10 Tempat Camping Terbaik di Mojokerto yang Lagi Hits (2022)

Camping di Mojokerto bisa menjadi aktivitas liburan awal tahun yang menarik untuk dicoba. Selama camping, kamu bisa usir kejenuhan dengan menyatu bersama alam. Kamu bahkan bisa mengasah kemampuan buat bertahan hidup di alam bebas lewat aktivitas ini.

Kenapa harus di Mojokerto? Mojokerto adalah salah satu kota di Indonesia yang populer dengan berbagai camping spot terpopuler. Masing-masing tempat camping sudah pasti menawarkan keindahan alam yang bervariasi. Penasaran dengan keindahan tempat camping di Mojokerto? Berikut 10 rekomendasi tempat camping terbaik di Mojokerto:

Mulai penasaran? Yuk, lanjut baca.

1. Puncak Bayangan Gunung Penanggungan

Tempat Camping Di Mojokerto Puncak Bayangan Gunung Penanggungan
Puncak Bayangan Gunung Penanggungan, Mojokerto (sumber: instagram.com/jokerhitz_/)
Lokasi9JH9+647, Area Hutan, Hutan, Kec. Trawas, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin – Minggu, 24 Jam
Harga paket campingRp 10.000 / orang
Telepon
Rute menuju lokasi camping dari Surabaya1 jam 32 menit (60.8 km) via Jl. Raya Pantura/Jl. Tol Surabaya
Obyek wisata menarik di sekitar lokasi campingPemandangan sunrise, pemandangan pepohonan hijau, pemandangan kota dan langit berbintang di malam hari.

Puncak Bayangan adalah kawasan yang harus didatangi selama pendakian Gunung Penanggungan. Jangan hanya sekadar melintas, pastikan untuk bermalam di camping ground ini. Bukit Puncak Bayangan memiliki kondisi tanah yang landai dan menawarkan keindahan alam yang menakjubkan. Area perkemahan ini lumayan lebar dan bisa memuat kurang lebih 20 tenda. Struktur tanahnya pun padat dan ideal untuk mendirikan tenda. Di sini jadi tempat yang populer untuk menyaksikan sunrise.

Tak hanya itu, pemandangan Gunung Arjuna dan Gunung Welirang juga terlihat sangat luar biasa dari Puncak ini. Lokasinya yang sangat dekat dengan puncak Gunung Penanggungan membuat Puncak Bayangan jadi tempat istirahat bagi para pendaki sebelum melanjutkan pendakian.

Puncak Bayangan juga bisa menjadi lokasi yang tepat untuk merayakan tahun baru. Dari puncak ini, kamu bisa lihat gemerlap lampu kota Mojokerto yang berwarna-warni. Kamu seakan menyaksikan hamparan lautan bintang yang sangat indah. Pemandangan kembang api di lokasi ini dijamin makin spektakuler.  

Lebih baik, hindari weekend kalau ingin camping di Puncak Bayangan. Musim yang tepat untuk camping adalah musim kemarau. Medan pendakian akan jadi lebih tricky dan lebih berbahaya di musim hujan. Di  musim kemarau jalur pendakian lebih gampang menimbulkan debu halus, pasir dan kerikil. Kenakan masker dan google untuk melindungi mata dan hidung dari debu. Jarak tempuh dari pos perijinan hingga Puncak Bayangan kurang lebih 2 – 3.5 jam.

Buat pemula, pengalaman mendaki ke Puncak Bayangan pastinya sedikit melelahkan. Tapi, rasa lelahmu akan langsung terbayar dengan pemandangan alam yang indah. Jangan lupa untuk membawa air mineral minimal 3 liter per orang sebelum mendaki ke Puncak Bayangan. Karena, di area camping ini tidak ada mata air. Sebelum pendakian, jangan lupa istirahat yang cukup dan sering-sering jogging untuk meningkatkan stamina. Yang paling penting, bawa turun sampahmu, ya!

2. Puthuk Panggang Welut

Tempat Camping Di Mojokerto Puthuk Panggang Welut
Puthuk Panggang Welut, Mojokerto (sumber: instagram.com/roryasrory_/)
Lokasi8HQC+P2X, Nogosari, Kec. Pacet, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur (Cek di Google Maps)
Jam bukaSelasa – Kamis, 08:00 – 16:30 WIB Sabtu – Senin, 08:00 – 17:00 WIB Jumat, 08:30 – 16:30 WIB
Harga paket campingRp15.000/orang, akan dikenakan biaya tambahan untuk penyewaaan tenda
Telepon+6285648713556
Rute menuju lokasi camping dari Surabaya1 jam 41 menit (63.2 km) via Jl. Raya Pantura/Jl. Tol Surabaya
Obyek wisata menarik di sekitar lokasi campingPemandangan hutan pinus, Air Terjun Watu Gedeg, Air Terjun Curah Watu, tempat bermain anak-anak, spot berfoto Instagramable.

Puthuk Panggang Welut jadi destinasi camping yang sempurna untuk menikmati keindahan hutan pinus. Udara khas pegunungan yang dingin dan sejuk akan menyegarkan pikiranmu. Lokasinya yang ada di lereng Gunung Penanggungan membuatnya ideal sebagai tempat camping di saat weekend bersama keluarga. Kalau kamu ingin lebih puas mengeksplorasi wilayah seluas 10 hektar ini, datanglah saat weekdays.

Di sekitar camping ground ada banyak sekali fasilitas pendukung. Mulai dari warung yang menjual makanan dan minuman murah meriah, mushola, hingga toilet. Kamu juga bisa berfoto-foto seru untuk konten Instagram di photo spots yang ada. Biaya parkir di kawasan ini juga sangat terjangkau. Kamu cuma perlu bayar Rp 5.000 untuk sepeda motor dan Rp 10.000 untuk mobil.

Buat kamu yang ingin camping di sini, bawa tenda dan perlengkapan camping sendiri, ya. Di kawasan ini juga tersedia sambungan listrik buat kamu yang ingin mengisi daya hp atau kamera. Sebaiknya, kamu bawa roll kabel ya untuk berjaga-jaga. Akses air bersih untuk kebutuhan memasak dan mencuci juga terpenuhi di sini.

Selain hutan pinus, ada 2 air terjun yang jadi daya tarik utama. Namanya adalah Coban Curah Watu dan Coban Watu Gedeg. Di bawah air terjun ada sungai kecil dengan berbatuan yang lumayan licin dan tajam. Jadi, hati-hati ya kalau kamu ingin main air di sini. Rute menuju air terjun juga lebih terjal dan lumayan menguji kesabaran. Tapi, semuanya dijamin akan terasa worth it.

Buat mencapainya, kamu harus masuk lewat Gerbang Apache, yaitu gerbang unik berbentuk hiasan kepala suku Apache yang berwarna-warni. Sepanjang perjalanan, kamu akan dihibur dengan pemandangan hutan pinus yang rindang. Kamu juga akan menemukan taman bermain anak hingga tempat persewaan ATV, lho. Ada juga bale-bale atau tempat peristirahatan. Cocok banget nih buat kamu yang ingin melepas rasa lelah setelah berjalan jauh.

3. Bumi Perkemahan Air Terjun Dlundung

Tempat Camping Di Mojokerto Bumi Perkemahan Air Terjun Dlundung
Bumi Perkemahan Air Terjun Dlundung, Mojokerto
LokasiKemiloko, Trawas, Kec. Trawas, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin – Minggu, 24 jam
Harga paket campingRp5.000/orang
Telepon
Rute menuju lokasi camping dari Sidoarjo59 menit (45.6 km) via Jl. Tol Gempol – Pandaan
Obyek wisata menarik di sekitar lokasi campingPemandangan hutan pinus, pemandangan air terjun, pemandangan Gunung Penanggungan, Wana Wisata Dlundung, Taman Kelinci Dlundung

Bumi Perkemahan Air Terjun Dlundung jadi tempat terbaik untuk camping bersama keluarga. Bumi perkemahan yang berlokasi di lereng Gunung Welirang ini memang sangat populer. Tiap minggu, hampir selalu ada pengunjung yang datang untuk menikmati keindahan alamnya. Tempat ini juga cocok buat Anda yang baru pertama kali camping.

Agar kamu bisa benar-benar menikmati keindahan pegunungan di sini, sebaiknya datang berlibur di luar hari libur. Untuk kamu yang tidak punya perlengkapan camping, di dekat pintu masuk bumi perkemahan ada tempat persewaan tenda. Kamu perlu membayar Rp50.000/hari untuk menyewa tenda. Untuk menyewa perlengkapan memasak dan lain sebagainya, kamu akan dikenakan biaya Rp10.000 per hari.

Fasilitas yang ditawarkan di sini juga lumayan lengkap. Mulai dari mushola, spot berfoto, tempat cuci tangan, toilet bersih, hingga koneksi Wi-Fi berbayar. Di sekitar lokasi camping juga ada warung-warung yang menjual aneka makanan. Mau memasak makanan sendiri? Kamu juga bisa berkunjung ke pasar setempat buat membeli bahan-bahan masakan.

Selagi camping di sini, kamu akan dimanjakan dengan keindahan Gunung Penanggungan dari dekat. Barisan bukit hijau yang berjejer dengan latar belakang langit biru membuat Anda semakin betah. Ditambah lagi, naungan pohon pinus menjulang dengan udara pegunungan yang sangat sejuk. Di malam hari, ada acara gathering mengelilingi api unggun. Suasana yang hangat dan ramah jadi kesempatan buat berkenalan dengan teman-teman baru.

Selain itu, kamu juga bisa mendaki untuk mencapai Air Terjun Dlundung. Air terjun setinggi 50 meter ini punya aliran air yang nggak terlalu deras dengan anak sungai yang dangkal. Kamu bisa bermain air atau berenang sepuasnya. Airnya yang jernih dan dingin terasa menyejukkan dan melepaskan rasa letihmu. Untuk memasuki wilayah air terjun, kamu harus bayar tiket masuk sebesar Rp10.000 (weekdays) dan Rp12.500 (weekend) per orang.

4. Air Terjun Watu Gedhek

Tempat Camping Di Mojokerto Air Terjun Watu Gedhek
Air Terjun Watu Gedhek, Mojokerto (sumber: instagram.com/syahrunitha_/)
Lokasi8HPC+J46, Nogosari, Kec. Pacet, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin – Minggu, 07:00 – 16:00 WIB
Harga paket campingRp12.000/orang
Telepon
Rute menuju lokasi camping dari Sidoarjo1 jam 35 menit (66.4 km) via Jl. Tol Surabaya – Mojokerto
Obyek wisata menarik di sekitar lokasi campingPemandangan hutan pinus, pemandangan air terjun, spot berfoto, taman bermain anak-anak

Air terjun Watu Gedek adalah salah satu lokasi wisata terbaru yang populer di Mojokerto. Lokasinya berada di lereng Gunung Penanggungan dan dikelilingi hutan pinus yang sangat rindang. Udara yang sejuk dengan suara percikan air terjun tentunya memberikan efek healing tersendiri.

Untuk Anda yang ingin camping, bisa mendirikan tenda di camping ground di Puthuk Panggang Welut. Fasilitas yang ditawarkan oleh bumi perkemahan tersebut sangatlah lengkap. Kamu dan keluarga dijamin betah selama camping di kawasan ini. Kawasan perkemahan ini memiliki luas mencapai 10 hektar dan bisa muat hingga 200 tenda. Lokasinya yang berada di tengah-tengah hutan pinus memberikan kesan berkemah yang benar-benar autentik.

Buat mencapai air terjun Watu Gedhek, rute yang diambil memang lumayan terjal. Tapi, masih sangat accessible berkat susunan batu paving yang memudahkan untuk berjalan. Sepanjang perjalanan, ada banyak sekali warung-warung sederhana yang menyajikan aneka hidangan.

Selain itu, ada juga tempat bermain anak-anak yang sangat luas. Untuk melepas lelah, kamu bisa singgah sebentar di bale-bale sederhana yang tersedia. Banyaknya spot foto unik juga jadi daya tarik utama dari tempat wisata ini. Kamu hanya akan ditarik Rp 2.000 saja untuk masing-masing spot foto.

Mendekati air terjun, kamu akan langsung disambut dengan rute tanah. Di sini, kamu bisa merasakan sensasi trekking yang seru dan menyenangkan. Kamu bahkan bisa sewa kendaraan ARV untuk menuju air terjun, atau sekadar keliling area perkemahan. Hanya saja, kamu harus lebih hati-hati menjelajah saat musim hujan. Soalnya, medan ke wisata air terjun jadi lebih licin. Jurang terjal di sisi jalan pastinya membuat adrenalinmu meningkat.

Air Terjun Watu Gedhek punya aliran air yang tidak deras dan setinggi 40 meter. Apalagi, di masa musim kemarau. Tapi, airnya jernih dan dingin! Sangatlah cocok untuk bermain air bersama anak-anak. Pemandangan hijau di sekitar air terjun ini juga tidak boleh kamu lewatkan. Ada banyak spot berfoto alami yang bisa kamu pakai untuk mengambil foto yang berkesan. Karena masih tergolong sangat baru, pastinya wisata air terjun ini punya banyak potensi untuk dikembangkan.

5. Bernah De Vallei

Tempat Camping Di Mojokerto Bernah De Vallei
Bernah De Vallei, Mojokerto (sumber: instagram.com/bernah_de_vallei/)
LokasiJl. Raya Tirtowening, Paras, Kembangbelor, Kec. Pacet, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin – Minggu, 07:00 – 16:00 WIB Jumat Tutup
Harga paket campingRp12.000/orang
Telepon
Rute menuju lokasi camping dari Sidoarjo1 jam 8 menit (41.4 km) via Jl. Raya Surabaya – Malang
Obyek wisata menarik di sekitar lokasi campingKolam renang, ATV, outbond, otopad, Taman Kelinci, pemandangan taman, trekking, Tanam Pohon

Bernah de Vallei adalah tempat wisata di Mojokerto yang tawarkan banyak kegiatan. Wanawisata ini berlokasi di daerah Pacet kabupaten Mojokerto. Selama berkunjung di taman wisata ini, kamu bakal dimanjakan dengan suasana pegunungan pinus. Untuk kamu yang ingin camping, Bernah de Vallei tawarkan camping ground yang sangat luas. Kamu bisa pilih sendiri lokasi yang strategis untuk mendirikan tenda. Ini bisa jadi pengalaman camping seru bareng keluarga tanpa harus mendaki gunung.

Selagi bercamping, Bernah de Vallei juga tawarkan berbagai kegiatan seru. Kamu bisa berjalan-jalan menyusuri taman dengan penataan yang cantik. Selain nikmati keindahan alam pohon pinus, ada banyak sekali pepohonan hijau dan bunga yang berwarna-warni memanjakan matamu. Kamu juga bisa mengakses wahana kolam renang yang bersumber langsung dari pegunungan. Terbayang kan kesejukannya?

Ada banyak sekali fasilitas atraksi yang menghibur untukmu dan anak-anak. Ada penyewaan ATV dengan rute penjelajahan yang cukup seru dan menantang. Selain itu, mereka juga bisa bermain air di sungai kecil yang dangkal dan berair jernih. Di Taman Kelinci, ada banyak sekali kandang kelinci bergaya rumah Hobbit. Untuk memasuki kandang dan bercengkerama dengan kelinci menggemaskan, kamu harus bayar Rp 5.000 per orang.

Ada juga fasilitas hiburan otopad dan ground outbond. Kamu bisa pilih sendiri nih paket outbond yang sesuai denganmu. Buat kamu yang hobi berfoto, ada beragam spot foto instagramable menarik.

Buat kamu yang hobi menjelajah, juga bisa ikut aktivitas trekking dan menjelajahi keindahan pegunungan. Kamu juga bisa ikut kegiatan Tanam Pohon yang nggak boleh dilewatkan. Dengan ikutan aktivitas Tanam Pohon, kamu jadi ikut berkontribusi agar taman wisata ini tetap lestari.

Biarpun masih sedikit, fasilitas yang ditawarkan Bernah de Vallei lumayan lengkap. Selain akses ke camping ground, ada juga fasilitas masjid. Tempat wisata ini juga menyediakan toilet yang layak pakai dan terjaga kebersihannya. Tiket masuk ke wanawisata ini hanya sekitar Rp7.000 saja.

Baca terus: 7 Tempat Camping Terbaik di Jombang yang Lagi Hits (2022) »

6. Alas Pelangi

Tempat Camping Di Mojokerto Alas Pelangi
Alas Pelangi, Mojokerto (sumber: instagram.com/pariwisata_jawatimur/)
LokasiJl. Trawas – Mojosari No.32-19, Cembor, Trawas, Kec. Trawas, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin – Minggu, 24 jam
Harga paket campingRp25.000/orang
Telepon0822-3010-3765
Rute menuju lokasi camping dari Sidoarjo1 jam 38 menit (70.4 km) via Jl. Raya Pantura
Obyek wisata menarik di sekitar lokasi campingPemandangan pegunungan, area outbond untuk anak-anak

Alas Pelangi jadi destinasi camping untuk keluarga yang paling direkomendasikan. Di sini, kamu bisa nikmati wisata camping atau piknik menyenangkan bersama keluarga. Lokasinya yang ada di antara Gunung Penanggungan dan Gunung Welirang jadi salah satu kelebihannya.

Untuk mencapai Alas Pelangi, medan yang dilalui cenderung mudah. Memang kamu harus lewati jalan tanjakan dari arah Kota Mojosari. Tapi, tanjakannya tidak curam dan masih bisa dilalui dengan mudah. Jalannya pun sudah mulus beraspal. Jadi, sangat nyaman dilalui oleh sepeda motor dan mobil.

Pemandangan alam pegunungan jadi salah satu daya tarik utama. Kamu bisa nikmati keindahan pemandangan hutan pinus dan mountain view dari Gunung Penanggungan. Di malam hari, pemandangan Kota Mojosari terlihat seperti gugusan bintang. Ditambah dengan udara yang dingin membuat suasana jadi lebih romantis. Dari berbagai kelebihan yang ditawarkan, tak heran jika Alas Pelangi menjadi salah satu camping ground di Trawas yang paling diminati wisatawan.

Jika kamu ingin camping bersama anak-anak, anak-anakmu juga bisa ikutan kegiatan outbond. Ada banyak sekali wahana outbond untuk dicoba. Ini lumayan sekali untuk mengasah kemandirian anak dengan cara menyenangkan. Supaya tetap bugar, kamu juga bisa ikutan senam pagi yang diikuti semua peserta camping. Dijamin seru!

Selama kamu camping di sini, ada banyak sekali fasilitas yang digunakan. Fasilitas yang ditawarkan juga lumayan lengkap. Ada sejumlah kedai makanan di sepanjang camping ground untuk kamu yang kelaparan. Ada area untuk makan-makan dengan meja dan kursi kayu yang estetik. Ditambah lagi, dengan hiasan lampu berkelap-kelip yang makin membuat kamu betah.

Selain itu, fasilitas lain seperti mushola, kamar mandi, dan aliran listrik juga tersedia. Kamu juga bisa akses layanan Wi-Fi dengan harga Rp 5.000/6 jam. Buat kamu yang ingin camping, sangatlah bisa! Lahan camping yang cukup luas bisa muat hingga 200 tenda. Agar tidak kehabisan tempat, lebih baik datang ke sini saat hari kerja. Atau, datanglah pagi-pagi sekali saat weekend. Kamu bisa sewa tenda dengan harga Rp 65.000 per tenda di sini. Di sini juga menyediakan penyewaan perlengkapan camping dengan harga murah.

7. Air Terjun Surodadu

Tempat Camping Di Mojokerto Air Terjun Surodadu
Camping ground Air Terjun Surodadu, Mojokerto (sumber: instagram.com/al_steal_anjoy/)
LokasiDusun mligi, desa claket, Pacet, Hutan, Pacet, Mojokerto Regency, East Java (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin – Minggu, 09:00 – 17:00 WIB
Harga paket campingRp5.000/orang
Telepon+6281234623242
Rute menuju lokasi camping dari Sidoarjo1 jam 52 menit (66.2 km) via Jl. Tol Surabaya – Gempol
Obyek wisata menarik di sekitar lokasi campingPemandangan air terjun mini, pemandangan air terjun utama, pemandangan hutan bambu.

Air terjun Surodadu menawarkan keunikan alam yang berkesan. Lokasi air terjun yang berada di tengah-tengah hutan bambu menjadi keunikan tersendiri. Udara pegunungan nan sejuk akan langsung menyambutmu. Ditambah lagi, pemandangan hutan bambu yang rindang dan membuat betah.

Air terjun Surodadi ini ternyata ada 2 jenis. Air terjun mini bisa kamu capai dengan mudah. Lokasinya hanya berjarak 100 meter dari tempat parkir sepeda motor. Tapi, untuk mencapai air terjun utama, memang butuh perjuangan lebih. Medannya yang sempit dan sedikit memberikan tantangan tersendiri. Tapi, keduanya sama-sama menawarkan keindahan dan kesejukan. Ada banyak spot berfoto alami dengan latar belakang pemandangan air terjun.

Debit air di kedua air terjun ini memang kecil. Tapi, alirannya yang nggak deras bikin air terjun ini aman dijadikan tempat bermain air. Airnya juga jernih dan dingin khas air pegunungan. Dibandingkan air terjun utama, air terjun mini punya aliran yang lebih deras dan pemandangan yang lebih hijau. Air terjun mini ini juga lebih aman buat kamu yang membawa anak-anak. Di dekat air terjun, ada gazebo cantik yang bisa dipakai buat beristirahat.

Kamu juga bisa, lho, menikmati kesejukan air pegunungan di air terjun utama. Tapi, destinasi ini lebih cocok buat kamu yang memang berniat ingin trekking. Supaya kamu nggak terpeleset, lebih baik pakai sepatu tracking dan membekali diri dengan perlengkapan trekking yang memadai. Jangan lupa, bawa cemilan yang banyak sebelum mendaki, ya. Sampah makanan yang kamu bawa juga harus dibawa turun setelahnya.

Area camping ground yang luas terletak di sisi atas sungai. Jadi, selagi camping kamu bisa menikmati suara gemercik sungai dan pemandangan hutan bambu yang indah. Di sekitar camping ground, ada banyak sekali warung yang menghidangkan makanan dan minuman lezat. Harga yang ditawarkan juga masih masuk akal. Jadi, kamu nggak akan kelaparan selama menginap di sini. Tersedia juga fasilitas toilet dengan kebersihan terjaga.

8. Puncak Watu Jengger

Tempat Camping Di Mojokerto Puncak Watu Jengger
Puncak Watu Jengger, Mojokerto (sumber: instagram.com/vantoffel/)
Lokasi8C2M+CVF, Hutan, Jatirejo, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin – Minggu, 24 jam
Harga paket campingRp10.000/orang
Telepon
Rute menuju lokasi camping dari Sidoarjo1 jam 55 menit (78.3 km) via Jl. Tol Surabaya – Mojokerto
Obyek wisata menarik di sekitar lokasi campingPemandangan perbukitan, bumi perkemahan

Ingin menjajal trekking dengan medan yang tidak terlalu sulit? Puncak Watu Jengger adalah lokasi wisata trekking yang cocok untuk pemula. Bukit setinggi 1100 mdpl dengan tingkat elevasi 550 meter ini menawarkan rute pendakian yang menyenangkan.

Biarpun cukup menantang, rute trekking di bukit ini tidak terlalu sulit. Anda bisa mencapai puncak dalam waktu 1,5 – 2 jam bergantung dari kondisi stamina. Jangan lupa bekali diri dengan air minum yang cukup, ya. Kamu juga bisa isi stok camilan atau isi tenaga terlebih dulu di warung-warung yang ada di lereng bukit.

Sesampainya di puncak, rasa lelahmu akan langsung terbayar dengan pemandangan alam yang sangat cantik. Dari puncak bukit, kamu bisa berjalan atau berlari santai menyusuri jalan setapak. Bukit ini dikelilingi lereng terjal di sisi kanan dan kiri jalan. Kamu bisa menikmati semilir sejuk udara pegunungan yang mengusir lelah. Selain itu, pemandangan bukit-bukit dan lereng hijau yang cantik dijamin rasa lelahmu terbayar lunas.

Untuk kamu yang ingin menginap, Puncak Watu Jengger punya camping ground yang bisa digunakan. Sayangnya, bumi perkemahan di sini tidak terlalu luas. Sehingga, Anda harus datang sepagi mungkin agar bisa mendapatkan tempat. Hari kerja juga bisa dijadikan pilihan kalau kamu ingin menghindari keramaian.

Kalau kamu ingin mendaki hingga sampai ke puncak, hindari waktu siang hari, ya. Karena, bukit ini memang tidak ditanami dengan pepohonan rindang. Jalan setapak di bagian puncak juga jangan sempit. Sehingga, tidak memungkinkan untuk disediakan gazebo atau tempat untuk berteduh. Waktu ideal untuk melakukan pendakian adalah di pagi hari atau setelah subuh.

Buat kamu yang mendaki di musim kemarau, jangan lupa bawa masker ya. Soalnya, rute pendakian bisa jadi sangat berdebu. Sedangkan, di musim penghujan rute mendaki jadi lebih licin. Jadi, disarankan kamu memakai sepatu khusus buat trekking.

9. Putuk Kembang

Tempat Camping Di Mojokerto Putuk Kembang
Putuk Kembang, Mojokerto (sumber: instagram.com/visiteastjava/)
LokasiGajahmungkir, Manduro MG, Kec. Ngoro, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin – Jumat, 07:00 – 21:00 Sabtu – Minggu, 24 Jam Kamis Libur
Harga paket campingRp25.000/ tenda
Telepon
Rute menuju lokasi camping dari Kota Mojokerto1 jam 17 menit (37.1 km) via Jl. Gempol – Mojokerto
Obyek wisata menarik di sekitar lokasi campingPemandangan perbukitan, spot foto instagramable, pemandangan kota di malam hari, bumi perkemahan

Putuk Kembang berada di puncak bukit setinggi 550 mdpl. Anak Gunung Penanggungan ini tawarkan pemandangan khas pegunungan yang cantik. Kamu bisa lihat pemandangan Gunung Penanggungan dari dekat di siang hari. Di malam hari, kamu akan dimanjakan dengan pemandangan cahaya kota seperti lautan bintang.

Di sini satu-satunya tempat di Mojokerto di mana kamu bisa nikmati pemandangan sunrise dan sunset, lho. Di kala matahari terbit, kamu bisa melihat perubahan gradasi cakrawala dari warna biru gelap yang perlahan berubah jadi biru muda. Sedangkan, saat sunset, semburat warna oranye kemerahan yang menghiasi langit membuat suasana jadi semakin romantis.

Apalagi, di Putuk Kembang ini juga tersedia banyak spot berfoto unik dan instagramable. Buat berfoto-foto di sini, kamu nggak dipungut biaya sepeserpun. Buat dapat hasil yang maksimal, kamu disarankan berfoto pakai kamera DSLR atau pocket camera dengan fitur nightview.

Medan ke Putuk Kembang yang curam, sempit, dan kurang ideal untuk mobil. Lebih baik, kamu berkendara pakai sepeda motor saja. Atau, bisa juga kok minta bantuan ojek warga sekitar untuk mengantarmu ke sana.

Selain spot berfoto, Putuk Kembang juga tawarkantempat camping. Lokasinya dekat dengan lokasi berfoto. Cocok buat kamu yang ingin berburu sunset dan sunrise. Biaya berkemah di Putuk Kembang ini lumayan terjangkau. Di kawasan ini ada tempat persewaantenda dan perlengkapan camping dengan harga Rp 35.000.

Untuk tiket masuk, kamu cuma perlu bayar Rp 15.000 saja. Itu sudah termasuk biaya parkir sepeda motor, ya. Untuk fasilitas, memang masih sangat terbatas. Kapasitas untuk tenda juga tidak terlalu banyak. Selama berkemah, kamu bisa nikmati pemandangan malam kota dari tendamu. Sangatlah romantis!

Di sekitar area wisata ada fasilitas berupa toilet sederhana dan warung kopi yang biasanya buka saat weekend. Waktu terbaik untuk datang ke Putuk Kembang adalah saat weekend di sore hari menjelang petang. Udara di sana jadi lebih sejuk. Pemandangan yang kamu lihat juga jadi lebih indah.

10. Camp Mujung B9

Tempat Camping Di Mojokerto Camp Mujung B9
Camp Mujung B9, Mojokerto
Lokasi8C4M+C2H, Hutan, Jatirejo, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin – Minggu, 24 Jam
Harga paket campingRp10.000/orang
Telepon
Rute menuju lokasi camping dari Kota Sidoarjo1 jam 33 menit (77.5 km) via Jl. Tol Surabaya – Mojokerto
Obyek wisata menarik di sekitar lokasi campingPemandangan perbukitan, pemandangan sunset

Kamu yang ingin mendaki Puncak Watu Jengger atau Gunung Joko Mujung bisa berkemah di Camp Mujung B9. Lokasi ini memang sangat populer di kalangan para pendaki yang ingin menaklukkan bukit Watu Jengger. Bumi perkemahan ini juga dikenal dengan sebutan Pos 3 Watu Jengger, dan berlokasi paling dekat dengan Puncak. Dari bumi perkemahan ini ke Puncak Watu Jengger, jaraknya cuma sekitar 100 meter.

Untuk kamu yang ingin bermalam, area perkemahan di Camp Mujung B9 ini lumayan luas. Kawasan ini bisa muat 15 – 20 tenda dengan ukuran 2 – 4 orang. Selagi beristirahat, kamu akan dihibur dengan pemandangan alam yang tidak kalah indah dari pemandangan di Watu Jengger.  

Sepanjang perjalanan dari pos perijinan ke kawasan perkemahan, kamu akan melalui jalanan yang dikelilingi pepohonan rindang. Ditambah lagi, dengan suara gemercik sungai kecil berair jernih. Kamu bisa membasuh wajah untuk menyegarkan diri di sungai dengan air yang sejuk ini.

Pemandangan bukit hijau lengkap dengan jurang terjalnya terlihat sangat indah. Udara di bumi perkemahan ini juga sangat sejuk dan pastinya membantu melepas lelahmu. Jika kamu memutuskan untuk bermalam, bahkan kamu bisa menyaksikan pemandangan matahari tenggelam. Kalau beruntung, kamu juga bisa lihat beberapa satwa liar, seperti elang dan landak.

Kamu juga bisa merasakan serunya pengalaman berkemah di alam bebas. Di sini memang tidak tersedia fasilitas, seperti warung-warung yang menjual makanan dan kamar mandi. Jadi, pastikan kamu membawa perlengkapan camping yang lengkap. Lebih baik, hindari mendaki di musim hujan ya! Saat hujan, rute setapak yang ada di kawasan ini jadi licin dan berbahaya.

Jadi, itulah rekomendasi tempat camping terbaik dan tergolong baru di Mojokerto. Beberapa memang butuh evaluasi dan perbaikan. Tapi, kamu dijamin dapat pengalaman berkemah yang berharga. Apakah kamu juga punya pengalaman seru saat camping di tempat-tempat di atas? Atau, mungkin punya rekomendasi yang belum disebutkan di sini. Yuk, spill di kolom komentar!

Baca lebih lanjut: 10 Rekomendasi Tempat Camping Terbaik di Banyuwangi (2022) »

Tinggalkan komentar