cikaracak. Kurang lebih 200 meter di bagian kiri, ada gapura ke Bumi Perkemahan Cipanten.

Fasilitas Buper Cipanten ini cukup lengkap. Di sana, kamu bisa menikmati:

  • Tempat parkir.
  • Musala.
  • Warung-warung.
  • Toilet.
  • Instalasi listrik untuk charging.
  • Wahana permainan pohon pinus.
  • Spot selfie.
  • Sepeda gantung.
  • Perahu.
  • Becak air.
  • Mata air.

Mata air yang jernih itu sangat bersih dan segar. Air di dalamnya bisa kamu tampung untuk mandi atau minum.

Wisata Air Di Buper Cipanten
Wisata air di Buper Cipanten, Majalengka.

Lokasi bumi perkemahan ada di tengah-tengah jajaran pinus. Kondisi ini memberikan kesan romantis pada malam hari. Apalagi, jika langit sedang cerah-cerahnya. Kamu akan merasa seperti tengah berada di negeri dongeng.

Pengelola menyediakan fasilitas sewa tenda, hammock, dan alas tidur. Untuk mengetahui berapa harga yang harus kamu bayar, kamu dapat menghubungi pengelola.

4. Bumi Perkemahan Desa Pajajar

Bumi Perkemahan Desa Pajajar Majalengka
Bumi Perkemahan Desa Pajajar, Majalengka.
LokasiPajajar, Rajagaluh, Majalengka, Jawa Barat.  
JamSetiap hari, 24 jam.
Harga paket wisataTiket masuk: Rp15.000,00 untuk anak, Rp17.000,00 untuk dewasa (weekdays). Tiket masuk: Rp17.000,00 untuk anak, Rp20.000,00 untuk dewasa (weekend dan hari libur).
Telepon
Estimasi waktu28 menit dari kota Majalengka.
Wana wisata di sekitarPetilasan Prabu Siliwangi, Telaga Emas, Telaga Pancuran, Situ Bebes, Situ Cipadung.

Lokasi camping ini menawarkan pemandangan telaga yang begitu menenangkan. Di pinggir-pinggirnya danau terdapat pepohonan yang berjajar dengan cantiknya. Telaga ini tidak terlalu dalam, lho. Pengelola pun mengizinkan pengunjung untuk berenang di sana.

Telaga Di Dekat Bumi Perkemahan Desa Pajajar
Telaga di dekat Bumi Perkemahan Desa Pajajar.

Bumi Perkemahan Desa Pajajar juga dikenal sebagai Buper Prabu Siliwangi. Masyarakat sekitar percaya bahwa tempat ini dulunya adalah petilasan Prabu Siliwangi di Kaki Ceremai. Itulah alasan mengapa pada pintu gerbang, kamu akan disambut oleh patung harimau. Hewan ini merepresentasikan sosok penguasa Kerajaan Sunda Galuh tersebut.

Karena dianggap sebagai bekas petilasan, kerap ada rumor mistis yang beredar di sana. Namun, kamu tak perlu takut. Selalu ada banyak orang yang berwisata ke sana. Apalagi, lokasi ini juga merupakan langganan anak pramuka untuk berkemah. Wisatawan juga suka berenang di Telaga Emas dan Telaga Pancuran.

Jika kamu pergi ke sana menaiki kendaraan pribadi, kamu bisa memarkir kendaraan di area parkir. Area ini terletak 400 meter dari campsite. Alternatif lain untuk menuju ke sana adalah dengan menaiki kendaraan umum. Dari terminal Rajagaluh, kamu bisa naik pickup menuju Buper Desa Pajajar.

5. Camping Ground Curug Leles

Tempat Camping Di Majalengka Camping Ground Curug Leles
Camping Ground Curug Leles, Majalengka.
LokasiJl. Padaherang, Padaherang, Sindangwangi, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.
JamSenin-Jumat, 09.00 WIB-16.00 WIB.
Harga paket wisataTiket masuk: Rp15.000,00. Tiket ke curug: Rp10.000,00.
Telepon0813-2408-2969.
Estimasi waktu35 menit dari kota Majalengka.
Wana wisata di sekitarSungai Cileles, Curug Leles.

Pusat perhatian dari camping ground ini adalah air terjun alias curug Leles. Aliran air pada batuan yang bertingkat memberikan view yang melegakan hati. Air itu mengalir dari Sungai Cileles yang alirannya tidak deras.

Spot Foto Cantik Di Curug Leles
Spot foto cantik di Curug Leles.

Di tengah sungai, dibangun jembatan besi tempat wisatawan dapat menikmati suasana. Banyak pula di antara mereka yang berfoto-foto di jembatan.

Camping ground sendiri terletak di antara pepohonan pinus tinggi, tak jauh dari curug. Fasilitasnya cukup lengkap, mulai dari musala, toilet, ruang pertemuan, sampai kantin-kantin. Area camping ground juga landai dan rapi, sehingga nyaman untuk pemula. Pada saat-saat tertentu, daun-daun itu gemeresik ditimpa angin. Suara-suara serangga yang bersahutan membuat suasana terasa lebih khidmat.

Di Buper Leles, pengunjung juga dapat mengikuti pendidikan konservasi. Contohnya, seperti pengamatan satwa liar dan penanaman pohon. Bagi kamu yang suka berkegiatan di dekat alam, kamu akan bahagia berkemah di sana.

6. Buper Telaga Pancar

Tempat Camping Di Majalengka Buper Telaga Pancar
Buper Telaga Pancar, Majalengka.
LokasiLengkong Kulon, Sindangwangi, Majalengka, Jawa Barat.
JamSenin-Jumat, 08.00 WIB-17.00 WIB.
Harga paket wisataTiket masuk: Rp10.000,00 (belum termasuk penyewaan tenda).
Telepon
Estimasi waktu30 menit dari kota Majalengka.
Wana wisata di sekitarTelaga Pancar, Bukit Pinus.

Telaga Pancar difungsikan sebagai wana wisata. Sehingga, pepohonan dan tumbuhan lain senantiasa terlindungi. Kondisi ini membuat Telaga Pancar terasa asri dan nyaman digunakan untuk berkemah.

Di Buper Telaga Pancar, ada begitu banyak kegiatan yang dapat kamu lakukan. Kegiatan-kegiatan itu antara lain:

  • Bermain ayunan.
  • Main undak-undakan.
  • Naik ke puncak bukit.
  • Melihat ikan-ikan di Telaga Pancar.
  • Makan nasi liwet/nasi bungkus ikan peda.
  • Melihat gunung yang seperti candi.
  • Memanah.
  • Berkemah.

Jika kamu ingin menggunakan tenda peleton, kamu bisa mendapatkan gratis dari pengelola. Namun, untuk jenis tenda lain, kamu bisa menyewanya dengan harga tertentu.

Berkemah di antara bukit pinus dan di dekat telaga menciptakan ketenangan. Ini merupakan tempat wisata yang layak kamu pilih jika ingin menepi dari riuhnya perkotaan.

Dari pusat Majalengka, Buper Talaga Pancar mudah untuk diraih. Kamu hanya perlu menempuh jarak sejauh 23,4 km.

7. Cidewata Campground

Tempat Camping Di Majalengka Cidewata Campground
Cidewata Campground, Majalengka.
LokasiPayung, Rajagaluh, Majalengka, Jawa Barat.
JamSenin-Jumat, 08.00 WIB-17.00 WIB.
Harga paket wisataTiket masuk: Rp10.000,00 (belum termasuk penyewaan tenda, paket nasi liwet, api unggun, dan sebagainya).
Telepon0838-6614-7979.
Estimasi waktu1 jam 5 menit dari kota Majalengka.
Wana wisata di sekitarHutan Ciremai.

Bumi perkemahan ini terletak di wilayah konservasi Hutan Ciremai. Sehingga, nuansanya asri, alamnya subur, dan udaranya begitu sejuk. Ia diapit oleh dua hulu sungai dan berada pada ketinggian 1.078 mdpl. Pada siang hari saja, suhunya di bawah 25 derajat celcius. Jadi, jika kamu pergi ke sana, jangan lupa untuk membawa baju tebal.

Cidewata juga terkenal akan kekayaan fauna. Hewan-hewan yang dapat kamu temui di sana antara lain babi hutan, menjangan, dan jalak kebo. Kekayaan fauna ini juga dibarengi dengan flora yang variatif. Di sana, terdapat tanaman pinus, puspa, harendong, sampai dengan pinus.

Lansekap di Cidewata begitu menawan. Camping ground ini dikelilingi oleh perbukitan. Pada subuh dan senja, kamu dapat melihat indahnya sunrise dan sunset. Pemandangan matahari terbit terlihat jelas dari bukit Liang Angin. Sementara itu, matahari terbenam terlihat jelas dari balik Gunung Tampomas.

Di camping ground, pengunjung dapat menikmati berbagai macam fasilitas. Fasilitas-fasilitas tersebut antara lain:

  • Toilet.
  • Musala.
  • Warung-warung.
  • Ayunan.
  • Sepeda gantung.
  • Outbound.
  • Penyewaan tenda, hammock, dan sleeping bag.

Untuk menuju ke tempat ini, dari Majalengka, kamu hanya perlu menempuh jarak 22,1 km. Kamu bisa melewati Jalan Gunung Kuning-Sindang untuk rute yang terdekat.

8. Bukit Kanaga

Tempat Camping Di Majalengka Bukit Kanaga
Camping ground Bukit Kanaga, Majalengka.
LokasiCiinjuk, Cipulus, Cikijing, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.
JamSetiap hari, 08.00-17.00.
Harga paket wisataBerkemah: Rp20.000,00 per orang.
Telepon0858-6233-2636.
Estimasi waktu1 jam 8 menit dari kota Majalengka.
Wana wisata di sekitarGunung Ciremai, Sungai Cilutung, Sungai Ciputri.

Bukit Kanaga adalah tempat wisata favorit baru di Majalengka. Seperti beberapa campground lain, ia juga terletak di kaki Gunung Ciremai. Sehingga, udaranya pun terasa sejuk. Lokasinya juga diapit oleh dua sungai. Kedua sungai itu adalah Sungai Cilutung dan Sungai Ciputri. Keberadaan dua sungai itu memberikan kesan subur dan mempercantik pemandangan. Ditambah lagi, terdapat deretan pinus-pinus. Tumbuhan dengan aroma yang menyenangkan ini adalah vegetasi alami dari Gunung Ciremai.

Sejauh mata memandang, yang kamu lihat di Bukit Kanaga adalah terasering dan kebun-kebun warga desa. Pemandangan ini begitu menyejukkan mata. Terlebih, terkadang kabut tipis menyelimuti pemandangan tersebut. Tidak mengherankan banyak fotografer yang datang ke sana.

Bukan hanya berfoto, pengunjung juga bisa berkemah di sana. Luas dari camping ground Bukit Kanaga sendiri adalah tiga hektar. Cukup luas untuk memuat banyak pengunjung. Area perkemahan dinaungi oleh pohon-pohon pinus, membuatnya teduh.

Beberapa hal yang dapat kamu lakukan di area berkemah antara lain:

  • Duduk-duduk dan menikmati pemandangan di gazebo.
  • Bersantai di hammock.
  • Trekking dengan sepeda.
Bersantai Di Hammock Saat Camping Di Bukit Kanaga
(Sumber: Instagram.com/bukitkanaga_official/).

Walaupun beberapa jalan utama menuju Bukit Kanaga sedikit berlubang dan berbatu, tetapi ia dapat dijangkau dengan kendaraan roda empat. Selain itu, jaraknya pun hanya sekitar 29 km dari alun-alun Majalengka.

9. Bukit Pamoroan

Tempat Camping Di Majalengka Bukit Pamoroan
Bukit Pamoroan, Majalengka.
LokasiSedaraja, Cingambul, Majalengka, Jawa Barat.
JamSetiap hari, 24 jam.
Harga paket wisataCamping: Rp15.000.
Telepon0878-3803-2086.
Estimasi waktu1 jam 18 menit dari kota Majalengka.
Wana wisata di sekitarGunung Ciremai.

Bukit Pamoroan adalah salah satu tempat favorit untuk trekking. Medannya cukup ramah dan tidak terlalu terjal. Pemandangan di bagian atas bukit sangat indah dan juga menawan. Dari atas bukit, kamu bisa menikmati pemandangan desa dan persawahan.

Walaupun tidak berada di puncak gunung, Bukit Pamoroan menawarkan pemandangan lautan awan. Lautan awan itu menyelimuti Gunung Ciremai yang tampak begitu jelas. Pemandangan itu bahkan bisa kamu lihat di camping ground. Duduk-duduk di depan tenda sembari menyeruput kopi dan melihat keindahan ini adalah salah satu ide liburan terbaik.

Anak-anak muda suka berfoto di berbatuan tinggi dengan view gunung. Ini membuat mereka seolah “duduk di atas awan”. Jika kamu berkesempatan camping di sana, kamu pun bisa mencobanya. Latar terbaik untuk selfie adalah pada pagi atau siang hari. Lautan awan itu terlihat dengan jelas.

Pada akhir minggu, ada banyak anak muda yang camping di sana. Kami menyarankan kamu untuk datang pagi-pagi. Sehingga, kamu bisa mendapatkan spot camping dan menikmati trekking dengan udara yang segar.

10. Bukit Sanghyang Dora

Bukit Sanghyang Dora Raja Ampatnya Majalengka
Keindahan Bukit Sanghyang Dora, Majalengka.
LokasiJalur Resmi, Leuwikujang, Kec. Leuwimunding, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.
JamSetiap hari, 24 jam.
Harga paket wisataTiket masuk: Rp10.000,00. Tiket parkir: Rp3.000,00.
Telepon0812-2466-6941.
Estimasi waktu32 menit dari Majalengka.
Wana wisata di sekitarGunung Ciremai.

Destinasi berkemah yang satu ini membuat banyak orang terpikat. Dengan ketinggian 385 mdpl, udaranya tidak terlalu dingin. Sehingga, kamu tidak akan merasa menggigil di sana.

Dari Majalengka via Jalan Majalengka-Rajagaluh, jaraknya hanya sekitar 17,1 meter. Sementara itu, dari Cirebon, kamu hanya perlu menempuh perjalanan selama 1 jam. Medannya tidak berat dan mudah untuk dijangkau kendaraan bermotor.

Tempat Camping Di Majalengka Bukit Sanghyang Dora
Bukit Sanghyang Dora, Raja Ampatnya Majalengka.

Ada banyak anak muda yang berkemah di Bukit Sanghyang Dora. Pasalnya, harga sewa kemah di sini sangatlah bersahabat. Pemandangan yang ditawarkan pun sangat menawan. Eksotisme pemandangan alam ini semakin terlihat dengan adanya Gunung Ciremai dan perbukitan di sekitarnya.

Selain dekat dari Majalengka, bukit dengan ketinggian 385 mdpl ini dekat dari Cirebon. Dari Cirebon, kamu bisa menempuh perjalanan sekitar 1 jam. Harganya pun sangat terjangkau.

Majalengka menyimpan keindahan perbukitan yang begitu magis. Sejauh mata memandang, hanya ada bentang alam yang asri. Apabila kamu berniat untuk “melarikan diri” dari kemacetan dan keramaian, camping di Majalengka adalah opsi menarik. Pergi bersama teman-teman pun juga menyenangkan.

Kesunyian dan kemolekan alam sekitar akan merekatkan hubungan persahabatan. Selain itu, kamu pun bisa mengenal alam dengan lebih dekat. Jadi, kapan kamu siap membawa tasmu untuk berkemah di Majalengka?

Baca lebih lanjut: 10 Rekomendasi Tempat Camping Terbaik di Bandung »

Previous Article

10 Rekomendasi Tempat Camping Terbaik di Pangalengan (2021)

Next Article

10 Rekomendasi Tempat Camping Sekitar Ciwidey untuk Liburan

Tinggalkan komentar